Cara Cepat Mengetik Menggunakan 10 Jari untuk Pemula

Cara Cepat Mengetik 10 Jari – Mengetik merupakan aktivitas menulis pada media elektronik melalui tombol-tombol yang tersedia pada keyboard. Untuk seorang yang baru pertama kali menggunakan komputer, biasanya mereka mengetik di keyboard menggunakan 2 jari, yaitu telunjuk tangan kanan dan kiri. Tapi bagi anda yang sudah cukup lama menggunakan komputer, sebaiknya merubah kebiasaan mengetik menggunakan 2 jari menjadi 10 jari.

cara cepat mengetik 10 jari
sumber: typingvidya.com

Dengan mengetik menggunakan 10 jari, pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat. Anda juga tidak perlu bolak-balik melihat dari monitor ke keyboard karena sudah hafal dengan posisi dari huruf-huruf yang ada di keyboard.

Pada artikel ini akan dibahas tuntas bagaimana posisi masing-masing jari beserta tugasnya pada keyboard dan media yang dapat digunakan untuk belajar mengetik 10 jari.

 

Posisi Jari yang Benar Saat Mengetik 10 Jari

Berbeda dengan mengetik menggunakan 2 jari atau mungkin 4 jari yang tidak perlu memperhatikan posisi jari-jari yang bertugas menekan tombol tertentu pada keyboard, dalam mengetik menggunakan 10 jari, kita perlu memperhatikan posisi-posisi jari kita di keyboard.

Sadarkah anda ada tonjolan kecil di tombol huruf J dan F? Ternyata itu berfungsi untuk petunjuk penempatan jari telunjuk kita jika mengetik menggunakan 10 jari.

tonjolan keyboard untuk mengetik dengan 10 jari
sumber: thestorypedia.com

Empat jari pada tangan kiri dari telunjuk sampai kelingking berada pada huruf F sampai A sedangkan empat jari pada tangan kiri dari telunjuk sampai kelingking berada pada huruf J sampai tanda ; (titik koma). Untuk ibu jari nantinya akan digunakan untuk menekan tombol spasi.

posisi mengetik cepat 10 jari
sumber: onehandkeyboard.org

Perhatikan gambar di atas. Warna jingga dan biru adalah tombol-tombol yang ditekan oleh jari telunjuk, warna coklat oleh jari tengah, warna hijau oleh jari manis dan yang terkahir warna kuning oleh jari kelingking.

 

Aplikasi Untuk Belajar Mengetik 10 Jari

Setelah mengetahui posisi-posisi jari yang benar dan tugas-tugasnya pada keyboard, kita perlu mencari media untuk belajar mengetik dengan 10 jari supaya bisa lebih dalam mempelajari ini. Selain itu, dengan menggunakan media-media ini, belajar mengetik menjadi tidak membosankan.

Anda dapat mengetahui cara cepat mengetik 10 jari melalui aplikasi-aplikasi ini, anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada di dalamnya. Biasanya dalam aplikasi-aplikasi ini, kita diajarkan secara bertahap mulai dari 2 huruf lalu berlanjut menjadi 4 huruf dan seterusnya. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa aplikasi ini.

1. Typesy

Nama dari produk aplikasi belajar mengetik yang satu ini sebelumnya adalah Ultimate Typing yang kemudian berganti nama menjadi Typesy. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang pastinya akan membuat anda dapat menguasai mengetik menggunakan 10 jari dengan lebih cepat.

Aplikasi ini terdapat video tutorial berisi tahap demi tahap mengetik dengan cepat. Dalam aplikasi ini juga terdapat game mengetik supaya anda tidak bosan. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini anda dapat membelinya di website resminya typesy.com

2. Ultrakey

Selain typesy, aplikasi belajar mengetik yang juga populer adalah ultrakey. Aplikasi ini memiliki beberapa versi yaitu UltraKey Online, Home Edition, Professional Edition dan Cloud Service. Menurut aplikasi ini, anda bisa menguasai kemampuan mengetik lebih baik dari yang anda pikirkan setelah menggunakan selama 8 jam atau 20 menit sehari. Jika anda tertarik untuk memiliki software ini, anda bisa mendapatkannya di www.bytesoflearning.com

3. Typing Master

Ini adalah aplikasi belajar mengetik yang saya rekomendasikan karena saya pernah mencoba menggunakan aplikasi ini. Di sini anda akan diajarkan langkah demi langkah menggunakan latihan visual untuk membantu anda belajar dengan cepat penempatan tombol keyboard.

aplikasi belajar mengetik

Dalam aplikasi ini juga tersedia game mengetik dan tes untuk mengetahui kemampuan anda dalam mengetik 10 jari. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di www.typingmaster.com

Masih ada lagi aplikasi-aplikasi yang belum saya sebutkan seperti KeyBlaze, GS Typing Tutor, Rapid Typing dan Typing Instructor Platinum. Pada dasarnya, hampir dari semuanya memiliki konsep yang sama dalam memberikan materi. Yang membedakan adalah dari fitur dan tampilan aplikasi tersebut.

 

 

Belajar Mengetik 10 Jari Langsung Secara Online

Jika anda tidak mau mengunduh atau membeli aplikasi-aplikasi tadi, belajar melalui browser bisa menjadi pilihan untuk anda. Anda hanya membutuhkan browser dan koneksi internet. Hanya saja fitur-fitur yang diperoleh tidak sebanyak apabila anda belajar menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah saya sebutkan di atas.

1. Typing.com

belajar mengetik 10 jari untuk pemula di typing.com

Website ini memiliki tampilan dan materi yang sangat bagus. Domain dari website ini pun sangat singkat sehingga sangat mudah untuk diingat. Di sini terdapat tingkatan kesulitan pelajaran mulai dari beginner, intermediate dan advanced. Terdapat juga permainan dan ujian mengetik di website ini yang pastinya tidak akan membuat anda bosan.

2. typeonline.co.uk

Tampilan dari website ini sangat sederhana dan pelajaran yang disajikan pun sangat tidak interaktif. Website ini sangat cocok untuk anda yang memiliki koneksi internet yang lambat karena untuk memuat halaman dari typeonline.co.uk ini sangatlah cepat

3. TypingTutor-online.com

Bagi anda yang memiliki koneksi yang kurang cepat dan menginginkan panduan yang agak interaktif maka website ini bisa dijadikan tempat belajar mengetik anda. Di sini anda juga bisa mengganti tata letak huruf pada keyboard apabila keyboard yang anda gunakan bukanlah keyboard qwerty pada umumnya.

 

Lalu Bagaimana Cara Cepat Mengetik 10 Jari?

Jika anda sudah menguasai cara mengetik 10 jari dan sudah hafal letak-letak huruf pada keyboard tanpa melihat, anda sudah dikatakan berhasil menjadi seorang pengetik 10 jari. Tapi bagaimana agar kemampuan mengetik 10 jari ini menjadi lebih cepat? Ini mungkin muncul di benak anda saat anda merasa kecepatan mengetik anda masih lambat. Ini ada sedikit tips dari saya supaya kecepatan mengetik anda dapat meningkat.

– Paksakan Diri untuk Mengetik Menggunakan 10 Jari

foto cara cepat mengetik 10 jari
sumber: freeimages.co.uk

Di saat anda bosan mengetik menggunakan sepuluh jari karena merasa kecepatannya justru menurun, anda akan cenderung kembali ke kebiasaan lama mengetik menggunakan 2 jari. Paksakan diri anda untuk tetap mengetik menggunakan 10 jari walaupun anda sedang mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan di kantor. Dengan memaksakan diri, anda akan semakin terbiasa dan kecepatan mengetik pun lama kelamaan akan semakin meningkat. Ada pepatah mengatakan bisa karena terbiasa.

Jika anda masih belum terlalu hafal dengan letak dari huruf-huruf yang ada pada keyboard, anda bisa melihat ke keyboard namun harus tetap menggunakan 10 jari. Lama-kelamaan anda akan hafal dan lancar dengan sendirinya. Cara ini juga yang dulu saya lakukan saat belum terlalu lancar mengetik menggunakan 10 jari.

– Balapan Mengetik di TypeRacer.com

typeracer game mengetik cepat
TypeRacer

Ada kalanya pula anda bosan menggunakan cara yang sama untuk membiasakan cara mengetik yang baru, anda bisa mencoba adu kecepatan mengetik dengan teman anda. Di website ini anda harus menulis artikel singkat yang telah disediakan untuk membawa mobil yang ada ke garis finish. Jika ingin menantang teman, anda bisa masuk ke halaman “race your friend” dan undang teman anda untuk masuk ke ruangan anda dengan memberikan link yang telah disediakan.

Itulah cara cepat mengetik 10 jari yang telah saya jabarkan di atas. Semoga kemampuan mengetik anda menjadi lebih baik lagi

Support by : ahmadchels

Leave a Comment