Manfaat Kerupuk Kulit Sapi yang Bisa Anda Dapatkan

Manfaat Kerupuk Kulit – Kerupuk merupakan makanan pendamping yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan sebagian masyarakat Indonesia menjadikan kerupuk ini sebagai pendamping makan yang wajib ada.

Karena itulah, kerupuk sangat laris di Indonesia. Salah satu jenis kerupuk yang ada di Indonesia adalah kerupuk kulit. Kerupuk kulit ini sering kita temukan pada sajian hari raya. Kerupuk ini terbuat dari kulit hewan salah satunya adalah sapi.

 

Manfaat Kerupuk Kulit

manfaat kerupuk kulit

sumber: ehpedia.com

Selain rasanya yang gurih, ternyata tersimpan banyak manfaat yang dapat kita ambil dari kerupuk kulit ini. Apa sajakah itu? Ini dia manfaat dari kerupuk kulit.

1. Mengurangi Rasa Pedas

Kerupuk kulit ini sangat cocok untuk anda jadikan makanan penyelamat jikalau tidak mampu menahan rasa pedas saat makan. Daripada terlalu banyak minum air yang dapat menyebabkan kembung, anda bisa mencoba kerupuk kulit untuk mengurangi sensasi pedas yang anda rasakan.

Terdapat kandungan minyak yang tinggi pada kerupuk kulit. Minyak tersebut dapat menetralisir rasa pedas yang ditimbulkan oleh capcaisin yang terdapat pada cabai

2. Menjadi Cemilan atau Pendamping Makan

Ini merupakan manfaat kerupuk kulit yang paling banyak dirasakan orang Indonesia saat tersedia stok kerupuk kulit di rumah. Kerupuk memang sering dijadikan sebagai cemilan atau pendamping makan besar. Rasa gurih dan renyah yang dimiliki oleh kerupuk kulit membuat kenikmatan saat makan menjadi bertambah.

cemilan kerupuk kulit

sumber: jelajahgarut.com

Bahkan ada produsen yang mengemas kerupuk kulit ini dengan campuran bumbu-bumbu yang ditujukan khusus untuk cemilan.

3. Menyembuhkan Maag

Tahukah anda kalau kerupuk kulit dapat menyembuhkan maag? Saya pun juga tidak tahu kalau kerupuk kulit dapat menyembuhkan maag. Yang saya dapatkan dari salah satu sumber website di internet adalah kerupuk kulit dapat menyembuhkan gejala mual dan perih di perut yang disebabkan oleh maag.

Jadi, jika anda sering terkena serangan maag, tidak ada salahnya untuk mencoba mengobatinya dengan mengonsumsi kerupuk kulit. Anda pastinya tidak akan keberatan jika obatnya adalah makanan seenak ini.

4. Memiliki Kandungan Protein yang Tinggi

Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari protein, di antaranya adalah meningkatkan ketahanan tubuh, meningkatkan massa otot, meningkatkan pembentukan energi dan masih banyak lagi. Protein tersebut bisa anda dapatkan pada kerupuk kulit ini. Ini dikarenakan kerupuk kulit merupakan produk hewani yang mana terdapat protein yang tinggi.

5. Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Manfaat kerupuk kulit yang lainnya adalah kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada kerupuk kulit dapat menjaga kesehatan tulang dan membantu proses pertumbuhan tulang.

6. Peluang Usaha yang Menjanjikan

manfaat kerupuk kulit untuk usaha

sumber: thetoiletpost.wordpress.com

Karena minat orang Indonesia yang tinggi pada kerupuk, membuka usaha kerupuk kulit dapat menjadi peluang untuk anda. Anda bisa jual kerupuk kulit ini saat hari raya karena memang kerupuk kulit ini paling pas disajikan di waktu tersebut. Biasanya disajikan bersama opor dan sajian-sajian lain saat Idul Fitri.

 

Bahaya Makan Kerupuk Kulit Berlebihan

Walaupun memiliki banyak manfaat, mengonsumsi kerupuk kulit secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh kita. Memang segala sesuatu jika diambil secara berlebihan akan menjadi tidak baik. Salah satu bahaya yang dapat ditimbulkan adalah obesitas dikarenakan tingginya kandungan lemak yang terdapat pada kerupuk kulit. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh kita.

Pada kerupuk kulit yang dikemas sebagai cemilan juga biasanya terdapat kandungan MSG yang cukup banyak. MSG ini memang sudah terkenal tidak sehat bagi tubuh kita.

Leave a Reply