Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional – Kerajinan tekstil adalah sebuah karya seni yang diciptakan menggunakan bahan tekstil. Tekstil merupakan material fleksible yang dibuat dari tenunan benang. Tekstil sering disamakan dengan kain dalam pemakaiannya sehari-hari. Tapi ada perbedaan dari keduanya yaitu tekstil bisa digunakan untuk menyebut bahan apapun yang terbuat dari tenunan benang sedangkan kain merupakan produk jadinya yang bisa untuk digunakan.

 

Jenis-Jenis Kerajinan Tekstil

Berdasarkan jenisnya, tekstil dibagi menadi 4 kelompok, yaitu

1. Jenis produk : Serat filamen, serat staple dan benang kain yang sudah menjadi produk jadi
2. Jenis bahan : Serat alam, sintetis dan campuran
3. Jenis motif : Polos/putih, berwarna dan bergambar
4. Jenis konstruksi : Rajut, tenun, kempa, renda, benang tunggal dan benang gintir

Kerajinan tekstil di Indonesia dibagi menjadi dua yaitu kerajinan tekstil modern dan tradisional. Kerajinan tekstil modern digunakan untuk memenuhi kebutuhan praktis sedangkan kerajinan tekstil tradisional biasanya digunakan untuk acara upacara tradisional.

Kerajinan Tekstil Modern

sepatu kerajinan tekstil modern
sumber: happychiciolaf.blogspot.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kerajinan tekstil modern digunakan untuk memenuhi kebutuhan praktis. Fungsi lainnya secara garis besar adalah sebagai berikut

  • Pemenuhan kebutuhan fashion seperti pakaian, aksesoris, topi, sepatu dan tas
  • Pelengkap interior rumah seperti kain tirai, alas meja makan, tudung saji, sarung bantal, sprei, hiasan dekorasi, kap lampu dan lain-lain
  • Untuk tempat atau pelindung benda seperti tas laptop, dompet dan masih banyak lagi

 

Kerajinan Tekstil Tradisional

kerajinan kain tapis tekstil modern
sumber: indonesiakaya.com

Secara garis besar, kerajinan tekstil tradisional digunakan untuk

  • Pemenuhan kebutuhan sandang utama yang berfungsi untuk melindungi tubuh seperti baju daerah, kain panjang, sarung dan lain-lain
  • Alat bantu seperti kain untuk menggendong bayi
  • Alat ritual tradisi seperti Kain Tenun Ulos, Kain Tapis, Kain Cepuk, Kain Songket, Kain Poleng dan lain lain

 

Bahan dan Alat Untuk Membuat Kerajinan Tekstil

Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tekstil dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu bahan utama dan bahan pelengkap. Bahan yang digunakan disesuaikan dengan jenis, fungsi dan teknik pada benda yang akan dibuat.

  • Bahan utama adalah bahan yang terbuat dari serat alam atau polyester baik berupa kain tenun, rajut kempa maupun benang. Contohnya adalah kain katun, benang katun, kain satin, benang nylon, kain flanel, tali koor dan pita.
  • Bahan pelengkap memiliki fungsi untuk memperindah kerajinan tekstil yang dibuat. Yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap adalah kain pelapis atau pengeras, busa pelapis, kain furing, dakron, renda, pita dan resleting.
alat jahit kerajinan tekstil
sumber: tokopedia.com

Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan tekstil juga dibagi menjadi dua, yaitu alat utama dan alat penunjang.

  • Alat utama terdiri dari mesin jahit, alat-alat jahit, pita ukur, gunting, papan landasan dan lainnya.
  • Alat penunjang terdiri dari lem, lilin bakar, jarum T, pemidangan dan lainnya.

 

Contoh Kerajinan Tekstil

1. Batik

kerajinan tekstil batik
sumber: bukalapak.com

Batik merupakan sebuah produk yang dihasilkan dari kegiatan menciptakan karya seni menggunakan lilin yang dipanaskan dan canting atau kuas untuk membuat motif atau pola gambar yang diletakkan di selembar kain. Setelah kering, dilakukan proses pewarnaan menggunakan teknik tutup celup.

2. Sulam

kerajinan sulam
sumber: artiracraft.blogspot.com

Sulam merupakan hiasan yang dibuat di atas kain dengan benang. Selain itu, hiasan sulaman juga bisa menggunakan manik-manik, payet, potongan logam, mutiara, bulu burung dan lain-lain

Jenis tusukan yang umum adalah tusuk jelujur, tusuk rantai, tusuk kelim dan tusuk silang. Kerajinan sulam dapat dibuat menggunakan tangan maupun mesin.

3. Jahit Perca

kerajinan tekstil perca
sumber: kpindo.com

Kerajinan jahit perca menggunakan sisa-sisa guntingan kain dari pembuatan pakain maupun kerajinan tekstil lainnya. Sisa-sisa kain tersebut digabungkan dengan cara dijahit.

4. Jahit Tindas

jahit tindas
sumber: pojok-utak-atik.blogspot.co.id

Kerajinan jahit tindas adalah kerajinan yang dilakukan dengan teknik menghias permukaan kain dengan cara mengisi kain dengan bahan pelapis atau pengisi yang kemudian dijahit tindah di permukaan kain.

5. Tenun

kerajinan tenun
sumber: tenuntimor.blogspot.comm

Kerajinan ini merupakan kerajinan tangan yang diajarkan secara turun-temurun kepada anak dan cucu untuk menjaga kelestariannya. Motif tenun yang digunakan oleh seseorang akan memberikannya identitas suku atau pulau dari mana dia berasal. Maka dari itu banyak orang yang bangga mengenakan kerajinan tenun asal sukunya.

6. Cetak Saring

cetak saring
sumber: rubberia.com

Cetak saring merupakan kerajinan yang dibuat dengan mencetak menggunakan layar dengan kerapatan tertentu dan biasanya menggunakan bahan dasar nylon atau sutra. Layar yang digunakan untuk mencetak ini diberi pola menggunakan negatif desain yang telah dibuat sebelumnya. Kain direntangkan dengan kuat supaya menghasilkan hasil cetakan dan layar yang datar. Salah satu kerajinan yang menggunakan cetak saring adalah sablon

7. Makrame

kerajinan tekstil modern makrame
sumber: yossisilfia.blogspot.com

Kerajinan makrame merupakan bentuk kerajinan simpul-menyimpul dengan membuat rantaian benang awal dan akhir suatu hasil tenunan. Beberapa teknik yang digunakan di antaranya adalah teknik simpul, teknik pilin, teknik anyam atau teknik rajut.

Hasil dari kerajinan ini memiliki fungsi dan keindahan yang berbeda-beda sesuai dari penggunaan, corak hiasan dan aksesoris benda yang dibuat.

8. Tapestry

tapestry
sumber: tiaranurlaily.blogspot.com

Yang muncul di benak saya saat mendengar kata tapestry justru sebuah makanan yang diolah menggunakan singkong yaitu tape. Tapi bukan itu yang sebenarnya.

Kerajinan tapestry merupakan tenun tradisional yang biasanya dilakukan pada alat tenun vertikal. Prosesnya terdiri dari dua arah benang yang bersilangan. Benang yang sejajar dengan panjang disebut benang lungsin atau warp sedangkan yang sejajar dengan lebar disebut benang pakan atau weft.

Biasanya penenun kerajinan tapestry menggunakan benang lungsin berbahan alami seperti benang katun atau benang linen. Sedangkan untuk benang pakan biasanya menggunakan benang wol atau benang katun.

Itulah tadi jenis-jenis, alat, bahan serta contoh-contoh dari kerajinan tekstil modern dan tradisional. Semoga bermanfaat

Leave a Comment