Macam-Macam Agen Travel yang Perlu Anda Ketahui

Macam-Macam Agen Travel – Terjadinya kemajuan dalam Pembangunan pada beberapa negara dan kota-kota penting di dunia membuat banyak orang memiliki keinginan untuk bisa melakukan perjalanan. Dalam mencari sarana untuk bisa mendapatkan tranportasi ke tempat tujuan salah satu alternatif yang tercepat adalah menggunakan agen travel.

Agen Travel pun atau yang juga biasa disebut dengan perusahaan perjalanan wisata terbagi menjadi beberapa macam. Hal tersebut dibedakan menurut luas operasi, pemilik modal serta besar kecilnya usaha yang dilakukan. Ini dia macam-macam agen travel yang perlu anda ketahui.

 

Macam-Macam Agen Travel Menurut Luas Operasi

macam-macam agen travel menurut luas operasi

sumber: yaranatoursnholidays.com

Menurut luas operasinya, terdapat 4 macam agan travel yaitu agen travel internasional, agen travel nasional, agen travel domestic dan gabungan dari ketiga macam tadi. Penjelasannya adalah sebagai berikut

1. Agen Travel Internasional (Internasional Travel Agent)

Agen Travel Internasional memiliki luas operasi nasional dan internasional yang melayani perjalanan antara negara maupun benua. Agen travel seperti ini mengurus lalu lintas perjalanan dari dalam negeri ke luar negeri dan sebaliknya.

2. Agen Travel Nasional (National Travel Agent)

Berbeda dengan Agen Travel Internasional yang mengurus perjalanan baik nasional maupun internasional, Agen Travel Nasional hanya mengurus perjalanan dalam negeri (nasional). Kegiatan umumnya mengurus para wisatawan dalam negeri dan wisatawan asing yang sudah berada pada suatu negara tempat travel tersebut berada.

3. Agen Travel Domestik (Domestic Travel Agent)

Hampir sama dengan kegiatan yang dilakukan oleh Agen Travel Nasional, hanya saja Agen Travel Domestik tidak mengurus wisatawan asing. Biasanya agen travel ini berkedudukan dalam suatu kota dan tidak memiliki cabang di kota lain. Dalam operasinya, umumnya agen travel domestik bertindak sebagai retail agen travel.

Kami sendiri memiliki jasa travel Semarang Jogja yang termasuk dalam Agen Travel Domestik.

4. Gabungan Semuanya

Maksud dari gabungan semuanya adalah agen travel ini mengurus seluruh kegiatan ketiga jenis travel di atas yaitu mencakup lokal, nasional dan internasional. Di Indonesia sendiri, agen travel jenis ini paling banyak jumlahnya.

Di Indonesia sendiri agen travel dibagi menjadi 2, yaitu biro perjalanan umum dan agen perjalanan.

 

Macam-Macam Agen Travel Menurut Pemilik Modal

macam-macam agen travel menurut modal

sumber: plaza-bisnis.com

Agen travel dibagi menjadi 2 apabila dilihat dari pemiliki modalnya. Yaitu agen travel asing dan agen travel domestik. Berikut penjelasannya

1. Agen Travel Asing (Foreign Travel Agent)

Agen Travel Asing adalah agen travel yang modal usahanya setidaknya sebesar 51% merupakan modal asing. Namun, untuk memberikan perlindungan bagi Agen Travel Domestik maka agen travel seperti ini dilarang di Indonesia.

2. Agen Travel Domestik (Domestic Travel Agent)

Agen Travel Domestik adalah agen traveel yang modal usahanya setidaknya sebesar 51% atau seluruh modalnya merupakan modal yang dimiliki oleh warga Indonesia.

 

Macam-Macam Travel Menurut Sumber

macam-macam agen travel menurut sumber

sumber: fourwhitneysoneworld.wordpress.com

Menurut sumbernya, terdapat 2 macam travel yaitu agen travel grosir dan agen travel eceran. Penjelasannya adalah sebagai berikut

1. Wholesaler Travel Agent

Wholesaler Travel Agent merupakan agen travel yang hanya menjual jasa atau produknya kepada perantara dan tidak menjualnya langsung kepada pelanggan. Agen travel jenis ini memiliki luas operasi sampai internasional dan merupakan anggota dari organisasi travel internasional yaitu IATA (International Air Transport Association) atau PATA (Pasific Area Travel Association).

Wholesaler Travel Agent akan memberi komisi kepada Retail Travel Agent (perantara).

2. Retail Travel Agent

Retail Travel Agent adalah agen travel yang mendapatkan fasilitas dan jasa-jasa seperti Tour, Tiket, Sight Seeing Tour dan lain-lain dari Wholesaler Travel Agent. Setelah itu, agen travel ini menjualnya kepada konsumen.

One Response

  1. Ahmad February 24, 2017

Leave a Reply