Cara Memegang Raket Bulutangkis dan Tenis yang Benar

Cara Memegang Raket Bulutangkis dan Tenis – Bulu Tangkis merupakan sebuah olahraga yang dimainkan dengan raket dan cock. Olahraga ini kemungkinan berkembing di Mesir Kuno pada sekitar 2000 tahun yang lalu. Namun juga ada yang menyebutkan bahwa olahraga ini berkembang di India dan China.

cara memegang raket bulutangkis
sumber: maryfieldcollege.ie

Sedangkan tenis konsepnya sama dengan bulu tangkis, hanya saja cocknya diganti dengan bola karet kecil dan ukuran raketnya lebih besar daripada raket bulu tangkis. Asal mula dari permainan tenis masih menjadi perdebatan. Beberapa orang berpendapat bahwa Mesir, Yunani dan Romawi Kuno telah memainkan suatu permainan yang menjadi cikal bakal permainan tenis ini.

Oke, daripada terlalu lama, mari kita bahas cara memegang raket bulutangkis dan tenis di bawah ini.

 

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis

Teknik dalam memegang raket menjadi poin penting dalam bermain bulu tangkis yang benar. Teknik-teknik pukulan yang dilakukan dalam bermain bulu tangkis sangat dipengaruhi oleh cara tangan kita memegang raket. Jika cara memegang raket kita salah, maka akan sulit untuk melakukan teknik-teknik pukulan yang baik.

Teknik Forehand Grip

cara memegang dengan teknik forehand grip
sumber: ytimg.com

1. Pegang raket membentuk huruf “V” atau seperti mau berjabat tangan
2. Gunakan jari tengah, jari manis dan jari kelingking untung menggenggam raket dan jari telunjuk diletakkan agak terpisah dari ketiga jari tadi
3. Ibu jari diletakkan di antara jari telunjuk dan ketiga jari tadi

Teknik Backhand Grip

cara memegang dengan teknik backhand grip
sumber: ytimg.com

Untuk teknik yang backhand grip yang satu ini, geser sedikit yang membentuk huruf “V” ke arah dalam dan bantalan ibu jari diletakkan pada pegangan raket yang lebih lebar.

 

Cara Memegang Raket Tenis

Sama halnya seperti bulu tangkis. Teknik memegang raket pada tenis sangat mempengaruhi kualitas dari pukulan bola yang kita dapatkan. Maka dari itu, kita perlu untuk mempelajarinya karena hal ini merupakan pelajaran mendasar dalam mempelajari tenis.

Teknik Eastern Grip

Cara memegang raket tenis yang pertama adalah menggunakan eastern grip. Jenis genggaman ini cocok untuk pukulan bola tinggi dan rendah. Cara melakukan pegangan eastern grip adalah

1. Pegang leher raket menggunakan tangan kiri
2. Pegang gagang raket menggunakan tangan kanan
3. Untuk pegangan tangan kanan, antara ibu jari dan telunjuk membentuk huru “V”. Pegangan ini mirip seperti orang berjabat tangan dengan telapak tangan dekat bidang yang rata.

Teknik Continental Grip

Yang kedua adalah menggunakan genggaman continental grip. Genggaman jenis ini cocok untuk pukulan pendek menyilang lapangan dan lenturan bola rendah. Namun, genggaman ini tidak cocok untuk bola yang melambung tinggi karena akan menyebabkan tangan sakit. Untuk melakukan genggaman ini adalah pegang tangkai raket dengan telapak tangan berada di bagian atas raket dan ibu jari memanjang dada di bagaian muka tangkai raket

Teknik Western Grip

Genggaman western grip sangat cocok untuk bola tinggi dan bola setinggi pinggang. Genggaman jenis ini sulit untuk dilakukan pada bola-bola rendah. Cara melakukan genggaman ini adalah

1. Telapak tangan memegang bawah gagang raket.
2. Ibu jari berada di samping gagang dan jari lainnya juga ikut merapat di samping gagang raket

 

Itulah tadi berbagai cara memegang raket bulutangkis dan tenis yang benar agar permainan menjadi semakin lebih baik. Semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber: Wikipedia dan tutorialolahraga.com

Leave a Comment