binte biluhuta makanan khas gorontalo

11 Makanan Khas Gorontalo yang Unik dan Menggugah Selera

Makanan Khas Gorontalo –¬†Gorontalo merupakan provinsi di Indonesia. Ibu kota dari provinsi ini adalah Kota Gorontalo yang terkenal sebagai “Kota Serambi Mekah”. Bagi anda pencinta kuliner, pastinya tidak akan lupa untuk mencoba makanan khas saat berkunjung ke suatu daerah. Jika anda sedang berkunjung ke Gorontalo, jangan lupa untuk mencoba¬†11 makanan khas ini.

 

1. Makanan Khas Gorontalo, Binte Biluhuta

Makanan ini sudah ada sejak lama. Diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat Gorontalo. Makanan yang sangat unik ini juga sering dikenal dengan nama milu siram. Terbuat dari jagung dan rempah-rempah sebagai penyedap.

binte biluhuta makanan khas gorontalo
sumber: indonesiakaya.com

Dalam bahasa Indonesia, binte berarti jagung dan biluhuta berarti siraman yang apabila digabungkan binte biluhuta berarti jagung siram. Mungkin makanan ini masih terdengar asing bagi anda. Namun, bagi masyarakat Gorontalo, binte biluhuta sudah menjadi yang sangat digemari.

Jika diperhatikan, makanan ini mirip seperti sop isi jagung yang sudah dipipil dengan tambahan parutan kelapa, daun bawang, daun kemangi, kucuran jeruk nipis, taburan bawang goreng serta selipan daging ikan cakalang yang membuat aroma makanan ini menjadi sangat istimewa.

 

2. Makanan Khas Goronta, Ilabulo

Ilabulo sering dijadikan sebagai lauk pauk saat makan besar. Makanan ini sering dimasak dengan rasa pedas yang dihasilkan dari bumbu-bumbu alami. Ilabulo oleh masyarakat Gorontalo sering dijadikan sebagai makanan utama pada siang hari.

makanan khas gorontalo - ilabulo
sumber: kompasiana.com

Jika anda perhatikan secara sekilas, ilabulo ini mirip dengan pepes. Namun, yang membedakan ilabulo dengan pepes adalah bahan pembuatannya menggunakan sagu dan diisi dengan ati ampela. Penggunaan santan sebagai pengganti air untuk mengencerkan sagu menciptakan rasa gurih pada makanan ini.

Dalam Bahasa Gorontalo, ilabulo berarti sagu ati ampela. Yang mana sagu dan ati ampela merupakan bahan utama yang apabila salah satunya diganti maka akan menghilangkan keasliannya.

 

3. Makanan Khas Gorontalo, Ayam Iloni

ayam iloni makanan khas gorontalo
sumber: mlaku.id

Ayam iloni merupakan ayam bakar khas Gorontalo. Yang membedakan ayam iloni dengan ayam bakar pada umumnya adalah cara memasaknya yang berbeda menghasilkan rasa yang berbeda. Jika ayam bakar dimasak dengan bumbu, maka ayam iloni dimasak dengan santan. Dari situlah ayam iloni ini memiliki cita rasa yang khas sehingga patut untuk anda coba saat berkunjung ke Gorontalo.

 

4. Kue Khas Gorontalo, Kue Sabongi

Kue sabongi merupakan kue khas Gorontalo yang sudah ada sejak zaman raja-raja dahulu kala. Salah satu warisan dari nenek moyang masyarakat Gorontalo. Kue ini dibuat menggunakan bahan dasar singkong dan pisang. Cara membuatnya terbilang mudah, bisa dilakukan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika anda perhatikan, kue ini mirip dengan kue misro atau comro.

 

5. Makanan Khas Gorontalo, Tili Aya

Tili aya sering dijadikan sebagai pelengkap makan besar di acara adat atau acara tentertu di Gorontalo. Bahan utama dari makanan ini adalah gula merah. Gula merah yang sudah disiapkan dicampur dengan beberapa telur ayam. Setelah itu ditambahakan santan kelapa. Adonan tersebut dicampur hingga merata lalu dikukus hingga matang.

 

6. Makanan Khas Gorontalo, Sate Tuna

makanan khas gorontalo - sate tuna
sumber: hercule-rumahanakrantau.blogspot.com

Provinsi Gorontalo memang dikenal kaya akan ikan tuna. Daging tuna yang lembut dan mudah hancur pun dapat dijadikan sate. Ikan tuna dipotong-potong berbentuk dadu kemudian ditusuk menggunakan tusuk sate. Sangat enak apabila dinikmati saat sore atau malam dengan nasi dan tambahan sambal roa yang sangat pedas.

 

7. Makanan Khas Gorontalo, Bilenthango

bilenthango makanan khas gorontalo
sumber: makanangorontalo.wordpress.com

Bilenthango adalah makanan olahan ikan mujair yang dimasak dengan cara yang cukup unik. Ikan mujair diolah dengan cara setengah digoreng dan dipanggang. Dengan cara pengolahan yang unik tersebut, terciptalah rasa yang sangat khas.

 

8. Makanan Khas Gorontalo, Sayur Putungo

Sayur khas Gorontalo ini terbuat dari bahan dasar jantung pisang. Jantung pisang ini diolah sesuai dengan menu pendamping yang disajikan bersama sayur putungo. Bisa ditumis, dibuat santan atau hanya sekedar dibuat lalapan biasa. Sayur putungo ini paling pas disajikan bersama milu rebus atau milu bakar.

 

9. Oleh-Oleh Khas Gorontalo, Duduli

oleh oleh gorontalo duduli
sumber: kompasiana.com

Dududi merupakan dodol khas gorontalo. Cara pembuatannya masih secara tradisional sehingga masih terjaga cita rasa khasnya. Makanan ini terbuat dari ketan, gula merah dan santan. Duduli biasa dijual dengan kemasan daun woka. Anda bisa mendapatkan makanan ini di sekitar bandara Gorontalo.

 

10. Oleh-Oleh Khas Gorontalo, Kue Karawo

kue karawo khas gorontalo
sumber: kompasiana.com

Kue ini merupakan kue khas Gorontalo yang dihias seperti motif pada Kain Karawo. Dibuat dengan bahan tepung terigu, mentega, telur, gula halus, susu, vanili dan maizena. Adonan kue karawo dicetak sesuai selera, biasanya dibentuk bulat atau hati. Setelah dipanggang, kue ini dihias di atasnya.

 

11. Oleh-Oleh Khas Gorontalo, Keripik Kasubi Pahangga

Bagi anda pencinta keripik, jangan sampai melewatkan keripik kasubi pahangga saat berkunjung ke Provinsi Gorontalo. Anda bisa menikmati keripik kasubi pahangga ini sebagai cemilan atau dijadikan oleh-oleh. Pahangga merupakan Bahasa Gorontalo yang berarti gula merah.

Leave a Comment