Cara Mudah Merawat Wajah dengan Bahan Alami

Wajah adalah anggota tubuh yang menjadi perhatian pertama orang lain. Maka dari itu banyak orang menginginkan wajah yang bersih dan cerah. Biasanya perempuan lebih banyak memperhatikan kondisi wajah daripada laki-laki. Beragam cara perawatan mereka lakukan mulai dari perawatan sendiri menggunakan obat-obatan kimia, ke salon sampai ke dokter kecantikan yang menghabiskan uang hingga berjuta-juta hanya untuk perawatan wajah.

Sebenarnya untuk membersihkan wajah, tidak perlu melakukan perawatan mahal. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat wajah anda. Asalkan konsisten dan rutin melakukannya, anda dapat memperoleh wajah yang bersih dan cerah. Kelebihan jika anda menggunakan bahan alami untuk membersihkan wajah adalah biaya yang dikeluarkan tidak banyak dan efek samping lebih sedikit atau mungkin tidak ada sama sekali apabila dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia.

Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang cara merawat wajah menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini sangat mudah ditemukan di rumah anda.

 

Cara Merawat Wajah dengan Bahan Alami

Secara tidak sadar, kita tidak mengetahui bahwa banyak dari bahan-bahan di dapur atau kulkas yang dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan lain selain memasak. Contoh dari kebutuhan itu adalah untuk merawat wajah. Ya, bahan-bahan yang akan saya bahas ini sebagian besar sangat mudah ditemukan dan bahkan mungkin sudah tersedia di rumah anda.

Lidah Buaya

Lidah Buaya
sumber: canaryaloe.es

Dalam lidah buaya terdapat kandungan aloesin yang berfungsi menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit menjadi gelap. Banyak produk-produk kecantikan yang terdapat kandungan lidah buaya di dalamnya.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai bahan untuk merawat wajah, kupas kulit lidah buaya dan dapatkan gelnya. Oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah. Diamkan selama 10 – 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pepaya

Pepaya
sumber: julesmarket.com

Pepaya dapat membantu regenerasi kulit karena pepaya kaya akan enzim papain. Pepaya juga mengandung vitamin A, C dan E yang mampu menutrisi dan melembabkan kulit. Untuk menggunakan pepaya sebagai bahan alami untuk merawat wajah, pepaya dapat dibuat menjadi masker.

Potong pepaya menjadi kecil-kecil dan tumbuk pepaya hingga halus. Oleskan tumbukan pepaya ke wajah secara merata. Diamkan selama selama 10 – 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain dibuat masker, pepaya juga dapat dikomsumsi secara langsung untuk perawatan kulit secara menyeluruh.

Madu

Madu
Madu (sumber: jualvitabumin.com)

Madu adalah produk yang dihasilkan oleh lebah yang memang dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat madu adalah dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah. Selain itu, anda dapat mengonsumsi madu dengan dicampurkan air untuk mencerahkan kulit. Anda dapat mengetahui manfaat lainnya dari mengonsumsi air madu di artikel Manfaat Minum Air Madu Setiap Hari

Untuk menggunakannya, cukup ambil madu secukupnya lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama selama 10 – 20 menit dan bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat melakukannya sekali  sehari.

Tomat

Tomat
sumber: banyakbaca.co.id

Coba cek kulkas atau dapur anda. Saya yakin tomat ini sudah tersedia di rumah anda. Biasanya tomat digunakan untuk membuat sayur karena tomat memang termasuk dalam jenis sayuran. Selain untuk sayur, biasanya tomat digunakan untuk pelengkap sambal. Tomat yang kaya akan vitamin C dan air memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori apabila dikonsumsi.

Untuk menggunakan tomat ini, sama seperti bahan-bahan lainnya yaitu dihaluskan terlebih dahulu lalu dioleskan ke wajah secara merata untuk digunakan sebagai masker. Diamkan selama selama 10 – 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Yogurt

Manfaat yogurt untuk merawat dan mencerahkan kulit sudah tidak diragukan lagi. Yogurt mengandung vitamin B5 yang memiliki manfaat untuk menyamarkan bintik-bintik hitam hitam akibat jerawat dan mencerahkan kulit. Selain itu, asam laktat serta kalsium yang terkandung berfungsi untuk melembabkan kulit.

Campurkan satu sendok makan yogurt dengan sedikit madu dan susu lalu aduk hingga rata. Oleskan ke wajah secara merata dan tunggu selama 10 – 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kentang

sumber: 75caramenghilangkankomedo.blogspot.com
sumber: 75caramenghilangkankomedo.blogspot.com

Kentang merupakan keluarga umbi-umbian yang berasal dari Amerika. Kentang termasuk dalam makanan pokok yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi karena kentang adalah penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Antioksidan yang terdapat pada kentang berfungsi untuk menyamarkan bintik-bintik hitam pada kulit.

Untuk menggunakannya sebagai bahan alami untuk merawat wajah, kupas kulit kentang lalu rebus hingga matang. Potong kentang kecil-kecil lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan susu. Aduk hingga rata dan olehkan pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 – 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Air Beras

Ukuran Air Beras
sumber: florasfoodforay.wordpress.com

Air bekas cucian beras yang biasanya anda langsung buang ternyata juga memiliki manfaat untuk merawat wajah secara alami. Beras mengandung allantion dan asam ferulic yang mampu melindungi dan mencerahkan kulit.

Saat mencuci beras, tuang air cucian ke dalam sebuah wadah dan biarkan hingga mengendap. Gunakan endapan yang telah terbentuk untuk dijadikan masker wajah. Biarkan selama 15 – 30 menit lalu basuk dengan air dingin.

Teh Hijau

Teh Hijau
sumber: cancerfightersthrive.com

Teh hijau biasanya digunakan untuk diet. Selain untuk diet, teh hijau juga dapat digunakan untuk merawat kulit wajah. Kandungan antioksidan yang terkandung pada teh hijau mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit kusam. Selain itu, teh hijau juga dapat mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit.

Untuk menggunakannya, rendam daun teh hijau dalam air panas sekitar 5 – 10 menit. Oleskan larutan teh hijau pada wajah secara merata menggunakan kapas. Bilas dengan air bersih.

Bengkoang

Bengkoang
sumber: flickr.com

Bengkoang sangat nikmat digunakan untuk membuat asinan atau rujak. Selain untuk dikonsumsi secara langsung, bengkoang juga dikenal bagus untuk dijadikan masker wajah. Banyak produk pemutih kulit yang menggunakan bengkoang sebagai bahan utama. Kandungan vitamin C dan B1 yang terdapat pada bengkoang membantu mencerahkan dan memutihkan kulit.

Anda dapat membuat sendiri ramuan bengkoang untuk digunakan sebagai perawatan wajah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

  1. Kupas kulit dan cuci bersih bengkoang
  2. Haluskan bengkoang dengan cara diparut atau diblender
  3. Peras bengkoang
  4. Biarkan perasan bengkoang selama beberapa jam sampai terbentuk endapan

Endapan inilah yang digunakan untuk masker wajah. Oleskan endapan ke wajah secara merata dan diamkan sampai mengering. Bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu.

Mentimun

Mentimun
Mentimun (sumber: lintasnews.com)

Makanan yang sering dijadikan sayur lalapan ini juga dapat anda gunakan untuk merawat wajah. Mentimun dapat mengatasi kekusaman pada kulit, menghambat pigmentasi, menghilangkan bekas jerawat. Selain itu mentimun juga sering dikenal sebagai bahan alami untuk menghilangkan lingkar hitam di sekitar wajah.

Untuk menggunakan cukup mudah. Iris mentimun dan letakkan langsung pada wajah. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat lalu keringkan. Anda dapat melakukannya sebanyak 2 kali sehari untuk mendapat hasil maksimal.

 

Jangan Gunakan Bahan-Bahan Ini Untuk Perawatan Wajah

Bahan-bahan ini juga biasanya sering digunakan untuk perawatan wajah karena bahannya mudah ditemukan. Namun selain hasil yang didapatkan ternyata juga ada efek negatif yang didapatkan apabila anda menggunakan bahan-bahan ini untuk membersihkan wajah. Apa saja bahan-bahan yang sebaiknya tidak digunakan untuk perawatan wajah?

1. Lemon

Lemon
sumber: suaraglobal.com

Banyak sekali sumber yang menganjurkan lemon sebagai bahan alami untuk perawatan wajah. Memang benar lemon ini dapat memutihkan wajah. Namun selain memutihkan, kandungan acidic pada lemon dapat menyebabkan iritasi pada kulit hingga menjadi kemerahan. Apabila digunakan secara terus-menerus maka akan menimbulkan rasa perih atau terbakar pada kulit.

2. Gula

Gula
Gula (sumber: suaraglobal.com)

Selain lemon, gula juga sering dijadikan bahan alami untuk merawat wajah. Gula biasanya digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Namun apabila bahan ini dijadikan sebagai bahan perawatan wajah secara berulang-ulang akan menyebabkan menipisnya lapisan kulit wajah.

3. Pasta Gigi

Pasta Gigi
Pasta Gigi (sumber : dentistfairfieldca.com)

Pasta gigi? Pasti anda bertanya mana mungkin pasta gigi digunakan bisa digunakan untuk perawatan wajah. Pasta gigi ini bukan digunakan sebagai masker wajah namun biasanya digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cara mengoleskan pasta gigi ini pada bagian jerawat. Namun penggunaan pasta gigi ini dapat membuat kulit iritasi dan kering.

4. Baking Soda

Selain pasta gigi, baking soda juga biasa digunakan untuk mengatasi wajah dari jerawat. Namun baking soda memiliki efek buruk pada kulit. Kandungan alkaine yang terdapat pada baking soda dapat merusak lapisan kulit alami dan kelembaban wajah.

5. Body Lotion

Jangan gunakan body lotion sebagai pelembab wajah karena body lotion diperuntukkan untuk badan dan bukan untuk wajah. Wajah memiliki kulit yang lebih tipis daripada kulit bagian tubuh lainnya. Body lotion mengandung fragrance yang tidak cocok untuk kulit wajah. Jadi, jika anda ingin melembabkan wajah anda, gunakan pelembab khusus wajah.

Itu dia bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan untuk perawatan wajah anda. Hindari juga bahan-bahan alami yang dapat menimbulkan efek samping pada wajah seperti yang sudah saya tuliskan di atas. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment