Berbagai Macam Komponen Komputer dan Fungsinya

Komponen Komputer dan Fungsinya – Di era sekarang ini, komputer memang sudah mulai ditinggalkan dan orang-orang sudah mulai menggunakan smartphone karena memiliki fungsi yang sama dengan komputer. Namun, perangkat komputer saat ini masih lebih unggul apabila digunakan untuk tujuan produktivitas seperti bekerja, membuat program, membuat game, presentasi, dll.

komponen komputer dan fungsinya
sumber: tullamarinehouse.org

Komputer terdiri dari berbagai macam komponen yang biasa disebut dengan perangkat keras. Perangkat keras dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu perangkat output dan input. Selain itu, komputer juga memiliki perangkat yang tidak bisa disentuh oleh tangan manusia yang disebut perangkat lunak. Untuk lebih lengkapnya saya akan jabarkan di bawah ini.

 

Jenis-Jenis Komponen Komputer

Tidak seperti laptop, komputer memiliki banyak perangkat yang terpisah-pisah. Sebenarnya laptop juga memiliki banyak perangkat, namun sudah menjadi satu sehingga lebih mudah dibawa. Seperti yang telah saya sebutkan di atas tadi bahwa alat yang terdapat pada komputer terbagi menjadi perangkat keras yang biasa disebut hardware dan perangkat lunak yang biasa disebut dengan software. 

Perangkat keras adalah bagian fisik dari komputer yang sifatnya nyata, dapat disentuh atau dilihat secara langsung sedangkan perangkat lunak sifatnya tidak nyata, tidak dapat dilihat atau disentuh secara langsung.

 

Jenis-Jenis Perangkat Keras dan Contohnya

Perangkat ini pada komputer terbagi menjadi 4 jenis yaitu perangkat input, output, storage dan network. Dari 4 jenis tersebut terdapat tugas masing-masing.

1. Perangkat Masukan (Input)

keyboard perangkat keras
Keyboard Komputer (sumber: ummi-online.com)

Perangkat input merupakan perangkat yang fungsinya adalah untuk memasukkan data ke dalam komputer lalu diproses oleh perangkat pengolah data. Contohnya adalah

  1. Mouse : Dalam Bahasa Indonesia berarti tikus. Alat komputer yang satu ini berfungsi untuk menggerakkan pointer di layar komputer, double klik, drag, geser, scroll halaman dan masih banyak lagi.
  2. Keyboard : Merupakan perangkat input yang paling penting selain mouse. Berfungsi untuk membuat rangkaian huruf, angka, perintah shorcut dan perintah-perintah lainnya.
  3. Scanner : Alat ini berfungsi untuk mengubah objek dalam kertas ke bentuk digital. Objek yang sudah diubah ke dalam bentuk digital ini nantinya dapat dimodifikasi, diberikan penambahan atau diperbanyak. Alat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan mesin foto copy.
  4. Joystick : Perangkat ini biasanya digunakan para gamer untuk mempermudah mereka dalam memainkan sebuah game.
  5. Webcam : Fungsi dari alat ini sama seperti kamera yaitu mengambil sebuah objek yang ada di depannya. Pada laptop atau netbook biasanya alat ini berada tepat di atas layar sedangkan untuk komputer harus dibeli secara terpisah.

2. Perangkat Keluaran (Output)

speaker perangkat keras
Speaker Komputer (sumber: en.wikipedia.org)

Perangkat output fungsinya untuk menampilkan data ke dalam teks, gambar, video dan suara. Komponen komputer dari perangkat output adalah

  1. Monitor : Selain mouse dan keyboard, perangkat ini juga merupakan yang paling penting dari sebuah komputer. Berfungsi untuk menampilkan data-data ke dalam bentuk grafis dari prosesor agar pengguna dapat melihat apa yang sedang dioperasikan.
  2. Speaker : Tentu saja fungsi dari alat ini adalah mengeluarkan suara dari hasil pemrosesan CPU.
  3. Printer : Berbanding terbalik dengan fungsi dari scanner yang mengubah objek nyata dalam kertas menjadi objek digital, printer berfungsi mencetak objek yang masih berbentuk digital menjadi objek nyata ke dalam kertas. Printer dibagi menjadi beberapa bagian yaitu baki untuk tempat meletakkan kertas, tinta untuk mencetak objek dalam kertas dan picker untuk mengambil kertas dari baki.

3. Perangkat Penyimpanan (Storage)

flashdisk perangkat penyimpanan komputer
Flashdisk (sumber: satucahayailahi.files.wordpress.com)

Sudah tertebak dari namanya, perangkat ini berfungsi untuk menyimpan data seperti dokumen, gambar, foto, dll. Perangkat storage ada yang sudah tertanam pada komputer yang disebut dengan internal storage dan ada yang terletak di luar komputer yang disebut dengan external storage. Macam-macam komponen komputer dari perangkat storage adalah

  1. Hardisk :  Merupakan perangkat penyimpanan yang terdapat di dalam komputer. Hardisk juga tersedia dalam bentuk external yang dapat dibawa ke mana-mana
  2. Flashdisk : Bentuknya kecil dan merupakan penyimpanan external. Flashdisk tersedia dengan kapasitas 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB bahkan ada yang mencapai 1 TB di tahun 2016 ini.

4. Perangkat Jaringan (Networking)

kabel lan komponen komputer
Kabel LAN (sumber: youhosting.co)

Perangkat ini berfungsi untuk menyambungkan komputer dengan koneksi internet supaya komputer dapat berselancar di dunia maya. Komponen jaringan yang ada pada komputer adalah

  1. LAN : Merupakan penghubung antara komputer dengan internet yang berbentuk kabel. LAN merupakan jaringan yang cakupannya hany wilayah kecil seperti rumah, kantor, sekolah, kampus dan gedung.
  2. Modem : Sama seperti LAN yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet, bedanya alat ini biasanya berbentuk kotak.

 

Jenis Perangkat Lunak dan Contohnya

Komputer tidak hanya mencakup perangkat keras saja namun juga terdiri dari perangkat lunak supaya sebuah komputer bisa dioperasikan. Tanpa perangkat lunak, komputer bisa diibaratkan seperti sebuah televisi tanpa layar. Ini dia jenis-jenis perangkat lunak yang perlu anda ketahui.

1. Sistem Operasi

perangkat lunak pada komputer
Windows 10 (sumber: fossbytes.com)

Merupakan perangkat lunak yang berfungsi melakukan kontrol dan manajemen pada perangkat keras. Sistem operasi berjalan sejak pertama kali komputer dijalankan. Ini adalah contoh-contoh dari sistem operasi

  1. Windows : Merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh komputer pribadi. Sistem operasi ini diciptakan oleh Bill Gates, yang saat ini (tahun 2016) menjadi orang terkaya di dunia.
  2. Linux : Yang satu ini merupakan sistem operasi open source yang artinya gratis untuk digunakan dan bebas dimodifikasi. Linux memiliki banyak sekali jenis (distro). Distro linux yang paling terkenal adalah Ubuntu, openSusu, Linux Mint dan Arch Linux.
  3. Mac : Merupakan sistem operasi milik Apple.

2. Program Utilitas

program utilitas
sumber: keys4free.com

Merupakan sebuah aplikasi pada komputer yang berfungsi meningkatkan kinerja pada komputer. Contoh program utilitas adalah

  1. AVG PC TuneUp
  2. Ashampoo WinOptimizer
  3. Comodo PC TuneUp
  4. Symantec Norton Utilities

Sebenarnya masih banyak lagi program utilities lainnya namun hanya yang popouler saja yang saya tuliskan. Fungsi dari masing-masing program hampir sama antara satu dengan lainnya yaitu meningkatkan kinerja komputer.

3. Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan program secara keseluruhan yang terdapat pada sistem operasi yang berfungsi untuk melakukan berbagai pekerjaan dan hiburan seperti program pengolah angka, pengolah kata, game solitare, catur, dll. Selain itu, program aplikasi juga digunakan untuk mengoperasikan komponen komputer seperti webcam, printer, scanner, dll.

Itulah tadi contoh-contoh dari komponen komputer dan fungsinya yang mencakup perangkat keras dan perangkat lunak beserta jenis dan contoh-contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras

Leave a Comment