Begini Cara Melatih dan Kelebihan dari Otak Kanan

Otak Latihan Fitnes
sumber: linkedin.com

Otak adalah pusat sistem saraf. Otak merupakan organ terpenting pada tubuh manusia yang memiliki volume sekitar 1.350 cc dan mempunyai 100 juta sel saraf. Otak memiliki fungsi untuk mengatur gerakan manusia, perilaku dan fungsi tubuh manusia. Selain itu, otak juga memiliki fungsi mengatur tekanan darah di dalam tubuh.

Jika otak mati, maka semua saraf seperti saraf jantung, ginjal dan semua saraf yang terhubung ke otak akan mati, akibatnya manusia akan mati. Jika dalam satu detik jantung, ginjal atau hati berhenti bekerja, maka manusia tidak akan mati tapi jika otak yang berhenti bekerja maka manusia akan mati.

Otak kita terbagi menjadi dua belah, yaitu otak kiri dan otak kanan. Masing-masing dari dua belah otak tersebut memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Dua belah otak kanan dan kiri ini terhubung dengan kabel saraf. Lalu apa fungsi dan tugas dari otak kiri dan kanan?

 

Perbedaan Fungsi antara Otak Kiri dan Kanan

Perbedaan antara otak kiri dan kanan lebih mengarah ke cara berpikir dan menyerap sesuatu. Untuk bagian-bagian otak sendiri, ada 4 bagian di otak yaitu otak besar, otak kecil, batang otak dan sistem limbik. Tapi karena artikel ini membicarakan tentang cara melatih otak kanan, maka saya tidak akan membahas tentang 4 bagian otak tersebut.

otak kiri dan otak kanan
Otak Kanan dan Otak Kiri (sumber: playbuzz.com)

Otak Kiri

Otak kiri memiliki fungsi untuk mengontrol anggota tubuh bagian kanan. Otak kiri memiliki perilaku berpikir tentang sesuatu yang berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan logika seperti

  • Angka-angka
  • Susunan huruf
  • Bahasa
  • Menulis
  • Analisa
  • Obyektifitas
  • Berbicara
  • Pertimbangan

Otak Kanan

Jika otak kiri mengontrol anggota tubuh bagian kanan, maka otak kanan berfungsi mengontrol anggota tubuh bagian kiri. Otak kanan memiliki perilaku berpikir tentang sesuatu yang berkaitan dengan kreativitas dan seni seperti

  • Bentuk 3 Dimensi
  • Musik
  • Imajinasi
  • Inovasi
  • Gagasan
  • Intuisi
  • Emosi
  • Kreatifitas
  • Subyektifitas
  • Penyatuan

 

Kenapa Harus Melatih Otak Kanan

Otak kanan memiliki ingatan jangka panjang. Dengan begitu ingatan kita akan jauh lebih bertahan di memori apabila otak kanan kita yang bekerja. Contohnya adalah tanggal berapa wisuda saat anda SMA? Pasti kebanyakan dari anda tidak ingat dengan tanggalnya kecuali anda mencatatnya atau mengingatnya terus-menerus.

memori otak
sumber: shawellnessclinic.com

Tapi jika saya tanya apa pakaian yang anda kenakan saat wisuda SMA? Sebagian dari anda pasti masih mengingatnya. Itu dikarenakan kita merekam memori tersebut menggunakan otak kanan sedangkan untuk tanggal wisuda otak kiri kita yang menangkap informasi itu.

Selain itu, otak kanan menggunakan kreativitas untuk memecahkan suatu masalah. Orang-orang yang dominan otak kanannya tidak terlalu banyak pertimbangan dalam melakukan sesuatu.

 

Cara Melatih Otak Kanan

Agar bekerja lebih aktif, otak kanan perlu secara rutin dilatih. Ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk melatih otak bagian kanan. Anda bisa melakukan semuanya sekaligus atau satu persatu tergantung selera dan kemampuan anda sendiri.

1. Menjadi Kidal atau Sebaliknya

Lakukanlah kegiatan-kegiatan ini dengan tangan yang tidak dominan. Jika biasanya anda menggunakan tangan kanan untuk melakukan kegiatan-kegiatan ini, maka gunakan tangan kiri sebagai gantinya. Lakukan sebaliknya jika anda lebih dominan tangan kiri. Kegiatan-kegiatan yang bisa anda lakukan dengan tangan yang bukan dominan adalah

  • Menggunakan handphone
  • Menulis
  • Menggosok gigi
  • Membuka pintu

Untuk kegiatan-kegiatan tertentu seperti makan dan membersihkan kotoran setelah buang air kecil maupun besar, anda tetap harus menggunakan tangan yang semestinya.

2. Membaca Novel atau Cerita Pendek

buku novel
Novel (sumber: shc.stanford.edu)

Membaca adalah kegiatan yang melibatkan kerja otak kiri. Namun dengan membaca novel atau cerita pendek, maka otak kanan juga akan bekerja untuk memproses alur dan isi cerita melalui imajinasi. Menurut studi dari Dr. Nikolaos Scarmeas, membaca dapat membantu membangun cadangan kognitif untuk menunda timbulnya demensia.

3. Menulis Cerita

menulis buku
Menulis Cerita (sumber: biographywritingservices.com)

Selain membaca cerita, menulis cerita juga mampu melatih otak kanan kita. Jika saat membaca, kita hanya mengaktifkan imajinasi kita lewat kata-kata yang sudah ada sedangkan dengan menulis kita berimajinasi sekaligus merangkai alur dan isi cerita yang akan anda tuliskan. Menurut saya menulis cerita jauh lebih efektif untuk melatih otak kanan dibandingkan membaca cerita.

4. Bermain Musik

Bermain musik juga termasuk cara untuk melatihh otak kanan. Sudah jelas hal ini dikarenakan musik merupakan salah satu hal yang berkaitan dengan otak kanan.

5. Menggambar

menggambar
Menggambar (sumber: youtube.com)

Selain bermain musik, hal lain yang memerlukan kerja dari otak kanan adalah menggambar. Dengan begitu, membiasakan menggambar terutama untuk gambar yang kompleks seperti menggambar kota buatan kita sendiri dapat mempertajam imajinasi sehingga otak kanan akan lebih terlatih.

6. Olahraga

bola basket
Bola Basket (sumber: stream.nbcolympics.com)

Olahraga selain melatih tubuh kita menjadi lebih lincah, kuat dan sehat juga melatih otak kanan kita. Olahraga permainan seperti sepak bola, basket, tenis, voli, bulu tangkis, dll memerlukan strategi sekaligus membutuhkan visualisasi saat bermain sehingga otak kanan kita juga ikut bekerja saat melakukan olahraga permainan.

Itulah tadi kelebihan yang dimiliki otak kanan serta cara melatihnya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment