Cara Mengobati Secara Alami dan Mencegah Mata Merah

Mata
sumber: eyeemporium.co.tz

Mata merah merupakan gangguan mata paling sering dialami oleh banyak orang. Kondisi mata merah biasanya disertai dengan rasa gatal dan mata berair. Jika sudah seperti itu, maka aktivitas sehari-hari akan menjadi terganggu karena rasa tidak nyaman pada mata kita.

Mata merah terjadi karena terjadinya peradangan pada selaput-selaput yang menutupi bagian putih mata dan selaput-selaput di bagian dalam kelopak mata. Penanganan pada mata merah sangat penting agar aktivitas harian kita dapat kembali berjalan dengan normal. Artikel ini akan memberitahu anda cara mengobati mata merah secara alami. Tapi sebelum ke cara mengobati mata merah, mari kita ketahui penyebab mata merah.

 

Penyebab Mata Merah

Tidak mungkin mata merah terjadi begitu saja. Terjadinya mata merah dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mata merah biasanya disebabkan oleh debu, virus, bakteri dan masih banyak lagi. Ini dia penyebab-penyebab yang dapat menimbulkan kondisi mata merah.

Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah peradangan yang terjadi pada konjungtiva (selaput mata) yang merupakan jaringan tipis yang menutupi mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata sehingga pembuluh darah di mata mengalami pembengkakan. Karena pembengkakan yang terjadi, maka mata akan terlihat merah.

Mata Kering

Mata kering merupakan suatu kondisi gagalnya produksi air mata yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembaban mata. Penyebab dari mata kering biasanya dikarenakan terlalu lama di depat komputer, berada di ruangan ber-AC, perjalanan menggunakan pesawat dan sering bersepeda.

Bakteri

Bakteri merupakan kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Hampir di semua tempat seperti tanah, udara dan air dapat ditemukan bakteri. Bakteri memang dikenal sebagai penyebab dari berbagai penyakit termasuk mata merah. Bakteri dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Virus

Selain bakteri, yang dapat menyebabkan mata merah adalah virus. Biasanya mata merah yang disebabkan oleh virus ditandai dengan mata yang lebih mudah berair dari biasanya. Jika sudah beberapa hari, maka mata akan berubah menjadi merah.

Mata merah yang disebabkan oleh virus biasanya hanya sebelah mata saja yang berubah menjadi merah. Namun juga memungkinkan dua mata yang berubah menjadi merah apabila virus masuk ke dalam dua mata.

Penggunaan Obat Mata

Obat mata yang seharusnya membuat mata sembuh justru dapat membuat mata merah apabila obat mata tersebut telah terlalu lama terbuka atau kadaluarsa. Bahkan selain membuat mata merah, penggunaan obat mata yang telah kadaluarsa dapat menyebabkan bengkak atau penyakit yang lebih berbahaya pada mata.

Maka dari itu, apabila anda ingin menggunakan obat mata, periksa terlebih dahulu tanggal kadaluarsa dan jangan lupa menutup kembali dengan segera apabila telah digunakan.

Bahan Kimia

Bahan kimia penyebab mata merah
sumber: pinterest.com

Mata yang terkena kimia akan terasa perih. Apabila tidak segera ditangani maka akan menyebabkan mata merah. Maka dari itu, apabila mata terkena bahan kimia sesegera mungkin bersihkan dengan air bersih.

Debu

Sudah bukan rahasia lagi jika debu dapat membuat mata kelilipan dan menjadi merah. Apabila ada debu yang masuk ke dalam mata, maka akan menyebabkan mata terasa perih. Biasanya mata merah yang disebabkan oleh debu tidak begitu gatal karena bukan disebabkan oleh alergi.

 

Cara Mengobati Mata Merah

Mata merah memang sangat mengganggu. Rasa gatal yang ditimbulkan membuat tidak konsentrasi pada pekerjaan yang kita lakukan. Maka dari itu langkah pengobatan harus dilakukan agar mata merah segera sembuh. Ini dia macam-macam cara mengobati mata merah yang dapat anda pilih salah satu.

Air Mawar

Air mawar untuk cara mengobati secara alami dan mencegah mata merah
sumber: lovelylittleom.com

Air mawar dapat menjadi pengobatan praktis untuk mata merah yang bisa anda lakukan di rumah. Cuci mata yang merah dua hingga tiga kali sehari untuk memberikan efek dingin dan menenangkan pada mata.

Mentimun

Mentimun
sumber: lintasnews.com

Menggunakan mentimun untuk mengobati mata merah sangatlah mudah. Cukup iris tipis-tipis mentimun dan letakkan di atas mata. Irisan mentimun dapat memberikan efek dingin sehingga mata menjadi lebih rileks. Mentimun mengandung anti radiasi yang berfungsi mengurangi iritasi, bengkak dan peradangan pada mata.

Kentang

Kentang Rebus
sumber: 75caramenghilangkankomedo.blogspot.com

Selain irisan mentimun, irisan kentang juga dapat mengatasi masalah mata merah. Irisan kentang dapat menghilangkan rasa gatal pada mata dan meredakan mata merah.

Kompres Air Hangat

Jika anda tidak memiliki bahan-bahan di atas, air hangat dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi mata merah. Basahi handuk kecil dengan air hangat dan tempelkan pada mata anda sampai dingin. Ulangi hingga mata merah anda mereda.

Obat Tetes Mata

Bagi anda yang tidak ingin repot menggunakan bahan-bahan di atas untuk mengobati mata merah, obat tetes mata dapat menjadi pilihan anda. Obat tetes mata bisa anda beli di apotek atau minimarket terdekat. Pastikan bahwa obat tetes mata yang anda miliki belum kadaluarsa dan masih bagus kualitasnya.

 

Cara Mencegah Mata Merah

Setelah mengobati mata merah dan sembuh, ada baiknya melakukan langkah-langkah pencegahan agar mata merah yang kita telah sembuhkan tidak datang kembali. Ini dia langkah-langkah pencegahan yang dapat anda lakukan

1. Atur Pencahayaan Dalam Ruangan

Penerangan kantor
sumber: kripalightsmanufacturers.blogspot.co.id

Hindari bekerja pada ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan. Ruangan yang terlalu terang akan menyebabkan mata cepat lelah dan dapat menyebabkan mata merah. Pencahayaan ruangan yang bagus adalah yang tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap.

2. Jangan Mengucek Mata Anda Dengan Tangan

Pada tangan kita terdapat banyak kuman yang tidak terlihat. Dengan mengucek mata terlalu sering juga dapat menyebabkan peradangan pada mata dan mendorong bakteri masuk ke dalam mata. Anda dapat menggunakan kain yang lembut untuk mengusap mata anda yang gatal.

3. Istirahatkan Mata Anda

Komputer
sumber: airestech.com

Bagi anda yang bekerja di depan komputer, ada baiknya untuk mengistirahatkan mata anda setiap 20 menit sekali. Terlalu lama di depan komputer dapat menyebabkan mata kering. Saat mengistirahatkan mata, pandanglah objek yang berwarna hijau yang dapat membuat mata kembali segar. Anda juga dapat melakukan senam mata saat mengistirahatkan mata anda.

Itulah tadi penyebab, cara mengobati secara alami dan mencegah mata merah. Sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment