manfaat kacang tanah bagi kecantikan

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Kecantikan

Manfaat Kacang Tanah – Kacang tanah merupakan tanaman polong-polongan yang terpenting kedua di Indonesia setelah kedelai. Kacang ini juga dikenal dengan sebut kacang jebrol, kacang una, kacang tuban, kacang bandung, kacang kole dan kacang banggala.

manfaat kacang tanah bagi kesehatan
sumber: pixabay.com

Kacang tanah yang kaya akan protein dan lemak dapat dimakan mentah, digoreng, direbus atau disangrai. Sedangkan tanamannya dapat dimanfaatkan sebagai makanan ternak.

Sebelumnya sudah dibahas tentang manfaat kacang mete dan manfaat kacang hijau. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat kacang tanah.

Kacang tanah memiliki banyak kandungan gizi seperti lemak, protein tinggi, kalsium, zat besi, kasium, vitamin B kompleks. Karena itulah kacang ini memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Apa sajakah itu? Mari kita simak manfaat kacang tanah bagi kesehatan, ibu hamil dan kecantikan di bawah ini.

Kunjungi juga: Kota Mangga

 

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Mari kita bahas manfaat kacang ini dari sisi kesehatan terlebih dahulu. Kesehatan merupakan hal yang penting bagi tubuh. Apabila kita terserang penyakit, maka aktivitas kita akan menjadi terganggu. Itulah mengapa ada yang mengatakan bahwa sehat itu mahal. Apa sajakah manfaat kacang tanah bagi kesehatan? Ini dia

1. Mengurangi Depresi

manfaat kacang tanah untuk depresi
sumber: intisari-online.com

Manfaat kacang tanah yang pertama adalah dapat mengurangi depresi. Kandungan asam amino esensial yang terdapat pada kacang ini dapat merangsang sorotonin untuk mengendalikan mood agar tetap baik. Kandungan tryptophan yang terdapat pada asam amino memiliki efek sebagai anti depressant yang dapat memberikan perasaan tenang dan senang.

2. Menurunkan Resiko Batu Empedu

Batu empedu merupakan penyakit yang berupa batuan kecil. Batuan kecil ini berasal dari kolesterol dan terbentuk pada saluran empedu. Terkadang, batu yang terbentuk tersebut akan menimbulkan rasa sakit mendadak karena menyumbat bagian ujung empedu. Dengan mengonsumsi kacang tanah sebanyak satu ons, maka resiko terbentuknya batu empedu akan turun sebanyak 25%.

3. Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Kanker usus besar merupakan penyakit yang menyerang bagian terakhir sistem pencernaan. Penyakit ini kebanyakan diderita oleh orang yang berusia 60 tahun ke atas. Dengan mengonsumsi selai kacang sebanyak 2 sendok makan dalam seminggu, maka resiko kanker usus besar dapat diturunkan sebanyak 58% pada wanita dan 27% pada pria.

4. Menaikkan Berat Badan

kacang tanah dapat menjaga berat badan
sumber: cahyahdblog.blogspot.com

Bagi anda yang merasa susah untuk menaikkan berat badan bisa mencoba untuk mengonsumsi selai kacang secara rutin. Selai kacang dikenal sebagai makanan tinggi kalori yang bisa digunakan untuk menambah berat badan. Mengonsumsi roti dengan selai kacang setiap pagi akan membuka kesempatan untuk mengalami kenaikan berat badan lebih.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Jantung Sehat
sumber: revolutionhealthaz.com

Kandungan asam oleat yang terdapat pada kacang tanah sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Asam oleat dapat menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadi penyebab terjadinya jantung koroner. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, penyajiannya dilakukan dengan cara dikukus atau direbus dan bukan digoreng.

6. Menstabilkan Gula Darah

Pada kacang tanah terdapat zat mangan yang katanya dapat menyerap lemak berlebih pada darah. Kadar gula darah akan turun apabila penyerapan lemak terjadi secara optimal.

 

Manfaat Kacang Tanah bagi Ibu Hamil

Jika tadi kita sudah membahas manfaat dalam sisi kesehatan, maka kali ini kita akan membahas manfaat kacang tanah bagi ibu hamil.

1. Sumber Mineral

manfaat kacang tanah bagi ibu hamil
sumber: energyrecovery.com

Mengonsumsi kacang tanah dua sendok makan sebanyak lima kali dalam seminggu selama hamil dapat memenuhi kebutuhan mineral. Mineral sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjalani aktivitas otot dan sel juga menunjang kerja organ tubuh menjadi lebih baik. Seseorang dapat mengalami masalah kesehatan apabila kekurangan mineral.

2. Cemilan Sehat Ibu Hamil

Ibu hamil akan lebih sering lapar daripada orang pada umumnya dikarenakan janin yang berada di kandungannya menyerap sari makanan yang dikonsumsi. Kacang tanah dapat dijadikan sebagai cemilan bagi ibu hamil yang merasa lapar. Kacang tanah dapat memberikan cadangan energi bagi tubuh sehingga dapat menunda rasa lapar.

3. Memenuhi Kebutuhan Folat

kacang tanah mengandung folat
sumber: tanamanbawangmerah.blogspot.com

Folat sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk mendukung perkembangan sumsum tulang belakang dan otak si calon bayi. Dengan begitu, bagi ibu hamil tidak usah ragu lagi untuk mengonsumi kacang tanah saat hamil karena selain mengenyangkan juga dapat memenuhi kebutuh folat si calon bayi.

 

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kecantikan

Selain baik untuk kesehatan dan ibu hamil, kacang tanah ternyata juga baik untuk kecantikan. Jadi bagi para wanita yang menginginkan kulit halus, lembut dan terlihat lebih muda bisa mengonsumsi kacang tanah ini. Selain itu, inilah beberapa manfaat kacang tanah untuk kecantikan

1. Mengurangi Kemerahan pada Kulit

Kacang tanah mengandung asam lemak yang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit. Selain itu, kacang tanah juga mengandung seng, magnesium dan vitamin E yang dapat menjaga kulit tetap bersinar dan menekan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Tidak lupa, kandungan proteinnya dapat membantu regenerasi sel.

2. Mencegah Berbagai Gangguan Kulit

manfaat kacang tanah bagi kecantikan
sumber: intisari-online.com

Asam lemak yang terdapat pada kacang tanah diyakini penting bagi sel-sel saraf otak. Sel-sel saraf otak ini membantu mengendalikan stres dan suasana hati. Dengan terkendalinya stres, maka berbagai gangguan kulit seperti kusam, garis halus dan keriput bisa dicegah.

3. Mengeluarkan Racun Penyebab Kulit Kusam

Racun dalam tubuh dapat mengakibatkan masalah kulit di antaranya adalah kulit kusam dan minyak berlebih. Serat yang terdapat pada kacang tanah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan begitu, makan kacang tanah secara teratur bisa membantu tubuh untuk membuat kelebihan racun yang mengakibatkan kulit kusam.

Itulah tadi 12 manfaat kacang tanah yang bisa anda peroleh apabila mengonsumsinya secara rutin. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk anda.

1 thought on “Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Kecantikan

Leave a Comment