Air Madu

Manfaat Minum Air Madu Setiap Hari

Air Madu
Air Madu (sumber: stylecraze.com)

 

Madu merupakan produk yang dihasilkan dari lebah. Madu berbentuk cairan kental yang memiliki rasa manis dan warna kuning. Madu dikenal sebagai produk yang memiliki banyak sekali manfaat. Untuk penyajiannya, madu dapat dicampur menggunakan air hangat.

Minum madu yang dicampur ke dalam air hangat setiap hari dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Tapi sebelum membahas tentang manfaat apa saja yang bisa didapatkan, ada baiknya kita mengetahui bagaimana ciri-ciri dari madu asli.

 

Ciri-Ciri Madu Asli

Rasanya sia-sia apabila kita telah rutin mengonsumsi air madu tapi ternyata madu yang kita gunakan bukanlah madu asli. Pasti manfaat yang didapatkan tidak akan maksimal atau justru tidak mendapatkan manfaat sama sekali.

1. Sulit Bercampur dengan Air

Madu asli membutuhkan waktu lama untuk larut dalam air karena memiliki kekentalan yang tinggi. Apabila tidak diaduk, madu asli akan tenggelem ke bagian bawah gelas. Berbeda dengan madu palsu yang mudah bercampur dengan air.

2. Madu Asli akan Mengkristal

Apabila anda menyimpan madu di botol kaca, maka madu yang berada di bagian bawah botol akan membentuk kristal dan terlihat mengental. Ini dikarenakan madu asli meninggalkan enzim khusus yang tidak akan rusak apabila disimpan.

3. Tidak Tembus Kertas

Kertas
Kertas (sumber: elliepoopaper.co.uk)

Jika anda meletakkan madu di atas kertas, maka madu tersebut tidak akan menembus kertas. Ini dikarenakan pada madu asli kandungan airnya sangat sedikit atau bahkan tidak mengandung air sama sekali. Sangat berbeda dengan madu asli yang sudah dicampur dengan air dan gula.

4. Tidak Menyebar ke Dalam Pasir

Coba teteskan madu yang anda miliki ke kumpulan pasir yang telah diletakkan di mangkor atau piring. Lalu tunggu selama dua menit. Apabila tetesan madu tidak menyebar di dalam pasir maka madu tersebut adalah madu asli karena madu memiliki sifat padat dan mengikat.

5. Tidak Disukai oleh Semut

Madu dan Semut
sumber: macrophotoz.com

Walaupun memiliki rasa manis, madu asli memiliki kandungan enzim murni yang tidak disukai oleh semut karena aromanya yang kuat. Lain halnya dengan madu palsu yang akan didekati oleh semut karena sudah bercampur dengan gula.

Itulah beberapa ciri-ciri yang bisa anda praktekkan untuk mengetahui keaslian sebuah madu. Setelah mengetahui ciri-ciri madu asli, kini saatnya anda mengetahui manfaat-manfaatnya apabila kita rajin mengonsumsinya dengan air setiap hari.

 

Manfaat Minum Air Madu Setiap Hari

Untuk membuat air madu, cukup campurkan madu dengan satu gelas air hangat. Minum secara rutin sekali sehari. Dengan melakukan itu, anda akan mendapatkan manfaat-manfaat sebagai berikut

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Racun Tubuh
sumber: easyhealthoptions.com

Dengan minum air madu hangat setiap hari, maka racun dalam tubuh kita akan dikeluarkan melalui urin. Penambahan lemon pada air madu dapat memaksimalkan pengeluaran racun dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Jantung Sehat
Ilustrasi Jantung Sehat (sumber: revolutionhealthaz.com)

Madu memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang dapat membantu mencegah resiko penyakit jantung. Penelitian menyatakan madu dapat menurunkan tingkat proses oksidasi kolesterol jahat dalam darah manusia yang mana proses oksidasi kolesterol jahat itu memiliki efek buruk bagi tubuh yaitu stoke dan serangan jantung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh
sumber: yourkamagraguide.com

Madu dapat membantu tubuh untuk melawan bakteri yang datang dari partikel asing. Madu mengandung beberapa vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meringankan Alergi

Alergi merupakan respon tidak normal tubuh terhadap suatu zat yang sebenarnya tidak berbahaya seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Minum air madu merupakan solusi tepat bagi anda yang memiliki suatu alergi karena madu dapat membantu melawan semua alergi. Ini berlaku apabila anda tidak memiliki alergi terhadap madu.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minum air madu hangat dapat membakar lemak berlebih dalam tubuh. Dengan begitu, sirkulasi darah akan meningkat. Apabila sirkulasi darah meningkat, maka lambatnya proses penyembuhan luka, resiko kram otot, kesemutan dapat teratasi.

Menetralisir Gas dalam Tubuh

Kita akan merasakan perut kembung apabila terdapat gas dalam tubuh kita. Dengan begitu kita akan merasa tidak nyaman. Segelas air madu hangat dapat menetralisir gas yang ada dalam tubuh kita dan perut kita akan terasa lebih nyaman daripada sebelumnya.

Membersihkan Kulit

Minum air madu dapat membantu mendapatkan kulit cerah. Itu dikarenakan madu memiliki antibakteri dan antijamur. Kulit yang sehat mencerminkan tubuh yang sehat.

Baik untuk Pencernaan

Bagi anda yang memiliki masalah pencernaan yaitu susah buang air besar atau biasa disebut sembeli, minum air madu hangat bisa menjadi salah satu solusi untuk anda. Dengan minum air madu hangat, gerakan usus akan meningkat sehingga memudahkan kita untuk buang air besar.

Mencegah Radang Tenggorokan

Campuran air hangat dengan madu dapat membantu mengurangi iritasi dan rasa sakit di tenggorokan. Madu akan melapisi tenggorokan sedangkan air hangat akan menenangkan tenggorokan.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Air madu hangat merupakan penguat sistem metabolisme. Dengan meminum air madu hangat, makanan akan lebih cepat dicerna dan diserap oleh tubuh. Sehingga metabolisme tubuh anda meningkat dan selera makan anda menjadi lebih baik.

Membuat Tubuh Terhidrasi

Air Putih
sumber: shepleyspring.co.uk

Kebanyakan orang malas meminum air putih karena rasanya yang hambar sehingga tubuh menjadi kurang terhidrasi karena kekurangan cairan. Dengan tambahan madu, anda air yang kita minum menjadi terasa manis dan tubuh pun akan terhidrasi.

Menurunkan Berat Badan

Air madu dapat menjadi minuman yang dapat membantu program diet anda. Air madu yang manis dapat memuaskan keinginan kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung banyak gula.

Timbangan Berat Badan
Timbangan Berat Badan (sumber: cahyahdblog.blogspot.com)

Air madu juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, maka pembakaran kalori akan lebih banyak daripada biasanya.

Mengatur Kadar Gula Darah

Madu mengandung kombinasi fruktosa dan glukosa yang mampu membantu mengatur gula darah dalam tubuh. Selain itu juga membuat kadar kolesterol lebih rendah.

Itu dia ciri-ciri madu asli beserta manfaat minum air madu setiap hari. Saya mohon apabila ada kesalahan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment