Kenapa Bisa Terjadi Banjir Bima? Ini dia Penyebab, Penjelasan serta Gambarnya

Banjir Bima – Hujan deras yang mengguyur wilayah Bima dan Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebabkan ribuah rumah terendam banjir.  “Hujan deras yang merata di Bima dan Sumbawa menyebabkan banjir besar di beberapa daerah. Ribuan rumah terendam banjir di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat,” kata Sutopo Purwo, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Nugroho dalam keterangannya, Rabu (21/12/2016).

kondisi banjir di bima
sumber: kampung-media.com

Terdapat beberapa kecamatan pada Kota Bima yang terendam banjir hingga setinggi 1 sampai 2 meter yaitu Kecamatan Rasanae, Kecamatan Rasanae Barat, Kecamatan Rasanae Timur dan Punda. Pada wilayat Sadia, Lewirato, Jati Wangi, Melayu dan Pena Na’e banjir mencapai tinggi 2 meter.  “Di Kabupaten Bima banjir merendam di Desa Maria dan Desa Kambilo Kecamatan Wawo. Data sementara tercatat 25 rumah rusak berat, 5 rumah hanyut, 3 rumah rusak sedang, dan 1 jembatan negara putus,” kata Sutopo.

Selain itu, banjir juga merendam Desa Unter Kroke yang terletak di Kecamatan Unter Iwis Kabupaten Sumbawa. Sutopo menyebutkan terdapat 120 kepala keluarga yang terdiri dari 610 jiwa yang terkena dampak banjir.  “1 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang dan 2 jembatan desa putus. Tinggi banjir 1-2 meter,” kata Sutopo.  “BPBD bersama dengan TNI, Polri, SAR, Tagana, PMI, SKPD, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi warga. Pelayanan kesehatan diberikan bagi warga. Kebutuhan mendesak perahu karet, permakanan, selimut, tenda, air bersih, obat-obatan, makanan bayi dan lainnya,” kata Sutopo.

 

Kenapa Bisa Terjadi Banjir Bima? Ternyata Ini Penyebabnya

Penyebab utama dari terjadinya banjir di Bima adalah Siklon Tropis Yvette. Siklon Torpis Yvette tersebut saat ini berada di Samudera Hindia Selatan Bali, sekitar 620 km sebelah selatan Kota Denpasar dengan arah dan kecepatan gerak Utara Timur Laut telah menyebabkan hujan deras di wilayah Indonesia bagian selatan.

Jadi jika anda atau ada teman yang bertanya kenapa bisa terjadi banjir Bima? Penyebabnya adalah Siklon Tropis Yvette. Siklon tropis ini yang memicu hujan deras ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah NTB, di antaranya adalah Bima dan Sumbawa.

 

Bagaimana Kondisi Bima saat ini? Inilah Gambar-Gambar Banjir Bima

anak-anak terendam di banjir bima
sumber: okezone.com

Terlihat anak-anak yang terendam banjir Bima. Tingginya banjir sampai dada anak kecil.

kenapa terjadi banjir bima - ini penyebabnya
sumber: eramuslim.com

Terlihat rumah-rumah yang terendam menunjukkan tingginya banjir yang terjadi di Bima.

gambar kondisi banjir di bima
sumber: republika.co.id

 

Itulah tadi penyebab serta kondisi dari banjir Bima yang terjadi sekarang ini.

Leave a Comment