Makanan Khas Jepara yang Beraneka Ragam

Makanan Khas Jepara – Kabupaten yang terkenal dengan seni rupa ukirannya ini ternyata memiliki banyak makanan khas. Jika anda sedang datang ke sini, jangan lupa untuk mencoba salah satunya. Apa sajakah itu? Ini dia 10 makanan khas Jepara yang bisa anda coba.

 

1. Makanan Khas Jepara, Kuluban

makanan khas jepara - kuluban

sumber: masakandapurku.com

Kuluban ini bisa dibilang merupakan saladnya orang Jepara. Berisi berbagai sayuran seperti kacang panang, tauge, petai, nangka muda dan daun kacang panjang. Kemudian berbagai sayuran tadi diberi bumbu kelapa. Kuluban ini biasanya disebut urap oleh kebanyakan orang. Tapi yang membedakan kuluban dengan urap adalah terdapat nangka muda dan tauge mentah.

 

2. Cemilan Khas Jepara, Horok Horok

makanan khas jepara - horok horokmakanan khas jepara - horok horok

sumber: kuliner.panduanwisata.id

Horok-horok merupakan makanan ringan khas Jepara yang terbuat dari tepung pohon aren. Horok-horok biasanya dimakan bersama sate kikil, bakso, soto, gulai dan sayur pecel. Juga bisa dimakan dengan santan dan sedikit gula sehingga akan menjadi seperti bubur. Masyarakat Jepara biasa menjadikan horok-horok ini sebagai pengganti nasi. Jika anda sedang ke Jepara, jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini karena sulit untuk ditemukan di daerah lain.

 

3. Makanan Khas Jepara, Blenyik

blenyik makanan khas jepara

sumber: kinerjaaktif.com

Blenyik ini juga sering dikenal dengan nama Tempong. Blenyik merupakan ikan teri mentah yang digarami dan dibentuk kepalan kecil-kecil kemudian dikeringkan. Tujuan dari dibuatnya blenyik adalah supaya tahan lama untuk digunakan sebagai simpanan lauk di musim hujan. Tempat penghasil blenyik terbesar adalah di Desan Karangaji. Setelah menjadi blenyik, biasanya diolah kembali dengan cara digoreng atau dikukus saat akan dikonsumsi.

 

4. Jajanan Khas Jepara, Rondo Royal

rondho royal khas jepara

sumber: tokomesin.com

Rondo royal ini juga dikenal dengan nama monyos. Merupakan jajanan tradisional khas Jepara yang terbuat dari tepung beras. Diisi dengan tape dan dimasak dengan cara digoreng. Paling nikmat dikonsumsi saat keadaan masih hangat. Rondo royal memiliki rasa yang unik yaitu manis, asam dan asin bercampur menjadi satu. Anda dapat menemukan jajanan ini di pasar-pasar tradisional yang ada di Jepara.

 

5. Makanan Khas Jepara, Lontong Krubyuk

Lontong Krubyuk makanan khas jepara

sumber: travel.tribunnews.com

Dinamakan lontong krubyuk karena lontong khas Jepara ini disajikan dengan banyak kuah. Yang membedakannya dengan lontong-lontong pada umumnya adalah terdapat suwiran daging ayam semur dan menggunakan kuah bakso. Krubyuk memiliki arti melewati genangan air.

 

6. Makanan Khas Jepara, Opor Panggang

Jika di Kudus terdapat opor bakar, maka di Jepara anda bisa menemukan opor panggang. Dinamakan opor panggang karena melalui proses pemanggangan terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi opor. Bahan yang digunakan adalah daging ayam kampung, daun salam, daun jeruk, daun serai yang sudah digeprek, bawang merah goreng dan santan.

 

7. Sambal Khas Jepara, Sambal Samtis

sambal samtis

sumber: tokopedia.com

Memang Indonesia ini memiliki banyak varian sambal khas yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Salah satunya di Jepara. Jepara memiliki sambal khas yang bernama sambal samtis. Bahan yang digunakan adalah udang, cumi-cumi, cabai, bawang putih, gula merah dan garam. Sekarang ini sudah ada sambal samtis yang dikemas dalam botol kaca. Bagi anda penggemar pedas, maka jangan sampai melewatkan sambal yang satu ini saat berkunjung ke Jepara.

 

8. Makanan Khas Jepara, Bongko Mento

makanan khas jepara - bongko mento

sumber: tokopedia.com

Makanan ini sering dijadikan sebagai snack untuk arisan atau acara kecil yang diadakan di rumah. Bahan yang digunakan adalah tepung terigu, telur, dada ayam fillet, jamur kuping, bihun, santan dan bumbu-bumbu lainnya. Bahan-bahan tersebut diolah lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus selama 30 menit.

 

9. Makanan Khas Jepara, Pindang Serani

makanan khas jepara - pindang serani

sumber: pengenliburan.com

Walaupun namanya pindang serani tapi makanan ini tidak menggunakan ikan pindang. Yang digunakan adalah ikan bandeng. Ikan tersebut diolah dengan cara direbus. Rasa yang dihasilkan dari pindang serani ini adalah manis, pedas dan asam. Biasanya masakan ini disajikan pada siang hari.

 

10. Makanan Khas Jepara, Singit

Singit merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi sengkel, kecap manis, santan kelapa dan bumbu-bumbu lainnya. Dimasak di atas api dengan panas sedang. Singit memiliki citarasa manis dan gurih. Yang membuat masakan ini sangat enak adalah kuah santannya yang sangat kenal. Masakan ini bisa menjadi menu pada saat idul fitri atau acara perayaan lainnya. Sangat cocok disajikan bersama nasi putih dan sambal.

 

Itulah tadi 10 makanan, cemilan dan sambal khas Jepara yang bisa anda cicipi. Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang belum saya sebutkan, namun jika saya tuliskan semuanya akan jadi sangat panjang artikel saya yang satu ini. Mungkin cukup sampai di sini dulu. Semoga bermanfaat

One Response

  1. pokoknya January 12, 2017

Leave a Reply