Pengertian dan Macam-Macam Distro Linux

Distro Linux
Logo Linux

Linux berasal dari istilah keluarga Unix yang menjadi satu-satunya hal yang sifatnya terbuka atau open source. Hingga saat ini, Linux sudah dikembangkan oleh relawan serta beragam jenis komunitas IT sedunia. Pengertian Distro Linux itu sendiri adalah sebuah perangkat lunak dari Linux. Sifat Distro Linux ini multifungsi pada segala jenis platform yang ada.

Linux juga bisa dipakai pada konsol permainan ataupun server sehingga penggunaannya tidak terbatas pada komputer saja. Istilah Distro Linux ini memang masih terasa asing pada sebagian orang.

Namun, Linux sudah dikenal oleh pada IT dan komunitasnya, termasuk pengertian dan contoh-contoh dari Distro Linux tersebut. Contoh konsol permainan yang memakai Linux yaitu Play Station atau pada smartphone.

Pengertian Distro Linux

Distro Linux
Logo Linux

Agar dapat disebut dengan sistem operasi yang utuh, maka munculah GNU/Linux. GNU/Linux ini dapat menimbulkan kontribusi pada GNU yang menjadi hak ciptanya. Sebuah perangkat lunak disebut dengan Distro Linux, yang memang terdapat pada Linux itu sendiri.

Distro Linux ini menjadi perangkat lunak yang bebas dan komersial seperti contohnya SuSE, Red Hat Enterprise dan sebagainya.

Masih banyak juga orang yang berpikir bahwa Linux adalah sistem operasi yang sama dengan Windows, padahal Linux bukan termasuk sistem operasi. Karena, Linux hanya sebuah kernel yang menjembatani sebuah perangkat lunak dan keras yang ada pada komputer.

Hingga saat ini, Distro Linux mulai bermunculan dan sepertinya akan terus seperti itu karena sifatnya yang terbuka.

Walaupun dari sekian banyak jumlah Distro Linux tersebut, ada yang mampu bertahan tapi ada pula yang tidak. Beberapa Distro Linux juga sudah berkembang dengan pesat sehingga menimbulkan distro turunan yang lainnya.

Debian GNU/Linux yang telah banyak menghasilkan turunan yang telah berkembang dengan pesat. Bisa dilihat dari jenisnya seperti Ubuntu, Xandro dan lain sebagainya.

Macam-macam Distro Linux

Walaupun istilah Distro Linux ini masih terasa asing, tetapi ada banyak jenis atau macam Distro Linux yang perlu Anda ketahui. Berikut macam-macamnya:

1. Ubuntu

Logo Ubuntu

Sistem operasi berbasis Debian ini sudah dikembangkan dengan baik oleh perusahaan bernama Canonical ltd. Perusahaan tersebut berasal dari daerah Afrika Selatan.

Awalnya penamaan Ubuntu ini juga berasal dari bahasa Afrika Selatan yang maknanya adalah Kemanusiaan. Sifatnya yang terbuka membuat Ubuntu lebih diutamakan bagi kepentingan umum atau server.

2. Red Hat

Logo Red Hat

Pada tahun 2003 nama Red Hat ini diubah menjadi Red Hat Enterprise Linux. Pengubahan nama itu hanya berlaku di lingkungan perusahaannya saja. Untuk pertama kalinya penggunaan sistem operasi ini dipopulerkan oleh RPM Package Manager.

Salah satu jenis Distro Linux yang telah dikembangkan oleh perusahaan Red Hat Inc ini adalah Red Hat atau Red Hat Linux.

3. CenTOS

Community Enterprise Operating System atau yang disebut dengan CenTOS adalah salah satu jenis Distro Linux yang sudah dikembangkan dengan baik oleh The CentOS Project.

Kode sumber yang digunakan oleh CenTOS ini asalnya dari Red Hat, sehingga produk dari sistem operasi yang satu ini hampir mirip dengan Red Hat Enterprise Linux.

4. Fedora

Jenis pengembangannya telah didukung dan disponsori oleh Red Hat tapi dibuat oleh tim khususnya, dinamakan Fedora Project.

Karakter yang ada di log Red Hat adalah asal muasal nama Fedora hadir. Seperti sistem operasi Red Hat, sistem operasi Fedora juga memakai sistem RPM Package Manager.

5. openSUSE

Salah satu jenis sistem operasi yang berdiri atas kernel Linux selain Distro Linux yaitu openSUSE. Sebagai pihak pengembang dari proyek ini, memiliki tujuan yaitu memajukan para pengguna Linux dalam hal kinerja yang stabil dan kemudahan saat digunakan.

Biasanya openSUSE dipakai pada sistem operasi desktop/ server.

6. Mandrake (Mandriva)

Nama lain dari sistem operasi yang satu ini adalah Mandriva Linux. Sistem operasi ini juga telah dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Mandriva, sehingga dinamakan Mandriva.

Sistem operasi yang digunakan Mandrake/Mandriva adalah RPM Package Manager seperti Red Hat dan Fedora.

7. Debian

Dalam proses pembuatan nama untuk sistem operasi yang satu ini sangatlah unik. Karena nama Debian ini merupakan penggabungan dari nama pembuatnya yaitu Murdock dengan nama salah satu mantan kekasihnya.

Banyak orang yang lebih nyaman menggunakan sistem operasi Debian ini, karena bagian securitynya terbilang yang paling bagus.

8. Mint

Ada lagi jenis Distro lainnya yang berbasis Debian sekaligus Ubuntu, yaitu Mint. Atau nama lainnya yaitu Linux Mint.

9. Zorin

Jenis Distro Linux lainnya yang memiliki tampilan grafis mirip dengan tampilan grafis pada windows, disebut dengan Zorin. Beberapa bagian pada aplikasi dari Zorin mirip dengan windows.

Tujuan dari dibuatnya Zorin ini adalah supaya para pengguna windows, juga bisa menggunakan fitur yang ada pada Linux tanpa harus merasa asing.

Author: afikrubik

Cuber, blogger, programmer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.