Bidak Catur

Peraturan Catur Lengkap sesuai dengan FIDE

catur
Catur (sumber: pixabay.com)

Catur adalah permainan yang masuk dalam kategori olahraga walaupun tidak mengeluarkan keringat saat kita memainkannya (kecuali tempatnya panas). Ngomong-ngomong soal catur, sebenarnya saya tidak jago dalam memainkannya. Untuk pengetahuan mengenai dunia catur pun saya kurang begitu tahu.

Untuk pengalaman, saya baru pernah mengikuti perlombaan catur sebanyak 3 kali. Itu pun untuk lomba catur skala besarnya saya baru mengikuti 1 kali. Anda bisa lihat artikel saya yang berjudul Yang Mana Hobi Saya? yang berisi cerita singkat pengalaman saya mengikuti lomba catur.

 

Peraturan Catur secara Umum

Logo FIDE
Logo FIDE (sumber: chessdailynews.com)

Di bawah ini akan saya tuliskan peraturan catur secara ringkas mengacu pada peraturan FIDE (The Fédération Internationale des Échecs)

Tidak boleh mengganggu konsentrasi lawan

Dalam permainan catur, kita tidak boleh menggangu konsentrasi lawan dengan cara apapun.

Anda ingat pertandingan catur antara seorang Mentalis Deddy Corbuzier melawan Grand Master Utut Adianto? Dalam pertandingan yang berlangsung pada Oktober 2007 itu, Utut Adianto memilih berhenti karena Deddy Corbuzier terus mengetuk-ngetuk jarinya di meja sekaligus memelototi Utut. Itu adalah salah satu contoh pelanggaran yang tidak boleh dilakukan dalam permainan catur.

Utut Adianto
GM Utut Adianto (sumber: msports.net)

Pemain Putih Melangkah Pertama, kemudian Diikuti oleh Pemain Hitam secara Bergantian

Anda pasti sudah tahu bahwa putih pasti jalan lebih dulu. Tinggal anda yang menentukan apakah anda atau lawan anda yang pegang warna putih.

Bidak yang Sudah Dipegang Harus Dimainkan

Bidak Catur
sumber: footage.framepool.com

Bila kita sudah memegang sebuah bidak misalkan saja bidak benteng, maka kita harus memainkan benteng tersebut kecuali benteng tersebut memang tidak bisa dijalankan karena tertutup jalannya oleh bidak lain.

Langkah Dinyatakan Selesai Apabila Tangan Sudah Melepas Bidak yang Dipegang

Jika tangan kita sudah melepas bidak yang dipegang dan pastinya sudah dijalankan, kita tidak boleh lagi menambah atau mengurangi lagi langkah bidak tersebut.

Bidak Lawan yang Disentuh harus Dimakan

Apabila bidak yang kita pegang menyentuh bidak punya lawan maka harus ditangkap/dimakan kecuali bidak yang lawan yang disentuh tidak mungkin untuk dimakan.

Boleh Mengganti Langkah apabila Salah Langkah saat Raja dalam Keadaan Terancam

Misalkan kita menggerakkan benteng padahal raja kita dalam keadaan terancam (skak), maka kita bisa menggantinya dengan langkah lain.

Bidak Promosi harus Ditukar

Bidak Promosi
Bidak Promosi (sumber: youtube.com)

Bidak promosi terjadi apabila pion milik kita sudah mencapai petak akhir. Kita wajib menukarkannya dengan bidak lain seperti benteng, kuda, menteri atau ratu.

Boleh Bilang, Boleh Tidak saat Skak atau Ster

Kita boleh memberitahu lawan dan juga boleh tidak memberitahu lawan apabila terjadi skak atau ster. Tapi lebih baik memberitahu lawan terutama jika terjadi skak.

 

Peraturan Lain

Di bawah ini adalah peraturan-peraturan dalam menggerakkan atau mengambil langkah dalam permainan catur

Rokade

Rokade adalah gerakan raja dan benteng secara bersamaan pada giliran yang sama. Ada dua macam rokade yaitu rokade panjang dan rokade pendek. Raja harus dijalankan terlebih dahulu sebelum benteng dan raja tidak dalam posisi terancam oleh bidak lawan.

Melakukan En Passant

Ini adalah langkah memakan pion lawan yang berada di sebelah pion kita. Syarat melakukan gerakan ini adalah lawan baru saja melakukan langkah pion 2 petak dari posisi awal dan pion kita berada di sebelahnya persis dan cara memakannya adalah dengan maju secara diagonal ke belakang pion yang akan dimakan.

Jika anda masih bingung dengan penjelasan yang saya berikan, anda bisa lihat video di bawah ini

Gerakan ini harus dilakukan secara langsung. Artinya anda tidak bisa menunda untuk langkah selanjutnya

Langkah Bidak-Bidak dalam Catur

Bidak Catur
Bidak Catur (sumber: thechesspiece.com)

Ini adalah peraturan dasar yang semua pemain catur dari yang baru belajar sampai sudah master yang harus diketahui. Bidak-bidak dalam catur ini punya langkah yang berbeda-beda.

  • Raja : Boleh kemana saja tapi hanya satu langkah
  • Ratu : Langkah bebas apakah mau luruh atau miring (diagonal)
  • Benteng : Langkah lurus
  • Kuda : Langkah membentuk huruf L
  • Menteri : Langkah miring (diagonal)
  • Pion : Satu langkah kedepan saat melangkah biasa dan miring satu langkah ke depan saat memakan bidak lawan. Pion bisa melangkah dua langkah dari posisi awalnya.

 

Kondisi Skak Mat

Ini adalah kondisi dimana pemain sudah dinyatakan kalah. Pemain dinyatakan mat apabila :

  • Pemain menyerah
  • Raja pemain skak mat
  • Waktu berpikir sudah habis (ditunjukkan oleh jam catur)
Jam Catur
Jam Catur (sumber: ebay.com)

 

Kondisi Draw

Apabila tidak ada pemenang dalam sebuah pertandingan, maka disebut draw atau seri. Kondisi ini bisa didapatkan apabila :

  • Kedua pemain setuju untuk draw/seri
  • Skak 3 kali berturut-turut
  • Posisi bidak sama 3 kali berturut-turut
  • Tidak saling memakan dalam 40 langkah

Ya itu tadi peraturan-peraturan yang ada dalam permainan catur. Jika ada tambahan atau kesalahan pada tulisan saya anda bisa beritahu saya melalui kolom komentar.

Leave a Comment