23 Ide Jajanan Unik Untuk Usaha Kuliner Anda

Jajanan Unik Untuk Usaha – Jajanan menurut FAO (Food and Agricultural Organization) adalah makanan atau minuman yang dijual oleh pedagang kaki lima di jalanan atau tempat keramaian umum. Kalo untuk saya, jajanan merupakan makanan ringan yang dalam mengonsumsinya tidak ada ikatan waktu seperti pada makanan berat.

Nah, untuk bisa menarik minat lebih banyak pembeli, kita bisa membuat invonasi pada jajanan yang akan kita jual di antaranya akan saya tuliskan aneka jajanan unik untuk usaha yang bisa anda jadikan sebagai ide usaha kuliner.

 

1. Es Pelangi

es pelangi - jajanan unik untuk usaha
sumber: 7-themes.com

Jajanan ini sangat cocok dijual waktu siang hari saat cuaca sedang panas-panasnya. Anak sekolah sangat suka dengan jajanan yang ada kaitannya dengan es. Es yang berwarna-warni menambah daya tarik orang untuk membelinya. Nah, es pelangi dapat anda jual ke anak-anak sekolah saat pulang sekolah atau sebagai menu tambahan di rumah makan anda.

 

2. Cokelat Stick

cokelat stick - jajanan unik anak sekolah
sumber: turtlesandtails.blogspot.co.id

Selain es, anak-anak juga suka dengan yang namanya cokelat. Dengan cokelat, anda dapat membuat jajanan unik untuk usaha yaitu dengan memberikannya stick sehingga tangan tidak menjadi kotor saat menikmatinya. Cara membuatnya adalah dengan mencairkan coklat terlebih dahulu lalu letakkan pada cetakan kecil-kecil. Jangan lupa berikan stick dan biarkan sampai dingin. Taruh ke dalam freezer agar cokelat menjadi lebih keras lagi.

3. Cheesy Mini Sosis

cheesy mini sosis - jajanan anak sekolah unik
sumber: cookpad.com

Jajanan unik satu ini adalah roti mini yang berisi sosis dan keju. Tampilannya yang mini dan imut membuat anak-anak menyukai makanan ini. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun pasti juga akan menyukai makanan ini. Rasa lezat yang didapatkan dari perpaduan lelehan keju dan sosis membuat siapa saja yang mencobanya menjadi ketagihan.

4. Tahu Brintik

Jajanan ini merupakan jajanan unik khas Bandung yang bisa anda jadikan untuk bisnis atau usaha anda. Tahu brintik merupakan tahu Sumedang yang digoreng dengan tepung. Setelah digoreng, tahu ini diberi mayonnaise dan saus sambal yang membuat tahu brintik ini terasa makin nikmat.

5. Tahu Gejrot

tahu gejrot - jajanan unik untuk usaha
sumber: resepmembuat.com

Tahu gejrot terbuat dari tahu pong goreng yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan siraman saus pedas manis dengan bumbu utama cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kecap dan gula merah. Selain menggunakan tahu pong, tahu gejrot ini juga bisa menggunakan tahu sumedang atau tahu biasa. Jajanan khas Cirebon ini biasa dijajakan oleh pedagang keliling.

6. Tahu Hot Jeletot

tahu hot jeletot - jajanan unik untuk bisnis
sumber: depoklik.com

Bagi anda pencinta pedas dan ingin berbagi kepedasan dengan orang lain, tahu hot jeletot dapat anda jadikan sebagai ide usaha anda. Tahu ini berisi toge, irisan wortel, irisan kol, sambal cabai dan dibungkus dengan adonan tepung.

7. Tahu Bulat

tahu bulat - jajanan unik dari tahu
sumber: cookpad.com

Tahu bulat ini sedang menjadi tren di tahun 2016. Bahkan ikut menjamur juga artis YouTube tahu bulat, game tahu bulat sampai bisnis kuliner dengan menggunakan konsep jualan ala tahu bulat. Jajanan unik untuk usaha anda dengan harga Rp500 per tahunya ini sangat enak dinikmati saat masih hangat apalagi ditambah dengan sambal. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat orang yang membelinya ingin beli lagi dan lagi.

Cara pemasaran tahu bulat ini adalah door to door menggunakan mobil pick up yang pada bagian belakangnya disulap menjadi tempat berjualan. Slogannya yang terkenal yaitu digoreng dadakan. Dengan begitu tahu bulat ini baru digoreng ditempat saat ada orang yang memesan.

8. Tahu Pletok

tahu pletok
sumber: explorebandung.blogspot.com

Tahu pletok merupakan tahu goreng biasa yang dibalut dengan tepung. Saat sudah matang, tahu ini dipotong-potong dan disiram dengan bumbu seperti kecap atau bumbu kacang. Anda juga dapat memodifikasi bumbu kecap dengan mayonaise, saus tomat atau lainnya jika anda berniat untuk membuka usaha kuliner tahu pletok

9. Sosis Balut Mie

sosis balut mie
sumber: iing-belajar.blogspot.com

Sosis juga merupakan jajanan yang disukai oleh anak-anak kecil, apalagi jika ditambahkan dengan balutan mie di luarnya. Rasa asin dari sosis dan gurih dari mie kering yang digoreng membuat siapa saja yang mencobanya menjadi ketagihan.

10. Bola Kentang Keju

bola kentang keju
sumber: widhiaanugrah.com

Makanan yang satu ini lumayan mudah untuk membuatnya dan sangat cocok untuk anda jadikan usaha. Untuk membuatnya, anda membutuhkan 1/2 kg kentang yang sudah dikukus, 1 sdt garam, 1 sdt lada, 80 gram keju cedar, 50 gram keju quickmelt dipotong dadu, 1 telur kocok lepas,3 sdm tepung terigu, tepung panir.

Untuk langkah pembuatannya, pertama-tama haluskan kentang yang sudah dikukus lalu beri garam, lada dan keju parut cedar. Setelah itu masukkan tepung terigu dan aduk sampai rata. Bentuk adonan menjadi bola-bola dan beri isian keju quickmelt. Gulingkan bola kentang ke dalam telur kemudian tepung panir. Goreng hingga kuning keemasan.

11. Klepon Warna-Warni

jajanan klepon warna warni unik
sumber: cookpad.com

Jika biasanya anda menjumpai klepon dengan warna hijau, maka anda bisa membuatnya menjadi berwarna-warni sebagai jajanan unik untuk usaha anda. Selain rasanya yang enak, warna-warni pada klepon akan menambah minat orang untuk membeli klepon yang anda jual.

12. Oreo Goreng

oreo goreng
sumber: inforeseplezat.net

Mungkin anda sudah sering makan biskuit cokelat yang berisi krim susu putih bernama oreo. Tapi pernahkah anda mencoba oreo yang digoreng? Jajanan yang satu ini memang sangatlah unik. Jika anda ingin mencoba membuat jajanan ini, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah 125 gram tepung terigu, 10 ml susu cair, 10 keping biskuit oreo, 1 sdm gula halus, 1 butir telur dan minyak untuk menggoreng.

Langkah pembuatannya adalah campurkan tepung terigu, susu cair, gula halus dan telur kemudian aduk hingga mengental. Setelah itu masukkan oreo ke dalam adonan tadi sampai semua permukaannya tertutupi. Goreng di minyak yang sudah dipanaskan sampai berwarna kecoklatan. Setelah itu angkat dan oreo goreng siap untuk disajikan.

13. Salad Goreng

Mungkin terdengar agak aneh dan ekstream karena salad yang dikenal sebagai sayuran dengan berbagai macam isi buah dan sayuran segar yang menyehatkan kini disajikan dengan cara digoreng. Tidak ada salahnya untuk mencoba menu yang satu ini karena akan membuat orang penasaran dengan rasanya sehingga mereka akan membeli salad goreng buatan anda.

14. Sandwich Goreng

sandwich goreng
sumber: ngicipi.com

Sandwich yang digoreng akan menjadikannya bertambah renyah dan gurih. Anda pun dapat menambahkan menu sandwich ini menjadi menu tambahan pada usaha kuliner anda atau mungkin menjadikannya sebagai menu utama. Mungkin anda dapat menambahkan berbagai pilihan variasi isi pada sandwich agar pilihan dalam menu bisnis kuliner anda lebih banyak lagi.

15. Steak Tempe

jajanan unik steak tempe
sumber: resephariini.com

Jika biasanya steak menggunakan bahan utama daging hewan ternak seperti daging sapi, ayam, dll yang identik dengan kandungan kolesterol tinggi yang ditakutkan oleh sebagian orang, maka anda bisa merubah bahan utama daging itu dengan tempe. Ya kedengarannya memang unik. Selain lezat, menu makanan yang satu ini juga sehat.

16. Pastel Keong

pastel keong
sumber: witagivika.blogspot.com

Sebenarnya pastel keong ini sama seperti pastel-pastel biasanya yang berisikan bihun dan aneka sayur lainnya. Yang membedakan pastel keong dengan pastel yang biasanya adalah bentuk kulitnya yang melingkar berputar-putar mirip seperti cangkang keong. Pastel keong juga sering disebut dengan pastel putar, karipap pusing (Malaysia) dan spiral curry puff (Bahasa Inggris). Jajanan unik untuk usaha ini juga sering ditemukan dalam snack box.

17. Tempe Rasa

tempe rasa
sumber: tokopedia.com

Makanan tempe mungkin sudah biasa bahkan mungkin menjadi menu sehari-hari bagi sebagian orang. Dengan menginovasikan tempe menjadi rasa yang berbeda membuat orang ingin mencobanya. Banyak rasa yang dapat anda tambahkan ke keripik tempe yang anda olah seperti coklat, green tea, vanilla dan masih banyak lagi

18. Es Krim Goreng

es krim goreng
sumber: oligolis.wordpress.com

Untuk jajanan unik yang satu ini sudah banyak yang menjualnya. Es krim goreng adalah es krim yang dibalut dengan roti tepung yang digoreng. Sebelum digoreng, es krim yang sudah dibalut dengan roti tepung dibekukan terlebih dahulu. Setelah ada yang memesan, barulah digoreng dengan minyak.

19. Biskuit Goreng

Sama halnya seperti oreo goreng, namun disini anda lebih bebas memilih jenis biskuit yang ingin digunakan. Biskuit yang sudah anda pilih dibalut dengan adonan tepung layaknya adonan tepung tempe mendoan. Setelah itu digoreng hingga berwarna kecoklatan. Biskuit goreng ini dapat anda sajikan dengan siraman cokelat leleh atau es krim agar rasanya lebih nikmat

20. Pizza Mini

pizza mini
sumber: resepkafe.blogspot.com

Pizza yang dapat dikategorikan sebagai makan besar bisa menjadi sebuah cemilan dengan membuatnya dalam ukuran kecil. Dengan begitu, pizza mini dapat menjadi pendamping atau penutu menu makanan besar yang ada pada usaha kuliner anda.

21. Martabak Mini

martabak mini
sumber: tripriau.com

Jajanan unik untuk usaha yang satu ini sering juga disebut dengan martabak unyil. Sama seperti martabak pada umumnya, hanya saja martabak ini dibuat dalam ukuran yang jauh lebih kecil. Harga yang biasa dipatok adalah berkisar antara Rp1.000,- sampai Rp3.000,- per porsinya tergantung dari ukuran dan toping martabak mini tersebut.

22. Es Cappucino Cincau

cappucino cincau
sumber: tokomesinmedan.com

Dari minuman yang menjadi tren ini kita bisa melihat bahwa orang Indonesia itu banyak yang kreatif. Dari dua minuman yang berbeda, yaitu es cincau dan cappucino, digabungkan menjadi satu minuman yang diberi nama es cappucino cincau. Selain dapat menjaga tubuh agar terus melek, cincau yang terdapat di dalamnya dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Ide jajanan unik untuk usaha yang satu ini dapat anda jajakan waktu siang hari saat cuaca sedang panas-panasnya.

23. Lidi-Lidian

mie lidi-lidian
sumber: attokshop.blogspot.com

Tau dengan makanan yang satu ini? Biasanya jajanan yang satu ini sangat familiar di kalangan anak-anak SD. Lidi-lidian adalah jajanan berbentuk seperti lidi yang dibuat dari bahan-bahan yaitu tepung terigu, tepung sagu, baking powder, putih telur dan penyedap rasa. Rasa yang didapat dari jajanan ini biasanya sangat pedas, namun anda juga dapat menambahkan varian rasa lainnya seperti rasa asin, bbq, pizza dan rasa-rasa yang tidak pedas.

 

Itulah tadi berbagai macam ide jajanan unik untuk usaha kuliner anda. Jika anda berminat membuka salah satu atau lebih jajanan di atas bisa mendapatkan cara membuat atau resepnya yang banyak bertebaran di Google atau Cookpad.com. Semoga anda menjadi pengusaha yang sukses.

Leave a Comment