Macam-Macam Teknik Menggambar beserta Contohnya

Teknik Menggambar – Gambar adalah perpaduan antara titik, garis, bidang dan warna yang apabila semuanya dikomposisikan akan menciptakan suatu bentuk citra. Gambar adalah sesuatu yang bisa mewakilkan suatu objek nyata dan memiliki karakter yang sesuai dengan aslinya.

Gambar mempunyai fungsi yang bermacam-macam. Di antaranya adalah sebagai bahasa teknik, media penyampaian informasi dan masih banyak lagi. Dalam menggambarpun ada bermacam-macam teknik yang bisa digunakan. Ini dia macam-macam teknik menggambar beserta contohnya.

 

Teknik Menggambar Arsir

Yang pertama adalah teknik menggambar arsir. Ini merupakan teknik dasar dalam menggambar menggunakan pensil. Teknik ini lebih menekankan pada kekuatan (ketebalan) garis. Kekuatan garis tersebut dapat diciptakan menggunakan pensil, spidol, tinta atau alat gambar lainnya yang dapat menghasilkan garis berulang untuk membuat perbedaan pada kekuatan garis sehingga terciptalah kesan gelap terang, gradasi atau kesan dimensi pada gambar.

Langkah awal yang dilakukan untuk belajar arsir adalah dengan berlatih teknik arsir gradasi untuk membuat satu baris kotak. Buatlah lebih dari satu kotak dan arsir setiap kotak dengan jenis pensil yang berbeda. Lihatlah perbedaan kesan gelap dan terang yang ditimbulkan dari setiap kotak.

Ini adalah salah satu contoh gambar yang menggunakan teknik arsir

teknik menggambar arsir

sumber: app.oncoursesystems.com

 

Teknik Siluet (Blok)

Yang kedua adalah siluet. Biasa juga dikenal dengan teknik menggambar bayangan. Teknik ini menggunakan satu warna (biasanya hitam) untuk menutup objek gambar sehingga terbentuklah perwujudan karakter pada objek. Dengan hanya melihat siluetnya, kita seharusnya dapat menebak wujud sesungguhnya dari objek yang digambarkan.

Teknik menggambar siluet ini dibagi lagi menjadi 2 macam, yaitu

1. Siluet Positif

Siluet positif dilakukan dengan memberikan warna pada bentuk yang diinginkan. Misalkan kita ingin menggambar pohon, maka kita berikan satu warna penuh pada gambar tersebut.

2. Siluet Negatif

Siluet negatif dilakukan dengan memberikan warna di sekitar bentuk yang diinginkan. Ini adalah kebalikan dari teknik siluet positif. Jadi misalkan kita menggambar pohon, maka yang diberikan satu warna penuh bukanlah pohonnya tetapi daerah yang ada di sekitar pohon atau latar belakang.

Contoh dari gambar yang menggunakan teknik siluet adalah salah satunya seperti di bawah ini

teknik siluet

sumber: skotcher.com

Gambar di atas adalah contoh gambar dari siluet positif. Di situ terlihat orang yang sedang berada di bawah pohon. Dapat diamati bahwa yang diberi satu warna hitam penuh adalah gambar orang, pohon dan jalan yang mana merupakan objek utama.

 

Teknik Menggambar Pointilisme (Titik)

Teknik pointilisme adalah teknik membuat gambar menggunakan kumpulan titik-titik. Dari titik-titik yang banyak itu akan terbentuk sebuah gambar. Yang menentukan kesan gelap dan terang pada suatu gambar adalah kerapatan dari titik-titik yang terkumpul. Semakin rapat maka akan semakin gelap dan semakin renggang maka akan semakin terang objek yang digambarkan.

Ini dia contoh dari gambar dengan teknik pointilisme

gambar pointilisme

sumber: exmoorarts.com

 

Teknik Aquarel (Transparan)

Selanjutnya adalah teknik aquarel. Teknik ini mengguanakan media basah untuk menghasilkan warna yang transparan. Biasanya menggunakan media cat air, cat acrylik, dll. Kertas yang akan digunakan untuk menggambar dibuat basah atau lembab supaya cat cepat menyebar.

Dalam menciptkan objek menggunakan teknik menggmbar aquarel dilakukan dengan cara mengulang-ulang dan menumpuk kuasan untuk menghasilkan warna tua. Teknik ini memerlukan kemampuan khusus dalam penguasaan alat kuas.

Inilah contoh gambar yang dibuat menggunakan teknik aquarel

teknik menggambar aquarel

sumber: archives.gov.on.ca

 

Teknik Menggambar Linier

Teknik selanjutnya adalah teknik linier. Sudah terlihat dari namanya yang berarti garis, teknik ini menggunakan garis lurus atau garis lengkung untuk membentuk sebuah gambar. Kesan gelap dan terang yang diciptakan dengan teknik ini adalah menggunakan banyak dan rapatnya kumpulan garis dalam satu area atau wilayah gambar.

Ini dia contoh gambar menggunakan linier atau garis

linier

sumber: felinest.com

 

Teknik Plakat

Teknik yang satu ini menggunakan bahan cat air atau cat poster untuk menciptakan sebuah gambar. Dengan sapuan warna yang tebal akan dihasilkan gambar yang terlihat pekat dan menutup.

Ini dia contoh gambar yang menggunakan teknik plakat

menggambar plakat

sumber: kuasdanpensil-aed.blogspot.co.id

 

Teknik Perspektif

Teknik perspektif digunakan untuk tujuan benda yang digambar dengan wajar sesuai dengan pandangan mata kita. Biasanya menggunakan peletakan garis horizon, letak benda dan jumlah titik hilang. Hasil dari teknik ini akan menghasilkan gambar 3 dimensi yang sesuai dengan pandangan mata.

Ini dia contoh gambar menggunakan teknik perpektif

teknik perspektif

sumber: pinterest.com

Dapat dilihat gambar gedung tersebut dibuat dari ukuran yang tinggi di bagian depan lalu kian mengecil ke bagian belakang (jauh). Sama seperti saat kita melihat objek di dunia nyata yang semakin mengecil apabila semakin jauh.

 

Teknik Menggambar Sketsa

Biasanya digunakan untuk gambar dasar atau rencana untuk membuat sebuah gambar. Merupakan bagian paling awal dari hampir semua pekerjaan seni menggambar. Pembuatan sketsa sangat berpengaruh untuk tahap-tahap selanjutnya dalam proses menggambar dan melukis. Yang digunakan kebanyakan adalah media kering seperti pensil hitam.

Tujuan dibuatkannya sketsa adalah untuk meminimalisir kesalahan dalam menggambar dan membuat bentuk gambar lebih proporsional.

Ini dia contoh sketsa gambar

teknik sketsa

sumber: pixabay.com

 

Teknik Dussel (Gosok)

Teknik ini menggunakan cara menggosok untuk membuat kesan gelap dan terang pada gambar. Biasanya alat yang digunakan adalah pensil, krayon dan konte. Dalam menggambar menggunakan teknik dussel, digunakan kapas atau jari-jari untuk menggosok gambar yang telah diciptakan. Garis pada gambar dihilangkan atau dihaluskan dengan cara digosok-gosokkan.

Pensil yang paling cocok untuk menggunakan teknik ini adalah pensil yang lunak seperti pensil 2B, 3B dan seterusnya.

Ini dia contoh gambar menggunakan teknik dussel atau gosok

gambar dussel

sumber: goldenliontamarin.files.wordpress.com

 

Itulah dia macam-macam teknik dalam menggambar beserta contohnya. Semoga bermanfaat

Comments (2)

  1. mangKoko November 18, 2016
    • afikrubik November 18, 2016

Leave a Reply