15 Ide Makanan Ringan dari Singkong untuk Bisnis dan Cemilan

Singkong
sumber: rubik.okezone.com

Siapa yang tidak kenal singkong? Makanan yang satu ini dapat dijadikan sebagai pengganti nasi karena kerbohidratnya dan daunnya bisa dijadikan sayur. Kadar gizinya juga cukup lengkap. Dalam 100 gram singkong terdapat kalori sebanyak 121 kal, air 62,5 gram, fosfor 40 gram, kalsium, 33 miligram, karbohidrat 34 gram, vitamin C 30 gram, protein 1,2 gram, besi 0,7 miligram, lemak 0,3 gram dan vitamin B1 0,01 miligram.

Sedangkan dalam daun singkong terdapat protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan vitamin C Singkong ini sangat enak dijadikan berbagai macam makanan ringan. Ada banyak jenis makanan ringan yang dapat diolah dari singkong. Ini dia daftarnya

 

1. Keripik Singkong

Makanan ringan pertama yang dapat dibuat dari singkong adalah keripik singkong. Makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan saat kumpul bersama keluarga, menonton televisi dan saat-saat bersantai. Keripik singkong biasanya diberi bumbu rasa keju, barbeque dan masih banyak lagi yang membuat rasanya semakin enak.

Keripik Singkong
Keripik Singkong (sumber: inspirasiumkm.blogspot.com)

Keripik singkong ini juga cocok untuk dijadikan sebagai bisnis. Bahkan sempat ada keripik singkong pedas yang menjadi sangat populer. Keripik singkong ini memiliki beberapa tingkat level kepedasan yang memiliki logo emak-emak berkonde.

Promosi yang dilakukan adalah melalui twitter dan penjualannya melalui para reseller menggunakan mobil yang berhenti di suatu tempat yang oleh pemilik brand  ini diberi istilah “gentayangan”.

Setiap ada mobil yang menjual produk ini “gentayangan” maka akun Twitter dari produk ini akan update status tentang lokasi dari mobil yang “gentayangan” tersebut. Namun sekarang, produk ini sudah dijual di minimarket yang tersebar di Indonesia.

 

2. Singkong Goreng

Singkong Goreng
Singkong Goreng (sumber: flickr.com)

Makanan ringan dari singkong lainnya adalah singkong goreng. Proses pembuatan dari singkong goreng ini relatif lebih mudah daripada keripik singkong. Singkong goreng juga cocok untuk disantap saat santai atau saat menonton televisi. Singkong goreng juga bisa ditambahkan bumbu keju, barbeque, pizza, dll sesuai selera untuk menambah cita rasa seperti pada keripik singkong.

 

3. Tape

Tape Singkong
Tape Singkong (sumber: blog.evoucher.co.id)

Kalo di Bandung, tape singkong dikenal dengan nama peuyeum. Tape merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Tape tidak hanya terbuat dari singkong tapi juga ada tape yang terbuat dari ketan. Rasanya yang manis dan sedikit asam menjadi ciri khas rasa yang melekat pada tape.

Cara membuat tape secara garis besar adalah pertama-tama kupas singkong, lalu cuci singkong hingga bersih menggunakan air yang mengalir dan kukus singkong hingga matang. Biarkan singkong hingga dingin lalu berilah ragi. Tutup singkong yang telah diberi ragi menggunakan daun pisang dan diamkan 2 hari 2 malam.

Singkon yang sudah diolah menjadi tape pun bisa diolah lagi menjadi tape goreng, bolu tape, puding tape, es tape, kolak tape dan masih banyak lagi sehingga tape ini dapat menjadi cemilan enak atau menu makanan penutup anda.

 

4. Comro

Comro
Comro (sumber: klikhotel.com)

Makanan ringan selanjutnya yang dapat diolah dari tape adalah comro. Comro ini merupakan makanan khas Bandung yang cukup populer. Nama comro sendiri diambil dari singkatan “oncom di jero” yang merupakan bahasa Sunda yang artinya adalah oncom di dalam. Comro sangat enak dinikmati saat masih hangat.

 

5. Misro

Misro
Misro (sumber: resepmasakansilvy.blogspot.com)

Kalo tadi comro, sekaranga ada misro. Misro ini sangat mirip dengan comro. Yang membedakan misro dengan comro hanyalah isinya. Comro diisi dengan oncom sedangkan misro diisi dengan gula jawa.

Misro merupakan singkatan dari “amis di jero” yang memiliki arti manis di dalam. Biasanya para penjual gorengan membedakan misro dengan comro dengan membuat bentuk yang berbeda. Misro dibuat dalam bentuk lonjong sedangkan comro dibuat dalam bentuk pipih.

6. Getuk

Getuk
Getuk (sumber: pusatjajananmagelang.blogspot.com)

Getuk adalah makanan ringan yang dibuat dari singkong. Getuk ini mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Biasanya getuk dijadikan sebagai oleh-oleh atau juga bisa dijadikan sebagai cemilan. Pembuatan getuk adalah getuk direbus lalu dihaluskan dengan cara digiling. Supaya lebih nikmat, getuk dihidangkan dengan parutan kelapa.

 

7. Singkong Bakar

Selain digoreng, singkong juga sangat nikmat jika dibakar. Setelah matang, anda dapat menikmati singkong bakar ini dengan bumbu seperti pada keripik singkong atau singkong goreng. Singkong bakar sangat nikmat dimakan saat malam hari bersama orang-orang terdekat kita.

 

8. Singkong Rebus

Singkong Rebus
Singkong Rebus (sumber: mori.co.id)

Makanan ringan dari singkong selanjutnya yang dapat diolah dari singkong adalah singkong rebus. Membuat singkong rebus relatif lebih mudah daripada membuat singkong bakar. Selain lebih mudah, singkong rebus juga lebih sehat daripada singkong bakar. Singkong rebus paling enak dimakan dengan tambahan parutan keju atau gula aren yang telah dicairkan.

 

9. Donat Singkong

Donat
Donat (sumber: masakanpraktisrumahan.com)

Donat adalah makanan ringan yang digoreng yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, gula dan mentega. Donat paling banyak dibuat dengan lubang di tengah. Donat yang pertama kali ditemukan juga memiliki lubang di tengah karena ditemukan bagian tengah yang tidak matang. Seiring perkembangan zaman, sekarang donat juga ada yang tanpa lubang dengan berbagai macam isi seperti selai coklat, stroberi, blueberry, dll.

Jika anda memiliki singkong di rumah, anda dapat menambahkannya sebagai bahan dari pembuatan donat. Untuk proses pembuatannya hampir sama seperti membuat donat pada umumnya namun terdapat penambahan singkong pada adonan.

 

10. Kolak Singkong

Kolak Singkong
Kolak Singkong (sumber: cookpad.com)

Kolak singkong dapat menjadi menu makanan ringan dari singkong untuk berbuka puasa. Bagi anda yang memiliki stok singkong banyak di Bulan Ramadhan, mengolahnya menjadi kolak singkong dapat menjadi pilihan yang tepat. Cukup siapkan bahan tambahan gula aren cair, santan, kayu manis dan daun pandan.

Jika semua bahan telah siap, masak gula aren cair, kayu manis dan daun pandan hingga panas. Masukkan santan kental dan aduk hingga mendidih. Angkat dan campurkan dengan singkong yang telah direbus. Kolak singkong siap untuk dinikmati. Selain untuk menu buka puasa, kolak singkong juga dapat digunakan untuk menu penutup.

 

11. Bolu Singkong Kukus

Bolu Singkong Keju
Bolu Singkong Keju (sumber: bolusingkongkukus.blogspot.com)

Bolu biasanya dihidangkan pada acara istimewa seperti pada resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Makanan yang berbahan dasar tepung, telur dan gula ini juga dapat dibuat menggunakan bahan tambahan singkong.

Singkong dapat diolah menjadi berbagai macam bolu seperti bolu singkong kukus, bolu singkong keju, bolu singkong pandan, bolu singkong panggang, bolu singkong coklat, bolu singkong susu dan masih banyak lagi.

 

12. Klepon Singkong

Klepon
Klepon (sumber: menjualkerupuk.com)

Klepon merupakan makanan tradisional Indonesia yang masuk dalam kelompok jajanan pasar. Klepon terbuat dari tepung beras ketan dan diisi dengan gula aren cair. Makanan ini memiliki rasa yang menggugah selera. Rasa gurih yang didapat dari tepung ketan beras ditambah dengan rasa manis dari gula aren yang keluar dari klepon yang digigit di dalam mulut membuat siapa saja ketagihan dengan makanan ini.

 

13. Bola-Bola Singkong

Bola-Bola Singkong
Bola-Bola Singkong (sumber: cookpad.com)

Makanan ringan dari singkong yang satu ini benar-benar mudah untuk dibuat. Bagi anda yang ingin membuatnya, bahan-bahan yang diperlukan pun sangat sederhana. Cukup siapkan singkong, susu kental manis, meses atau parutan keju untuk taburan sesuai selera dan garam secukupnya.

Jika bahan-bahan telah siap, kupas dan cuci singkong lalu kukus hingga benar-benar empuk. Tumbuk singkong sampai benar-benar halus lalu tambahkan susu kental manis dan sedikit garam. Bulatkan adonan singkong dengan ukuran sesuai selera. Yang terakhir, tambahkan meses atau parutan keju untuk topping sesuai selera.

 

14. Sentiling

Sentiling
Sentiling (sumber: cookpad.com)

Sentiling merupakan kue tradisional Indonesia yang termasuk dalam jajanan pasar. Sentiling ini biasanya dibuat dengan warna-warni pelangi ditambah dengan parutan kelapa. Makanan ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang kenyal ditambah dengan rasa gurih yang didapat dari parutan kelapa.

 

15. Kroket Singkong

Kroket
Kroket (sumber: duniainter.net)

Nama kroket diambil dari Bahasa Perancis. Di Indonesia, kroket biasanya terbuat dari kentang yang ditumbuk halus. Isi dari kroket biasanya adalah daging cincang yang dicampur dengan sayuran seperti wortel. Namun untuk kroket singkong ini, bahan baku kentang diganti dengan singkong.

Jadi, bagi anda yang memiliki stok singkong di rumah, membuat kroket singkong dapat dijadikan pilihan untuk menu makan anda.

Itu dia kumpulan makanan ringan yang dapat dibuat menggunakan singkong. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk anda.

2 thoughts on “15 Ide Makanan Ringan dari Singkong untuk Bisnis dan Cemilan

Leave a Comment