Cara Mencegah Batuk dengan 4 Langkah Sederhana

Gambar Orang Batuk
sumber: urbol.com

Batuk merupakan penyakit umum yang paling sering menyerang. Anak-anak hingga orang dewasa dapat terkena penyakit batuk. Apabila batuk ini telah menyerang tenggorokan kita, maka aktivitas sehari-hari kita akan menjadi terganggu.

Batuk biasanya disebabkan oleh reaksi tubuh saat terjadi iritasi pada ternggorokan yang disebabkan oleh asap polusi, debu, gorengan, makan makanan manis dan masih banyak lagi.

 

Jenis-Jenis Batuk

Batuk yang sering kita alami terbagi dalam beberapa jenis. Namun untuk yang umum, batuk terbagi menjadi dua yaitu batuk kering dan berdahak

1. Batuk Kering

Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dahak. Biasanya batuk ini mengeluarkan suara yang tajam serta rasa sakit pada tenggorokan

2. Batuk Berdahak

Batuk berdahak adalah batuk yang disertai cairan atau biasa disebut dengan dahak yang membuat kita jadi sulit untuk berbicara. Biasanya batuk berdahak disertai dengan flu.

 

Penyebab Batuk

Batuk yang sering menyerang kita ini memiliki banyak sekali penyebab. Dengan mengetahui penyebab dari batuk ini, anda bisa meminimalisir datangnya batuk dengan cara menghindarinya.

Infeksi Saluran Pernafasan

Ini adalah penyebab utama yang biasa terjadi pada orang yang mengalami batuk. Untuk penyebab yang satu ini memang sulit untuk dihindari karena infeksi saluran pernafasan itu sendiri terjadi karena beberapa faktor.

Dengan terjadinya infeksi pada saluran pernafasan ini, maka tenggorokan kita akan bereaksi dan kita menjadi batuk.

Alergi

Selain infeksi pada saluran pernafasan, batuk juga dapat disebabkan oleh adanya alergi pada tubuh kita. Alergi disebabkan oleh reaksi tidak normal pada tubuh terhadap suatu zat yang biasanya tidak berbahaya pada suatu lingkungan.

Benda Asing yang Masuk

Serbuk Sari
sumber: immunovent.com

Benda asing yang kecil dan berterbangan dapat juga menyebabkan batuk. Benda asing tersebut dapat berupa debu, serbuk sari, bulu binatang, dll. Apabila benda asing tersebut masuk ke dalam tubuh, maka akan terjadi reaksi batuk untuk mengeluarkan benda asing tersebut.

Tersedak Minuman Susu atau Manis

Tersedak diakibatkan oleh masuknya benda asing ke dalam tenggorokan jalur udara. Tersedak juga bisa disebabkan apabila air yang kita minum salah masuk jalur tenggorokan.

Apabila kita tersedak, maka otomatis kita akan batuk secara tiba-tiba. Apabila minuman tersebut mengandung gula, kemungkinan akan menyebabkan tenggorokan menjadi tidak nyaman sehingga kita menjadi batuk.

Asma

Asma ditandai dengan penyempitan saluran nafas yang menimbulkan sulit bernafas. Selain sulit bernafas, biasanya penderita asma juga mengalami gejala lain seperti batuk.

Asap Rokok dan Polusi

Polusi Udara
Polusi Udara (sumber: emaze.com)

Asap rokok dan polusi adalah yang paling sering menyebabkan batuk. Asap yang masuk berusaha dikeluarkan oleh tubuh melalui batuk.

Makanan Berminyak

Gorengan
Beraneka Macam Gorengan (sumber: majalahkesehatan.com)

Makan makanan yang berminyak seperti ayam goreng, tempe goreng, pisang goreng memang sangat enak. Apalagi orang Indonesia sangat suka makan gorengan yang terdapat banyak sekali minyak. Dengan makan makanan yang berminyak, maka tubuh kita akan mengalami panas dalam yang salah satu tandanya adalah panas dalam.

 

Cara Mencegah Batuk

Semoga dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan ini, anda bisa terhindar dari penyakit batuk.

Perbanyak Minum Air Putih

Air Putih
sumber: shepleyspring.co.uk

Sudah bukan rahasia lagi kalau minum air putih dapat mencegah penyakit batuk. Tidak hanya batuk, bahkan penyakit lainnya juga dapat terhindarkan dengan memperbanyak minum air putih.

Kurangi Makanan dan Minuman Manis, Dingin dan Mengandung Minyak

Makanan dan minuman yang manis, dingin dan mengandung minyak memang merupakan sesuatu yang sangat menggoda. Tapi sebaiknya makanan dan minuman yang seperti ini dikurangi untuk mencegah terjadinya batuk.

Tapi jika anda masih tidak bisa untuk mengurangi porsi makanan dan minuman yang manis, dingin dan berminyak, anda harus lebih banyak lagi minum air putih

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tubuh bukan hanya berfungsi untuk mencegah batuk namun juga berfungsi untuk mencegah penyakit lainnya.

Buah-buahan
sumber: pixabay.com

Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Di antaranya adalah tidur yang cukup, olahraga, kelola stres, banyak makan buah dan sayuran, konsumsi bawang putih dan masih banyak lagi.

Gunakan Masker

Masker yang digunakan disini bukanlah masker wajah karena kita tidak berniat untuk membersihkan wajah tapi masker yang digunakan adalah masker kesehatan.

Masker Kesehatan
Masker Kesehatan (sumber: zamsnews.net)

Dengan menggunakan masker ini, maka segala macam benda kecil asing dari luar seperti debu, asap rokok, serbuk sari dapat dicegah untuk masuk ke dalam tubuh.

Itu tadi langkah-langkah yang dapat anda terapkan untuk mencegah penyakit batuk. Semoga dengan menerapkan langkah-langkah di atas, anda bisa terhindarkan dari segala penyakit terutama penyakit batuk.

Leave a Comment