Cara Mencuci Tangan yang Benar dalam 8 Langkah

Cara Mencuci Tangan yang Benar – Apakah anda sudah mencuci tangan sebelum makan? Kegiatan ini sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal dengan mencuci tangan, kita bisa bebas dari bakteri yang bersarang di tangan dan bebas dari penyakit yang ditimbulkan dari bakter itu sendiri.

gambar cara mencuci tangan yang benar
sumber: anuradhaindustries.com

Adapun jika sudah terbiasa melakukannya pun masih banyak orang yang belum benar sehingga kotoran yang terdapat pada tangan tidak bersih secara maksimal. Maka dari itu kita perlu mengetahui cara mencuci tangan yang benar melalui artikel ini. Tapi sebelum ke sana, kita perlu tahu saat kapan saja kita harus cuci tangan dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan.

 

Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan

Tidak mungkin kita melakukan cuci tangan setiap saat untuk menghilangkan kuman atau bakteri yang ada di tangan kita karena justru akan malas melakukannya. Sebaiknya kita mencuci tangan setelah menyetuh sesuatu terutama yang sering disentuh oleh orang lain seperti troli saat belanja, uang, dll.

Jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan setiap habis menyentuh sesuatu, maka waktu-waktu ini yang perlu anda perhatikan :

  • Sebelum dan setelah makan
  • Sebelum dan setelah masak
  • Setelah buang air besar atau kecil
  • Setelah menyentuh benda yang kotor

 

Manfaat Mencuci Tangan dengan Benar

Tentu saja dari setiap perbuatan baik pasti ada manfaat di dalamnya. Begitu pun dengan kegiatan ini, apabila dilakukan dengan benar maka anda akan memperoleh banyak manfaat darinya.

1. Menghilangkan Kotoran dan Lemak pada Tangan

Ini adalah manfaat yang paling kita rasakan setelah cuci tangan. Yang tadinya tangan kita kotor atau berminyak menjadi bersih.

2. Menghilangkan Kuman dan Bakteri pada Tangan

Selain kotoran dan lemak, kuman dan bakteri juga ikut hilang setelah kita mencuci tangan. Bakteri dan kuman yang hilang ini tidak akan terlihat perbedaannya sebelum dan setelah mencuci seperti kotoran dan lemak yang terlihat.

Tangan yang tidak dari kotoran dan lemaknya belum tentu terbebas dari kuman dan bakteri. Maka dari itu sering-seringlah mencuci tangan walaupun kotoran tidak terlihat terutama pada waktu-waktu yang telah disebutkan tadi. Journal of Environmental Research and Public Health menyatakan bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat menghilangkan lebih dari 92% kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan.

3. Mencegah berbagai Penyakit yang Disebabkan oleh Kuman

Karena mencuci tangan dapat menghilangkan kuman yang ada di tangan kita, maka otomatis berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman dapat dicegah. Penyakit yang disebabkan oleh kuman di antaranya adalah diare, disentri, radang tenggorokan, masalah saluran pernafasan, iritasi kulit, mata merah, biang keringat, bau badan dan tipus.

4. Mencegah Terjadinya Penularan Penyakit

Penularan penyakit dapat terjadi di saat kita berinteraksi dengan orang yang sedang sakit. Itulah mengapa dianjurkan mencuci tangan setelah berjabat dengan orang yang sakit atau berkunjung ke rumah sakit.

 

Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Setelah mengetahui manfaat-manfaat yang bisa didapatkan, sekarang kita bahas tentang cara mencuci tangan yang benar agar kebersihan yang didapatkan bisa lebih maksimal.

1. Basahi Kedua Tangan dengan Air Bersih

langkah pertama cara mencuci tangan yang benar
sumber: scullyfirstaidsupplies.ie

Seperti biasa, basahi kedua tangan anda dengan air bersih yang mengalir lalu ambil sabun untuk mencuci tangan.

2. Gosok Kedua Telapak Tangan

langkah kedua mencuci tangan dengan benar
sumber: scullyfirstaidsupplies.ie

3. Gosok Kedua Punggung Tangan Secara Bergantian

langkah 3 mencuci tangan sebelum makan
sumber: scullyfirstaidsupplies.ie

 

4. Bersihkan Sela-Sela Jari

langkah 4 cuci tangan
sumber: scullyfirstaidsupplies.ie

5. Bersihkan Ujung Jari

langkah 5 cara mencuci tangan yang benar
sumber: scullyfirstaidsupplies.ie

Bersihkan ujung jari dengan cara mengatupkan tangan sehingga ujung jari dapat terjangkau semua.

6. Gosok dan Putar Ibu Jari Secara Bergantian

step 6
sumber: scullyfirstaidsupplies.ie

7. Letakkan Semua Ujung Jari pada Telapak Tangan dan Gosok Secara Perlahan

langkah 7
sumber: scullyfirstaidsupplies.ie

8. Bersihkan Kedua Pergelangan Tangan

Lakukan secara bergantian dengan cara memutar. Akhiri dengan membilas kembali tangan dengan air bersih yang mengalir.

Dengan mengikuti tujuh langkah di atas, maka semua bagian di tangan bisa terjangkau dan bebas dari kotoran yang menempel. Sekarang kita bahas bahaya-bahaya yang bisa didapatkan jika tidak mencuci tangan sebelum makan agar semakin giat lagi.

 

Bahaya Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan

Saat yang paling penting untuk mencuci tangan adalah sebelum makan. Karena dari makan itulah semua kuman yang ada di tangan bisa masuk ke tubuh. Inilah akibat tidak mencuci tangan sebelum makan.

1. Diare

Sudah bukan rahasia lagi apabila tidak mencuci tangan sebelum makan dapat meningkatkan resiko terserang diare. Ini disebabkann karena bakteri atau virus yang ada di tangan masuk melaui makanan. Usus yang tidak dapat menerima bakteri tersebut sehingga membuat reaksi diare.

2. Terserang Bakteri E. Colli

Bakteri ini biasanya berasal dari tempat umum seperti toilet umum. Jika anda tidak mencuci tangan seteleh menggunakan toilet umum, maka telur dari bakteri ini dapat masuk ke saluran pencernaan secara langsung. Bakteri E. colli dapat menyebabkan diare yang berat, nyeri perut yang parah, kram perut dan yang paling parah adalah dapat menyebabkan gagal ginjal apabla tidak segar diobati.

3. Keracunan Bakteri Salmonella

Selain bakteri E. colli, bakteri ini juga menyebar secara langsung melalui berbagai tempat. Makan sayuran mentah yang tidak dicuci juga salah satu penyebabnya. Bakteri ini dapat hidup dalam usus dan saluran pencernaan lainnya. Tanda keracunan bakteri salmonella adalah sakit perut, diare, mual, muntah dan keringat dingin.

4. Tertular Flu atau Pilek

Sakit Flu akibat tidak cuci tangan sebelum makan
sumber: mensfitness.com

Ini merupakan akibat paling sering dari tidak mencuci tangan sebelum makan. Penularan terjadi melalui sentuhan dengan orang lain atau pemakaian fasilitas umum. Virus flu  yang sudah berpindah tangan akan menyebar dengan sangat cepat melalui saluran pernafasan atau masuk ke dalam tubuh melalui makanan.

5. Terserang Penyakit Infeksi Tenggorokan

Bakteri yang menempel pada tangan akan masuk ke dalam saluran tenggorokan dan berhubungan langsung dengan lendir. Bakteri akan tinggal di lendir dan berkembang sehingga menyebabkan infeksi tenggorokan terjadi.

6. Resiko Radang Pernafasan

Penyakit radang pernafasan menyebabkan batuk, sesak nafas, flu dan radang tenggorokan. Penyakit ini dapat menyebar melalui virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Maka dari itu mencuci tangan yang benar dapat menghilangkan virus atau bakteri sehingga resiko radang pernafasan dapat diminimalisir.

Cukup sekian artikel manfaat dan cara mencuci tangan yang benar serta akibat yang dapat ditimbulkan apabila tidak melakukannya sebelum makan. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Cara Mencuci Tangan yang Benar dalam 8 Langkah

Leave a Comment