Cara Ampuh Menghilangkan Malas pada Diri Sendiri

Kucing Tidur di Depan Komputer
sumber: androidpolice.com

Malas merupakan kondisi dimana kita tidak memiliki gairah untuk melakukan sesuatu. Rasa malas ini merupakan penyakit bagi banyak orang. Apabila rasa malas ini sudah menjadi suatu kebiasaan maka akan sangat berbahaya karena dapat menghambat seseorang untuk menuju kesuksesan.

Untuk itu pada artikel kali ini saya akan memberitahu anda langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa malas. Tapi sebelum kita berbicara tentang cara untuk menghilangkan malas itu sendiri, kita harus mengetahui penyebab-penyebabnya.

 

Penyebab Timbulnya Rasa Malas

Pasti ada penyebab kenapa kita menjadi malas untuk melakukan sesuatu. Ini dia beberapa penyebabnya

Stres

Stres
sumber: bettersleepguys.com

Stres biasanya disebabkan oleh banyak hal. Biasanya stres muncul karena tuntutan kerja, ekonomi, percintaan dan masih banyak lagi.

Apabila telah terlanjur stres maka pikiran kita akan menjadi kacau. Akibat pikiran yang kacau ini kita jadi malas untuk melakukan sesuatu.

Menunda-Nunda Pekerjaan

Ini merupakan penyebab paling umum dari rasa malas pada diri seseorang. Menunda-nunda pekerjaan biasanya dikarenakan kita merasa masih memiliki banyak waktu di depan sehingga menjadi santai dan malah melakukan kegiatan yang kurang penting.

Menumpuknya Tugas dan Jadwal

Tugas Menumpuk
sumber: wallpart.com

Dikarenakan banyaknya tugas dan jadwal, kita cenderung menjadi malas untuk mengerjakannya karena bingung tugas atau jadwal mana yang harus kita kerjakan.

Menumpuknya tugas dan jadwal bisa terjadi karena kita menunda-nunda pekerjaan sehingga saat ada tugas atau jadwal baru, tidak terasa sudah sangat banyak tugas atau jadwal yang menumpuk.

Kurang Sehat

Sakit Flu
sumber: mensfitness.com

Apabila kita sedang terserang penyakit, maka stamina yang kita miliki menjadi menurun. Stamina yang menurun ini menyebabkan kita menjadi malas karena berkurangnya tenaga yang kita gunakan untuk melakukan suatu pekerjaan.

Kurang Motivasi

Kita menjadi malas melakukan sesuatu apabila kurangnya motivasi yang ada pada diri kita. Hal ini kebanyakan menimpa pada seorang pelajar. Mereka merasa apa yang dilakukannya sangat membosankan dan tidak menghasilkan sesuatu sehingga mereka menjadi malas untuk belajar.

Sama halnya jika kita melakukan pekerjaan yang tidak kita sukai atau tidak jelas apa tujuan dari pekerjaan tersebut maka kita akan menjadi malas untuk melakukannya.

Kurangnya Manajemen Waktu

Manajemen Waktu
Manajemen Waktu (sumber: elsewhereconsulting.be)

Kurangnya manajemen waktu ini erat kaitannya dengan menumpuknya tugas dan jadwal. Kita tidak membuat target waktu untuk tugas yang ada. Karena kurangnya manajemen, tugas yang telah menumpuk jadi malas untuk dikerjakan karena kita bingun harus mulai dari mana.

Bukan Bidangnya

Kita juga akan malas apabila pekerjaan yang kita kerjakan bukanlah bidang yang kita kuasai. Misalkan kita bukan desainer tapi kita disuruh untuk membuat desain sebuah logo, maka kita akan merasa malas karena rasanya sulit untuk dikerjakan.

Perfeksionis

Sikap perfeksionis yang dimiliki oleh seseorang juga dapat membuatnya menunda-nunda pekerjaan. Itu disebabkan karena seseorang itu ingin yang dikerjakannya sempurna sehingga justru ia menghabiskan waktunya hanya untuk membuat rencana-rencana.

 

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas

Untuk menghilangkan rasa malas yang telah hinggap, kita perlu melakukan beberapa langkah-langkah.

Menata Pola Hidup

Rasa malas cenderung sering muncul pada orang yang kehidupannya tidak teratur. Untuk itu perlu dari kita untuk menata pola hidup salah satunya dengan cara membuat jadwal aktivitas harian.

Dengan membuat jadwal aktivitas harian setidaknya untuk aktivitas-aktivitas penting dalam sehari, maka kita bisa membagi kapan waktu untuk serius dan kapan waktu untuk santai.

Kerjakan Hal yang Sulit di Pagi Hari

Prioritaskan pekerjaan-pekerjaan yang sulit untuk dikerjakan di pagi hari. Ini dikarenakan saat pagi hari pikiran kita masih segar dan tenaga masih penuh sehingga kita bisa mengerjakan hal yang sulit lebih efektif.

Pagi Hari
sumber: hdwallpapersrocks.com

Apabila anda telah selesai mengerjakan hal yang sulit di pagi hari maka pada malamnya anda sudah bisa bersantai seperti menonton televisi atau jika masih ada pekerjaan, anda sudah tinggal mengerjakan bagian yang mudah saja.

Hilangkan Kebiasaan Beristirahat Sebelum Waktunya

Tentukanlah waktu untuk istirahat dan jangan istirahat sebelum waktu yang telah kita tentukan. Orang cenderung memilih beristirahat saat mengerjakan bagian yang berat pada suatu pekerjaan. Padahal justru hal tersebut dapat membuat pekerjaan yang kita kerjakan selesai lebih lama lagi.

Jika sudah waktunya istirahat sesuai yang telah anda tentukan, maka beristirahatlah karena tubuh kita juga butuh istirahat guna memulihkan tenaga yang habis untuk melakukan suatu pekerjaan.

Pahami Tujuan dan Manfaatnya

Tuliskan atau pahami apa tujuan dan manfaat dari pekerjaan yang akan kita kerjakan. Dengan memahami tujuan dan manfaat dari pekerjaan yang kita lakukan, maka kita akan lebih bersemangat lagi mengerjakannya.

Misalkan kita akan membersihkan rumah kita. Kita memahami tujuan dari membersihkan rumah itu agar rumah kita bersih. Jika rumah kita bersih, maka akan enak dipandang, tidak ada hama yang bersarang, udara di rumah menjadi bersih, dll.

Siapkan Hadiah untuk Diri Sendiri

Hadiah
Hadiah (sumber: memberful.com)

Ini bisa dijadikan motivasi agar kita bersemangat dalam melakukan sesuatu. Contohnya anda membuat rencana akan makan di suatu restoran apabila telah berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan.

Membaca Kisah Orang-Orang Sukses

Membaca kisah perjuangan orang-orang sukses dalam membangun karirnya juga bisa membuat kita bersemangat dalam menjalani hidup. Bacalah kisah-kisah orang sukses bukan hanya jumlah kekayaan dan gaya hidupnya namun juga bagaimana mereka memulainya dari awal.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi rasa malas pada diri kita. Semoga dengan melakukan langkah-langkah di atas, kita bisa menjadi orang yang rajin dalam melakukan semua pekerjaan.

1 thought on “Cara Ampuh Menghilangkan Malas pada Diri Sendiri

Leave a Comment