12 Kuliner Khas Pontianak yang Halal untuk Dinikmati

Makanan Khas Pontianak РPontianak merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Barat yang dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui oleh garis khatulistiwa. Pada kota ini terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Selain itu, Kota ini juga dilalui oleh Sungai Landak dan Sungai Kapuas yang diabadikan pada lambang kota Pontianak.

Nah, kali ini saya akan berbicara tentang makanan khas dari kota yang dilalui oleh garis khatulistiwa ini. Ternyata ada banyak makanan khas yang dimiliki oleh Kota Pontianak. Jika anda berkunjung ke kota ini, tidak ada salahnya mencoba satu atau lebih makanan khasnya.

 

1. Sarapan dengan Makan Bubur Pedas Khas Pontianak

bubur pedas makanan khas pontianak

sumber: kooliner.com

Jika anda sering menjadikan bubur ayam sebagai menu sarapan, anda bisa mencoba bubur pedas saat berkunjung ke Kota Pontianak. Bubur pedas merupakan salah satu makanan yang populer di Kota Pontianak.

Biasanya makanan ini diracik menggunakan bahan-bahan spesial antara lain daun lengkuas, pucuk daun pakis dan rempah-rempah lainnya. Bubur ini sangat kaya akan rasa karena di dalam makanan khas pontianak ini terdapat kangkung, daun kesum, kacang goreng serta taburan teri di atasnya.

 

2. Burung Punai, Makanan Khas Pontianak yang Perlu Anda Coba

burung punai kuliner khas pontianak

sumber: jajalable.com

Apakah anda sudah pernah mencoba menayantap olahan burung? Jika belum pernah, anda bisa mencoba olahan makanan yang satu ini. Burung ini merupakan jenis burung yang mirip dengan merpati, memiliki paruh kemerahan dan badan yang berwarna hijau. Burung ini biasanya banyak ditemukan di sekitaran Pontianak dan Mempawah dan ditangkap dengan cara dijaring.

Burung punai sangat enak diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Teksturnya yang gurih dan lembut membuat siapa saja yang mencobanya menjadi ketagihan.

 

3. Mie Tiaw Pontianak untuk Penggemar Mie

Jika anda berkunjung ke Pontianak, tidak ada salah mencoba makanan yang satu ini. Namanya adalah mie tiaw. Anda dapat menemukan makanan ini di tempat yang sudah terkenal yaitu di Jalan Pattimura atau bisa juga ke Mie Tiaw 72 yang terletak di Jalan Antasari. Tersedia pilihan mie goreng atau siram (rebus). Mie tiaw dilengkapi dengan daging sapi, jeroan, daun sawi, telur dan toge.

 

4. Makanan Saat Bulan Ramadhan, Sotong Pangkong

sotong pangkong makanan khas pontianak saat ramadhan

sumber: bg-io.com

Apa itu sotong pangkong? Yang tergambar di benak saya saat mendengar nama makanan ini malah sejenis makanan soto. Tapi ternyata saya salah besar. Sotong pangkong adalah makanan yang berbahan dasar cumi.

Makanan ini biasanya ada pada bulan Ramadhan. Cumi yang akan diolah menjadi sotong pangkong dikeringkan terlebih dahulu lalu dipanggang. Setelah itu, sotong dipukul-pukul agar dagingnya mejadi lebih empuk. Sangat enak disajikan dengan kuah sambal kacang atau asam pedas manis.

5. Nikmatnya Lek Tau Suan

lek tau san

sumber: misstamchiak.com

Berasal dari bahasa Tionghoa yang artinya Butiran Mutiara Kacang Hijau. Makanan ini terbut dari kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya. Dimasak menggunakan campuran kuah kental bening yang terbuat dari tepung tapioka, daun pandan dan gula pasir. Kenikmatannya menjadi bertambah karena disajikan dengan Ca Kwee goreng yang garing sehingga didapatkan perpaduan rasa manis, lembut dan renyah.

6. Kuliner Khas Pontianak, Pengkang

pengkang

sumber: gamalfebri.blogspot.com

Terbuat dari beras ketan yang diisi dengan ebi di dalamnya dan dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu, pengkang diolah dengan cara dibakar. Biasanya disantap bersama sambal kerang.

 

7. Nikmatnya Es Krim Petrus di Siang Bolong

es krim petrus

sumber: wisatakulinerpontianak.wordpress.com

Es krim ini diberi nama Es Krim Petrus karena lokasinya berada di depan sekolah Santo Petrus yang terletak di Jalan Karel Satsuit Tubun, Pontianak. Es krim ini sudah terkenal di kalangan wisatawan maupun masyarakat Pontianak sendiri.

Es krim ini memiliki banyak pilihan di antaranya coklat, durian, vanila, strawberry, cempedak dan nangka. Terdapat campuran lainnya yaitu cincau hitam, kacang hitam, agar-agar dan lelehan coklat. Untuk penyajiannya, pembeli bisa memilih ingin menggunakan gelas, roti, cup atau batok kelapa muda.

 

8. Chai Kue, Cemilan yang Menyehatkan

chai kue

sumber: flickr.com

Makanan ringan pertama yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke Kota Khatulistiwa adalah Chai Kue. Chai artinya adalah sayur. Termasuk kue yang menyehatkan karena diisi dengan sayur-sayuran lalu dikukus. Namun kue ini juga bisa digoreng. Kulitnya terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan sedikit tepung tapioka. Untuk sayurannya bisa berbagai macam seperti keladi, kacang kedelai, kucai, bengkuang dan rebung.

 

9. Segarnya Es Lidah Buaya Khas Pontianak

Di Kota Pontianak, anda bisa menemukan banyak makanan dan minuman yang terbuat dari lidah buaya. Salah satunya adalah es lidah buaya. Tidak hanya memanjakan mulut anda, es lidah buaya ini memiliki banyak sekali manfaat. Lidah buaya mengandung enzim, asam amino, vitamin, mineral, polisakarida yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, es lidah buaya dapat anda jadikan sebagai obat panas dalam.

 

10. Perpaduan Manis dan Gurih dari Coklat Wijen

Apakah anda penggemar coklat? Makanan khas Pontianak ini patut anda coba. Jika kebanyakan coklat dicampur dengan kacang, maka coklat wijen merupakan campuran antara coklat dengan wijen sehingga terciptalah rasa manis dan gurih pada makanan ini. Coklat wijen sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

 

11. Kue Bingke, Cemilan Khas Pontianak

Selain coklat wijen, oleh-oleh khas Pontianak yang patut anda coba adalah kue bingke. Kue ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Kue ini sangat mudah ditemukan di Kota Pontianak terlebih lagi saat menjelang Bulan Ramadhan karena sangat disukai masyarakatnya sebagai menu buka puasa. Kue ini biasanya memiliki harga dari Rp10.000 hingga Rp20.000.

kue bingke cemilan khas pontianak

sumber: bingkealhisyam.wordpress.com

Anda dapat memilih banyak varian rasa. Di antaranya adalah rasa original, rasa ubi rambat, susu, keju susu, istimewa, kacang ijo, jagung, labu, coklat, durian dan masih banyak lagi. Untuk jenisnya, bingke dibagi lagi menjadi 2, yaitu bingke biasa dan bingke berendam. Bingke yang biasa teksturnya agak kering sedangkan bingke berendam teksturnya lembek dan basah.

Untuk cara pembuatannya, bingke yang biasa diolah dengan cara dipanggang sedangkan bingke berendam diolah dengan cara dikukus. Kue bingke ini mudah kering setelah dibuka. Supaya tidak cepat kering, anda dapat melapisi kue ini menggunakan kertas alumunium foil lalu masukkan ke dalam tempat yang tertutup rapat.

Untuk saat ini (saat artikel ini dibuat), anda bisa mendapatkan kue bingke dengan harga berkisar Rp25.000 lewat toko online seperti tokopedia atau datang ke tokonya langsung yang terletak di Jalan Adi Sucipto No. 155 B Pontianak.

 

12. Lempok Durian, Makanan di Saat Santai

Bagi anda penggemar durian harus mencoba kuliner yang satu ini. Lempok durian adalah makanan khas Pontianak terbut dari durian dan berbentuk seperti dodol karena memang proses pembuatannya sama namun tidak menggunakan campuran beras ketan. Makanan yang satu ini sangat terkenal di Pontianak.

Makanan ini menggunakan gula pasir sebagai bahan pengawet alaminya. Rasa yang didapatkan saat memakan lempok durian ini adalah rasa manis ditambah dengan aroma durian yang kuat. Sangat enak dinikmati saat bersantai. Sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Harga lempok durian saat ini adalah Rp150.000 per kilonya.

 

Artikel ini ditulis dari berbagai sumber. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat untuk anda

Comments (3)

  1. Yuli November 10, 2016
    • afikrubik November 10, 2016

Leave a Reply