Kumpulan Contoh Gambar Pointilis untuk Inspirasi Anda

Gambar Pointilis – Kemarin saya telah membuat artikel tentang macam-macam teknik menggambar yang salah satunya dari teknik yang ada di situ adalah teknik pointilis. Teknik ini menggunakan kumpulan titik-titik untuk membuat sebuah gambar atau lukisan.

Titik-titk yang diterapkan pada kanvas atau media gambar lainnya dibuat sedemikian rupa sehingga warna yang diciptakan berbaur secara visual (pengelihatan) sehingga menciptakan kesan halus.

Salah satu lukisan pointilis yang terkenal adalah lukisan yang berjudul “A Sunday Afternoon on the Island of La Grande Jatte” yang dibuat oleh Georges Seurat. Pada lukisan ini tergambar taman yang dipenuhi oleh orang-orang yang sedang bersantai di bawah pohon.

Ini dia lukisannya

gambar pointilis terkenal Georges Seurat
wikimedia.org

 

Karakteristik Gambar Pointilis

Sering juga disebut dengan teknik atau aliran pointilisme. Dalam teknik ini, gambar atau lukisan yang telah diciptakan dapat memanipulasi ketidaksensitifan dari meneliti detail kumpulan titik-titik yang ada sehingga memberikan kesan keberadaan bidang atau warna baru. Maka dari itu apabila kita memperhatikan gambar atau lukisan pointilis dari jarak jauh, titik-titik yang diciptakan tidak akan terlalu terlihat oleh mata.

 

Pointilisme Pada Zaman Modern

Teknik pointilisme ternyata juga digunakan pada alat-alat modern yang kita gunakan sekarang ini. Apa contohnya? Layar elektronik seperti televisi, komputer, handphone dan lainnya menggunakan kumpulan titik-titik untuk menampilkan objek visual pada layar.

Layar tersebut menampilkan titik atau biasa disebut piksel dalam dunia teknologi pada intensitas yang berbeda. Maka dari itu ada istilah PPI (Pixel per Inch) yang memiliki arti pada jumlah banyaknya pixal atau titik yang ada pada setiap inch. Makin besar angka PPI, maka akan semakin jernih gambar yang ditampilkan pada layar karena titik-titik yang terkumpul semakin tidak terlihat.

 

Gambar Pointilis Bunga

Di sekolah-sekolah biasanya para siswa menggunakan objek bunga untuk membuat gambar pointilis dari tugas mereka. Ini dia contoh-contoh gambar bunga menggunakan teknik pointilis

1. Bunga di Alam Bebas

gambar pointilisme bunga indah
sumber: pinterest.com

Yang pertama adalah gambar bunga di alam bebas. Ini bukan judul gambar yang sebenarnya tapi saya yang memberikan judul sendiri karena tidak tahu judul aslinya. Jika dilihat dari gambar bunga di atas, penciptanya sudah pasti sangat telaten dalam membuat gambar tersebut. Disitu terlihat banyak sekali terdapat titik-titik kecil dan memiliki warna yang berbeda-beda yaitu hijau, ungu, kuning, jingga, biru yang menyatu sehingga terbentuklah gambar bunga yang indah.

2. Bunga dalam Pot

gambar pointilis bunga berwarna
sumber: pointilism-in-art.org

Berbeda dari gambar sebelumnya, gambar di atas menggunakan titik-titik yang lebih besar untuk menciptkan gambar bunga dalam pot. Media yang digunakan juga berbeda yaitu menggunakan cat minyak. Dari kumpulan titik-titik yang diciptakan terciptalah objek bunga dalam pot dengan banyak sekali warna-warna yang kompleks.

3. Bunga Hitam Putih Sederhana

gambar pointilis bunga pensil
sumber: daniihphotography.tumblr.com

Saya beri judul bunga hitam putih sederhana karena gambar ini hanya dibuat menggunakan warna hitam dan hanya terdapat satu objek yaitu bunga itu sendiri. Berbeda dari dua gambar di sebelumnya yang memiliki warna yang beragam, gambar di atas hanya menggunakan satu jenis warna yaitu hitam. Anda pun dapat mencoba untuk membuat seperti gambar di atas dengan menggunakan media pensil, spidol atau bolpoin.

 

Gambar Pointilis Hewan

1. Katak Kulit Jeruk

pointilis katak
sumber: peppered-oni.devianart.com

Dari gambar di atas terlihat banyak sekali titik-titik yang menyusun gambar katak tersebut. Naluri kreatif si pembuat gambar juga terlihat dari ide untuk membuat katak yang terkelupas kulitnya. Kulit yang terkelupas tersebut mirip dengan kulit jeruk yang sudah dikupas. Jadi dari gambar itu terbentuk gabungan antara katak dan kupasan kulit jeruk.

2. Merak

gambar pointilis merak
sumber: pinterest.com

Dari titik-titik yang dibuat, terbentuklah gambar hewan merak yang indah. Berbeda dari gambar katak, gambar merak ini titik-titik yang dibentuk terlihat lebih longgar. Walaupun begitu, tetap terbentuk gambar merak yang indah dengan paduan warna biru, hijau dan merah.

3. Kumbang Hitam Putih

gambar pointilis hewan kumbang
sumber: flickr.com

Walaupun hanya menggunakan satu jenis warna, namun gambar kumbang di atas terlihat sangat keren. Kelihatannya juga sederhana, namun sebenarnya untuk membuat gambar ini membutuhkan sebuah kebiasaan dan keterampilan yang tinggi.

4. Macan Hitam Putih

gambar macam pointilisme
sumber: shippou-ookami.deviantart.com

Contoh gambar pointilis hitam putih hewan yang satu ini kumpulan titik-titiknya terlihat sangat rapat sekali sehingga menciptakan gambar macan yang sangat detail. Bahkan jika anda memperhatikannya dari jarak jauh akan terlihat seperti gambar yang dibuat bukan menggunakan teknik pointilisme.

 

Gambar Pointilis Buah

Selain bunga, buah-buahan juga sering dijadikan pilihan para siswa di sekolah untuk membuat tugas menggambar pointilisme di sekolah. Ini dikarenakan buah dan bunga relatif lebih mudah dibuat dibandingkan dengan hewan yang memiliki tingkat kerumitan lebih tinggi.

1. Kumpulan Buah

pointilis buah
sumber: pinterest.com

Terlihat kumpulan buah seperti apel, pisang, jeruk dan buah-buah lainnya yang tidak saya ketahui namanya pada gambar di atas. Titik-titik yang dibuat sangat rapat sehingga terbentuk detail yang sangat jelas pada buah-buah yang digambar.

2. Buah, Buku, Cangkir dan Botol

gambar pointilis buah dengan barang-barang
sumber: pinterest.com

Contoh selanjutnya adalah gambar pointilis buah dengan buku, botol dan cangkir. Anda bisa mencoba gambar ini karena tingkat kerumitannya tidak terlalu tinggi. Dapat dilihat dari titik-titik yang diciptakan tidak terlalu rapat. Anda bisa membuatnya menggunakan spidol warna-warni atau pensil warna yang banyak dijual di toko buku terdekat.

3. Dua Buah Pir Hitam Putih

pointilis buah hitam putih
sumber: tes.com

Gambar 2 buah pir di atas terlihat sangat sederhana dan hanya menggunakan satu jenis warna saja. Penambahan efek bayangan membuat tampak lebih realistis.

4. Apel, Pir dan Anggur

gambar buah pointilis hitam putih
sumber: angelsora421.deviantart.com

Sama seperti gambar sebelumnya, gambar ini tidak menambahkan atribut lain selain buah apel, pir dan anggur. Pemberian efek bayangan yang diletakkan di belakang apel memberikan kesan bahwa buah-buah tersebut diletakkan dekat dengan sebuah tembok.

 

Itulah dia berbagai contoh gambar pointilis yang bisa dijadikan inspirasi untuk anda dalam mengerjakan tugas atau sekedar sebagai hobi anda dalam menggambar. Semoga bermanfaat

Leave a Comment