Berbagai Macam Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan – Kacang mete atau kacang mede adalah kacang yang didapat dari olahan biji jambu mete. Biasanya kacang mete ini diolah dengan cara digoreng. Jambu mede atau jambu monyet sendiri merupakah sejenis tanaman yang berasal dari Brasil.

manfaat kacang mete untuk kesehatan

sumber: kacangmete.com

Banyak sekali olahan yang bisa dibuat menggunakan kacang mete ini. Di antaranya adalah kacang mete goreng, manisan jambu mete, oseng-oseng jamu mete. Di balik rasanya yang enak dan gurih, ternyata kacang ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Apa sajakah itu? Ini dia manfaat yang bisa didapatkan dari kacang mete untuk kesehatan.

 

1. Menjaga Berat Badan

kacang mete dapat menjaga berat badan

sumber: cahyahdblog.blogspot.com

Manfaat kacang mete untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menjaga berat badan. Walaupun kandungan lemak pada kacang mete termasuk tinggi, namun lemak tersebut merupakan lemak yang baik untuk tubuh. Kandungan lemak pada kacang mete juga lebih rendah daripada kacang tanah, kacang almond dan kacang lainnya.

 

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kacang mete bagi kesehatan yang selanjutnya adalah baik untuk kesehatan mata. Kacang mete mengandung zeaxanthin dan lutein yang mana kandungan tersebut bagus untuk mata. Dua kandungan tersebut memiliki peran untuk mengurangi resiko penyakit katarak.

Baca Juga Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

 

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada kacang mete dapat membantu melancarkan pencernaan. Jadi bagi anda yang pencernaannya kurang lancar bisa mengonsumsi kacang mete. Anda juga tidak perlu takut lagi ssaat akan memakan kacang yang satu ini.

 

4. Meningkatkan Stamina

Kacang mete juga termasuk kacang dengan kandungan kalori yang tinggi. Kalori merupakan sumber energi utama yang berperan penting dalam meningkatakan stamina dan energi untuk menjalankan aktivitas. Dengan begitu kacang mete dapat menjadi nutrisi saat tubuh kekurangan energi.

 

5. Merawat Rambut dan Kesehatan Kulit

manfaat kacang mete bagi kesehatan rambut

sumber: pondokibu.com

Selain kalori, kacang mete juga tinggi akan kandungan tembaga dan mineral. Kompenen tersebut berperan untuk mengatur produksi enzim dan tembaga. Tirosin yang terdapat dalam satu enzim yang mengandung tembaga berfungsi untuk mengkorversinya ke melanin yakni pigmen yang dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit.

 

6. Baik untuk Jantung

kacang mete baik untuk jantung

sumber: revolutionhealthaz.com

Kandungan asam oleat yang terdapat pada kacang mete dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat membantu mengurangi tingkat trigliserida yang berhubungan dengan peningkatan resiko penyakit jantung.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kacang mete juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner dan kardioavskuler. Selain itu, juga terdapat kandungan magnesium yang dapat mencegah serangan jantung serta menurunkan tekanan darah.

 

7. Baik untuk Kesehatan Saraf

Manfaat kacang mete bagi kesehatan yang ke 7 adalah baik untuk kesehatan saraf. Magnesium yang terdapat pada kacang mete selain dapat mencegah serangan jantung ternyata juga bisa membuat saraf menjadi lebih rileks. Dengan begitu, pembuluh darah dan otot juga akan menjadi lebih rileks. Apabila kandungan magensium terlalu sedikit di dalam tubuh, maka akan menyebabkan banyaknya kalsium yang menuju ke sel saraf sehingga kontraksi terjadi terlalu banyak.

 

8. Mencegah Batu Empedu

Batu empedu merupakan endapat batu yang terjadi karena kolesterol yang terakumulasi dalam kantung empedu. Dengan mengonsumsi kacang ini secara teratur, maka resiko terbentuknya batu empedu dapat diturunkan.

Penelitian dilakukan oleh Nurses Healt Study, dari 80.000 wanita, yang mengonsumsi kurang lebih 1 ons kacang mete setiap minggu memiliki resiko terkena batu empedu 25% lebih rendah. Ukuran 1 ons kacang mete adalah kurang lebih 28 kacang mete atau sekitar 2 sendok makan. Maka dari itu, sangat penting mengonsumsi kacang mete untuk pencegahan batu empedu dalam jangka waktu panjang.

 

9. Menurunkan Depresi

kacang mete dapata menurunkan depresi

sumber: kacangmete.com

Anda sedang depresi? Mungkin anda bisa mencoba untuk mengambil manfaat kacang mete yang satu ini. Kandungan asam amino L-triptofan yang terdapat pada kacang ini dapat merangsang serotonin pada otak. Adanya serotonin terbukti dapat mempengaruhi suasana hati dan menurunkan rasa sedih.

 

10. Meningkatakan Sel Darah Merah

Anda juga bisa mencoba untuk mengonsumsi kacang yang satu ini apabila kekurangan sel darah merah. Tembaga yang banyak terdapat pada kacang mete dapat membantu pembentukan sel darah merah, metabolisme zat besi dan menjaga kesehatan tulang. Apabila tubuh kekurangan kandungan tembaga, maka detak jantung menjadi tidak teratur dan dapat menyebabkan anemia.

 

11. Meningkatkan Sistem Kesehatan Tubuh

manfaat kacang mete untuk sistem kekebalan tubuh

sumber: yourkamagraguide.com

Seng yang terdapat pada kacang mete berperan penting dalam penguatan sistem kekebalan tubuh kepada ineksi mikroba, sintesis protein serta penyembuhan luka.

 

12. Baik untuk Ibu Hamil

Kacang mete merupakan salah satu cemilan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan protein yang terdapat pada kacang mete baik untuk tumbuh kembang sel-sel janin. Zat besinya bagus untuk pembentukan sel darah merah pada janin.

 

Itulah tadi 12 manfaat kacang mete bagi kesehatan yang bisa anda dapatkan. Mungkin kedepannya akan saya tambahkan lagi daftar manfaat dari kacang yang satu ini. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply