jatim-park-2

Liburan ke Malang

kota-malang
Kota Malang (sumber: kompasiana.com)

Kalau nggak salah sekitar bulan Desember tahun 2014 saat liburan tahun baru, saya dan keluarga pergi berlibur ke Kota Malang. Kami memilih ke Kota Malang karena di sana banyak tempat wisata dan kami juga ingin mencoba berkunjung Jatim Park.

Persiapan Sebelum Berangkat

Saya hanya melakukan persiapan seperlunya seperti membawa beberapa baju, beberapa celana, parfum, jaket, dll karena saya dan keluarga akan menginap di Malang untuk beberapa hari.

Orang tua saya juga membawa beberapa makanan dan cemilan untuk stok saat menginap di Malang.

Berangkat ke Malang

Setelah semua persiapan selesai, kami berangkat ke Malang menggunakan Mobil Avanza. Saya dan bapak saya bergantian menyetir mobil.

Setelah sampai di Malang, kami menuju ke penginapan yang disebut home stay. Letaknya berada di dekat Batu Night Spectacular atau biasa disingkat dengan BNS.

Karena kami sampai sana sudah sore, maka kami memutuskan untuk jalan-jalan besoknya.

Berkunjung ke Jatim Park 2

jatim-park-2
Jatim Park 2 (sumber: indonesiawow.com)

Besoknya kami berkunjung ke Jatim Park 2. Saat membeli tiket bisa terlihat ada hotel dengan nuansa pohon-pohon. Hotel tersebut dinamai dengan Pohon Inn.

Pohon Inn (sumber: surabaya.panduanwisata.id)

Saya membeli tiket dengan paket yang sudah saya lupa namanya. Yang pasti 1 tiket itu bisa untuk mengunjungi Jatim Park 1, Jatim Park 2, Batu Night Spectacular dan Eco Green Park. Tiket tersebut dipakaikan di pergelangan tangan seperti memakai gelang.

Sebelum masuk ke Jatim Park 2, kami mengunjungi museum satwa terlebih dahulu. Jadi di museum ini terdapat patung-patung binatang. Ada juga patung kerangka dinosaurus dengan ukuran raksasa.

museum-satwa
Museum Satwa (sumber: villahotelbatu.com)

Setelah puas keliling-keliling dan foto-foto di museum satwa, kami masuk ke Jatim Park 2.

Berbeda dengan museum satwa, di Jatim Park 2 ini hewannya asli. Ada banyak sekali jenis hewan di sini, tapi sayangnya saya lupa hewan apa saja yang ada di Jatim Park 2 ini.

Setelah melihat hewan-hewan yang ada, saya bermain di wahana yang ada di Jatim Park 2 ini. Untuk bermain wahana di sini tidak perlu bayar lagi alias gratis untuk main sepuasnya sampai jam tutup.

Jalan-Jalan di Batu Night Spectacular

batu-night-spectacular
Batu Night Spectacular (sumber: irhamfaridh.com)

Saya lupa kapan waktu jalan-jalan di Batu Night Spectacular ini. Hari pertama atau kedua. Tapi yang pasti kami ke Batu Night Spectacular waktu malam hari.

Karena memang Batu Night Spectacular ini buka jam 15.00 sampai jam 23.00 dan sepertinya memang lebih bagus jika dikunjungi saat malam hari karena dari namanya saja Batu Night Spectacular yang dari kata Night tersebut berarti malam.

Di sini banyak sekali wahana-wahana yang menarik, tapi sayangnya kita harus bayar lagi untuk menikmati wahana yang ada di sini.

Masuk Rumah Kaca

Seingat saya jika ingin masuk rumah kaca, kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi alias gratis. Ya seperti rumah-rumah kaca pada umumnya, tempat ini adalah sebuah labirin yang dipenuhi dengan kaca di sisi-sisinya.

rumah kaca
Rumah Kaca di BNS (sumber: panoramio.com)

Jika ingin merasakan keseruan bermain di rumah kaca ini saya sarankan pandangan mata harus fokus ke depan dan samping saja. Kalau sudah merasa jenuh dan ingin cepat-cepat keluar, anda bisa melihat ke bagian atas agar menemukan jalan keluar yang lebih cepat.

Nonton Cinema 4D

cinema 4d
Cinema 4D di BNS (sumber: villamurahbatumalang.com)

Ini adalah wahana yang paling memakan banyak waktu di Batu Night Spectacular. Sebenarnya durasi film di wahana ini hanya sekitar 10 menit, tapi antriannya yang membuat kita harus menunggu waktu yang lama untuk merasakan wahana ini.

Bagaimana tidak. Ruangan yang disediakan wahana cinema 4d ini tidak seperti bioskop pada umumnya. Hanya dapat menampung sekitar 20-30 orang saja di dalam.

Untuk filmnya, kebetulan saya menonton film tentang jet coaster. Untuk nama filmnya saya sudah lupa. Jadi kita dibawa seolah-olah menaiki jet coaster yang didukung oleh kacamata 3d dan kursi yang dapat bergerak kesana kemari serta semprotan air sebagai efek tambahan.

Naik Piring Terbalik

Di Batu Night Spectacular ini saya juga naik wahana yang berbentuk piring besar. Di wahana ini kita akan diputar-putar dan dibalik hingga 180 derajat.

piring batu night spectacular
Wahana Piring Terbalik (sumber: piecesofmyjourney.wordpress.com)

Saat naik wahana ini saya melihat seorang bapak yang teriak-teriak sambil setengah menangis (saya bingung bagaimana menggambarkan ekspresi yang dibuat oleh bapak tersebut) seakan ingin cepat-cepat turun dari wahana tersebut. Pokoknya lucu deh kalo diingat-ingat.

Balapan di Batu Night Spectacular

go kart batu night spectacular
Go Kart di BNS (sumber: bebekguling38.blogspot.com)

Nah kalo ini menurut saya adalah wahana yang paling asyik. Untuk go kart ini biaya yang kita keluarkan tergantung dari jumlah putaran yang kita tempuh. Saat di sana sepertinya saya main go kart 3 putaran.

Berkunjung ke Jatim Park 1

jatim park 1
Jatim Park 1 (sumber: villahotelbatu.com)

Kalau nggak salah keesokan harinya kami berkunung ke Jatim Park 1. Karena sudah lama dan saya tidak punya buku diary jadi saya agak lupa-lupa ingat dengan urutan kegiatan yang saya lakukan di sana.

Di sana ada berbagai macam ilmu pengetahuan yang dikemas secara interaktif. Dan sama seperti di Jatim Park 2, di sini juga banyak wahana permainan yang menyenangkan. Yang saya ingat di sana saya bermain jet coaster.

Ke Eco Green Park

eco green park malang
Eco Green Park (sumber: tempatwisatadimalang.com)

Tempat ini dipenuhi dengan berbagai jenis burung. Di sini ada ayam, burung kakak tua, burung hantu, burung flamingo dan masih banyak lagi jenis-jenis burung di sini.

Di sini kami berfoto dengan burung hantu dan juga makan es krim sambil melihat ayam yang berukuran besar-besar.

Museum Angkut

museum angkut
Museum Angkut (sumber: anekatempatwisata.com)

Saya juga tidak ingat hari apa dan setelah dari mana saya mengunjungi museum angkut ini. Di sini kita akan menemukan banyak sekali jenis-jenis kendaraan. Dan di sini disuguhkan dengan tampilan seakan-akan kita berjalan-jalan di sebuah kota.

Di sini saya juga naik perahu yang didayung bersama adik saya. Saya memilih perahu yang kecil

perahu museum angkut
Perahu di Museum Angkut (sumber: myindischool.com)

Mampir ke Air Terjun Coban Rondo

Dalam perjalanan pulang menuju rumah kami mampir terlebih dahulu di Air Terjun Coban Rondo. Air terjun ini terletak di Kecamatan Pujon, Kota Batu, Kabupaten Malang. Di sini kami menikmati sejuknya Air Terjun Coban Rondo sambil berfoto ria.

air terjun coban rondo
Air Terjun Coban Rondo (sumber: triptrus.com)

Setelah dari Air Terjun Coban Rondo, kami pulang ke rumah. Seperti saat keberangkatan, saya dan bapak saya menyetir mobil secara bergantian. Kami sampai di rumah sekitar jam 11-12 malam.