Ingin Nostalgia? Yuk Buat Es Gabus Hanya dengan 5 Langkah Mudah Ini

Cara Membuat Es Gabus – Bagi anda yang lahir di era 80 sampai 90an pasti tau dengan jajanan es yang satu ini. Walaupun hanya dibungkus plastik tipis tapi selalu diburu habis oleh anak-anak setelah pulang sekolah.

Sayangnya sekarang ini sudah jarang sekali penjual es gabus. Jadi bagi anda yang ingin menikmati es yang satu ini untuk bernostalgia, maka mau tidak mau kita harus membuatnya sendiri. Jangan khawatir karena langkah-langkah yang perlu dilakukan tidaklah sulit.

 

Bahan-Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Es Gabus

Bahan yang diperlukan untuk membuat es gabus terbilang mudah dan mudah untuk ditemukan di toko-toko. Yang perlu dipersiapkan adalah dikutip dari brilio.net yang bersumber dari resep cookpad milik Maryam Humaira

  • Satu bungkus tepung hunkwe
  • 250 gram gula pasir
  • 1/5 sendok teh garam
  • 900 ml santan
  • Pewarna makanan sesuai selera

Apabila semua bahan telah siap, kita bisa langsung menuju ke langkah pembuatan

 

Langkah Cara MembuatĀ Es Gabus

Langkah yang perlu dilakukan untuk membuat es gabus pun sangatlah mudah. Cukup lakukan dengan 5 langkah mudah ini, es gabus sudah siap untuk dinikmati.

Langkah Pertama

langkah pertama cara membuat es gabus
sumber: brilio.net

Campur semua bahan yang telah dipersiapkan kecuali pewarna makanan ke dalam panci lalu aduk sampai rata

Langkah Kedua

langkah dua membuat es gabus
sumber: brilio.net

Letakkan panci tadi di atas kompor dan nyalakan api kecil. Aduk terus secara perlahan-lahan sampai semua bahan mengental dan mendidih

Langkah Ketiga

langkah 3 cara membuat es gabus
sumber: brilio.net

Jika sudah, matikan api dan tambahkan 6 tetes pewarna makanan yang telah anda pilih warnanya sesuai selera. Aduk kembali sampai warnanya berubah

Langkah Keempat

Tuang ke dalam sebuah tempat atau cetakan yang berbentuk persegi panjang dan diamkan selama beberapa jam sampai dingin dan mengeras.

Langkah Kelima

es gabus buatan sendiri
sumber: brilio.net

Jika sudah, potong es gabus menjadi beberapa bagian dan bungkus dengan plastik. Masukkan ke dalam freezer hingga benar-benar mengeras

Nah sekarang anda sudah bisa bernostalgia masa-masa kecil dulu. Anda pun juga bisa membagikannya kepada teman-teman anda atau mungkin menjadikannya sebagai bisnis kecil-kecilan.

 

Cara Modifikasi Rasa Pada Es Gabus

And pun juga bisa melakukan modifikasi rasa pada es gabus apabila merasa rasa dihasilkanĀ dari cara yang telah saya tuliskan di atas terlalu biasa. Anda dapat menambahkan 1 sachet milo dan 1 sachet susu kental manis untuk menghasilkan es gabus rasa coklat lembut. Selain itu, anda juga bisa menambahkan parutan kelapa pada campuran bahan untuk membuat es gabus semakin gurih.

Selain modifikasi rasa, anda juga bisa memodifikasi warna dengan menambahkankan varian warna yang ada. Dengan memberikan warna yang berbeda-beda, maka akan dihasilkan es gabus pelangi. Apabila ingin membuat es gabus pelangi ini, maka warna yang diberikan pun tidak bisa dilakukan langsung dalam satu adonan. Adonan bahan yang telah mengental dipisahkan menjadi beberapa bagian lalu baru diberi warna.

Setelah adonan-adonan yang telah dipisahkan tersebut telah mengeras semuanya, barulah gabungkan ke dalam plastik dan masukkan ke dalam freezer agar lebih mengeras lagi.

cara membuat es gabus pelangi
sumber: idntimes.com

Leave a Comment