Sepatu Lari

20 Manfaat Rutin Melakukan Jogging di Pagi Hari

Manfaat Jogging di Pagi Hari – Pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk jogging. Karena di pagi hari udara masih segar dan belum terkontaminasi oleh asap-asap kendaraan. Jogging merupakan aktivitas lari kecil dengan kecepatan di bawah 9,7 km/jam. Jadi jika anda berlari dengan kecepatan di atas 9,7 km/jam maka sudah tidak bisa disebut dengan jogging.

Supaya aktivitas jogging tidak membosankan, ajaklah anggota keluarga atau teman anda agar anda bisa jogging sambil berbicara santai. Dengan begitu, melakukan kegiatan jogging di pagi hari menjadi lebih bersemangat. Anda juga bisa memilih jalan yang bagus dan memilki pemandangan yang bagus supaya jogging jadi lebih menyenangkan.

 

Manfaat Jogging di Pagi Hari

Jogging sangat baik jika kita jadikan sebagai rutinitas karena memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah menurunkan berat badan, terhindar dari stres, memperbaiki kualitas tidur dan masih banyak lagi. Ini dia manfaat jogging di pagi hari lainnya yang bisa anda dapatkan apabila anda rutin melakukan rutin di pagi hari.

1. Menurunkan Berat Badan

manfaat jogging di pagi hari untuk menurunkan berat badan
Timbangan Berat Badan (sumber: cahyahdblog.blogspot.com)

Jogging sangat cocok untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Dengan aktivitas jogging maka kalori akan terbakar. Selain melakukan aktivitas jogging, selalu pantau juga jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi agar usaha anda untuk menurunkan berat badan tidak sia-sia.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Metabolisme tubuh kita akan meningkat saat melakukan jogging yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel immune lebih cepat. Pertumbuhan sel-sel immune tersebut sangat membantu tubuh kita dalam menangkal serangan-serangan virus.

3. Terhindar dari Stres

Jogging ternyata juga mampu membuat kita terhindar dari stres. Sebenarnya tidak hanya jogging saja, pada dasarnya semua olahraga itu dapat membantu kita dalam mengatasi stres. Ini dikarenakan saat olahraga, kita melepaskan hormon serotonin yang dapat membuat kita merasa senang.

4. Menjaga Stamina Tubuh

Stamina tubuh dibutuhkan untuk semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan rutin melakukan jogging di pagi hari, maka stamina tubuh akan terjaga.

5. Tidak Mudah Sakit

Dengan melakukan jogging, maka daya tahan tubuh akan meningkat. Apabila daya tahan tubuh meningkat, sel-sel immuna akan tumbuh lebih cepat dan akan membantu untuk menangkal virus-virus yang masuk ke tubuh kita. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, kita pun menjadi tidak mudah sakit.

6. Memperbaiki Kualitas Tidur

Bagi anda yang mengalami insomnia, jogging di pagi hari secara rutin sangat cocok untuk anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Penelitian pernah dilakukan dengan melibatkan orang-orang yang menderita insomnia yang dilatih untuk rutin melakukan jogging di pagi hari. Hasilnya mereka tidur 17 menit lebih cepat. Selain itu, mereka merasa tidurnya lebih nyenyak dari biasanya semenjak rutin jogging di pagi hari.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

jogging di pagi hari dapat membuat jantung sehat
Ilustrasi Jantung Sehat (sumber: revolutionhealthaz.com)

Penelitian menemukan dengan lari sejauh 16 KM dalam seminggu bisa menekan resiko gangguan tekanan darah sampai 39%. Selain menekan gangguan tekanan darah, berlari sejauh 16 KM juga bisa meneka gangguan endapan kolesterol hingga 34%.

Maka dari itu berlari dapat mengurangi resiko penyakit jantung yang salah satunya diakibatkan oleh masalah pembuluh darah karena endapan kolesterol.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi anda yang kurang nafsu makan, rutin jogging di pagi hari dapat menjadi solusi untuk anda. Dengan melakukan jogging di pagi hari, maka metabolisme tubuh akan meningkat. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, maka kita akan menjadi mudah lapar sehingga nafsu makan kita jadi meningkat.

9. Mencegah Demensia

Demensia merupakan penyakit atau kelainan pada otak yang ditandai oleh kepikunan, kesulitan berkomunkasi, kesulitan dalam membuat perencanaan, kebingungan dan perubahan psikis.

manfaat jogging di pagi hari untuk mencegah demensia
Demensia (sumber: merdeka.com)

Jurnal yang dibuat American Geriatrics Society mengungkapkan bahwa wanita yang rutin melakukan lari pagi sejak remaja dapat mengurangi resiko kepikunan di usia senja.

10. Baik untuk Pernafasan

manfaat jogging di pagi hari adalah pernafasan yang lancar
sumber: youtube.com

Membiasakan jogging di pagi hari sangat baik bagi anda yang memiliki penyakit asma. Anda akan merasakan sistem pernafasan anda menjadi lebih baik. Penelitan melibatkan orang-orang penderita asma yang kemudian melakukan lari rutin setiap minggu selama 3 bulan. Hasilnya asma yang mereka miliki jarang kambuh dan merasakan bernafas lebih lega.

11. Memperkuat Otot

Rutin jogging di pagi hari juga dapat menambah massa otot terutama otot kaki. Otot kaki kita akan menjadi lebih kuat dan kencang. Ini dikarenakan saat berlari terjadi proses produksi sel-sel otot yang mengganti sel otot yang tua menjadi lebih baru.

12. Menyehatkan Paru-Paru

Paru-Paru Sehat
Ilustrasi Paru-Paru Sehat (sumber: wddty.com)

Selain dapat menyehatkan jantung, jogging di pagi hari juga dapat menyehatkan paru-paru. Saat jogging, oksigen yang masuk ke paru-paru akan menjadi lebih banyak. Karena saat bergerak lebih aktif, tubuh kita memicu untuk bernafas lebih kuat.

Dengan masuknya jumlah oksigen yang banyak ini, maka paru-paru akan menjadi lebih sehat. Apalagi jogging di pagi hari udaranya masih segar dan bersih karena belum banyak kendaraan yang berlalu lalang.

13. Mencegah Diabetes

Penelitian menunjukkan dengan jogging di pagi hari, resiko diabetes dapat berkurang hingga 5%. Melakukan jogging tidak hanya dapat membakar kalori tapi juga kolesterol.

Turunnya berat badan yang terjadi membuktikan bahwa kalori dan kolesterol yang menumpuk dalam tubuh perlahan-lahan menjadi berkurang. Dengan berkurangnya kalori dan kolesterol maka resiko diabetes pun ikut berkurang.

14. Mencegah Kanker Usus

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh British Journal of Cancer mengungkapkan bahwa resiko kanker akan berkurang hingga 24% apabila kita aktif melakukan lari pagi 5 – 6 jam dalam seminggu. Terutama resiko kanker usus besar.

Itu dikarenakan gerakan yang kita lakukan saat berlari juga memberikan dampak positif pada usus besar. Kontraksi yang dihasilkan menjadi lebih alami dan itu baik untuk kesehatan usus besar kita. Ternyata sangat besar manfaat jogging di pagi hari ini.

15. Mengatasi Hipertensi

Tensimeter
Tensimeter (sumber: huffingtonpost.ca)

Jogging merupakan olahraga kardio yang berguna untuk melancarkan peredaran darah. Gerakan jogging yang ringan terbilang cukup bagus untuk menjaga pola detak jantung. Dengan begitu tekanan darah menjadi lebih normal.

Para pakar menyerankan agar penderita hipertensi mulai rutin jogging di pagi hari karena akan membantu menurunkan tekanan darah. Lakukan secara bertahap dalam melakukan kegiatan jogging pagi hari ini dan rutinlah melakukan konsultasi pada dokter.

16. Mencegah Rematik

Penyakit yang juga sering disebut asam urat ini adalah penyakit yang menyebabkan rasa nyeri atau pegal-pegal pada sendi. Dengan jogging di pagi hari, maka kedua kaki kaki kita akan aktif bergerak. Dengan begitu otot kaki menjadi lebih lentur dan ketegangan pada otot kaki berkurang. Kondisi tersebut akan membantu dalam mengatasi penyakit rematik karena otot kita menjadi lebih lentur dan rasa nyeri jadi berkurang.

17. Meningkatkan Konsentrasi

Belajar
sumber: getcollegecredit.com

Para pakar berpendapat bahwa jogging juga merupakan meditasi yang dapat meningkatkan kemampuan otak. Dengan begitu kita pun menjadi lebih mudah konsentrasi dan proses belajar menjadi lebih baik.

18. Memperkuat Tulang

Tulang Kaki
sumber: zbrushcentral.com

Tulang memiliki peran yang sangat besar untuk menopang dan menggerakan anggota tubuh kita. Selain bisa menambah massa otot, jogging di pagi hari juga dapat merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bermanfaat untuk kepadatan tulang punggung, tulang pinggul dan tulang kaki. Di saat kita berlari, bagian kaki kita menjadi tumpuan yang akan melatih tulang kaki menjadi lebih kuat.

19. Mencegah Nyeri Otot

Manfaat jogging di pagi hari lainnya adalah membuat persendian tulang terlumasi dengan baik. Dengan begitu, peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan rasa nyeri dapat terhindarkan. Apabila anda pegal-pegal, anda bisa mencoba untuk melakukan jogging di pagi hari yang akan membuat rasa pegal hilang secara alami.

20. Identifikasi Gejala Penyakit

Metabolisme tubuh kita akan meningkat saat melakukan jogging. Alhasil, anda dapat merasakan jika ada kerusakan dalam tubuh kita saat bergerak. Apabila ada rasa sakit yang tidak wajar di salah satu bagian tubuh, itu berarti ada yang salah dalam tubuh anda.

 

Tips Melakukan Jogging di Pagi Hari yang Benar

Melakukan rutinitas jogging di pagi hari tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Lakukan tips-tips jogging di pagi hari ini agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

1. Lakukan 3-4 Kali dalam Seminggu

Lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat jogging di pagi hari secara maksimal. Ini berarti anda bisa melakukan jogging di pagi hari setiap 2 hari sekali. Jadi sehari untuk jogging dan sehari untuk istirahat. Ini diperlukan agar otot dapat pulih setelah digunakan untuk jogging. Dengan begitu pertumbuhan otot akan menjadi lebih efektif.

2. Jogging Selama 45 Menit

Ini merupakan durasi yang pas untuk melakukan aktivitas jogging di pagi hari. Apabila anda merasa terlalu lama atau mungkin terlalu singkat anda bisa melakukan jogging dengan durasi antara 30 menit sampai 1 jam.

Jogging di pagi hari dengan durasi terlalu lama justru tidak bagus karena akan menyebabkan tubuh menjadi kelelahan dan berdampak buruk bagi tubuh sedangkan jika durasinya terlalu singkat maka hasil yang didapatkan tidak akan maksimal.

3. Pakai Sepatu Lari yang Tepat

Sepatu Lari
Sepatu Lari (sumber: quanalchem.com)

Pilihlah sepatu lari yang pas dan nyaman di kaki anda. Apabila anda tidak punya sepatu lari, anda bisa menggunakan sepatu olahraga biasa. Yang terpenting adalah sepatu tersebut nyaman di kaki anda. Tidak terlalu sempit dan tidak juga terlalu longgar. Ini bertujuan agar tidak terjadi lecet atau cedera pada kaki anda saat jogging.

4. Jangan Terlalu Cepat

Bukan jogging namanya jika anda berlari terlalu cepat. Atur ritme langkah lari anda sesantai mungkin. Selain itu berlari terlalu cepat akan membuat nafas terengah-engah terutama bagi yang baru melakukan rutinitas jogging di pagi hari ini.

5. Jangan Lupa Lakukan Pemanasan

Peregangan
sumber: holabirdsports.com

Untuk menghindari kram dan cedera, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan jogging di pagi hari. Lakukan pemanasan terutama untuk kaki anda. Selain dapat meminimalisir terjadinya kram dan cedera, melakukan pemanasan juga mempunyai banyak manfaat yang bisa anda baca di artikel Manfaat dan Cara Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

 

Itu dia manfaat jogging di pagi hari yang bisa anda dapatkan. Ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Semoga setelah membaca artikel ini, anda jadi lebih bersemangat untuk melakukan rutinitas jogging di pagi hari.

Leave a Comment