11 Makanan Khas Batak yang Halal dan Bisa Anda Cicipi

Makanan Khas Batak – Batak merupakan salah satu suku bangsa terbesar yang ada di Indonesia. Suku ini berasal dari Pantai Timur dan Pantai Barat di Provinsi Sumatera utara. Suka Batak dibagi lagi menjadi Batak Toba, Batak Pakpak, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Mandailing dan Batak Angkola. Di daerah Batak, anda dapat mendapatkan berbagai macam makanan khas Batak yang halal dan bisa anda cicipi.

 

1. Makanan Khas Batak, Arsik

makanan khas batak - arsik
sumber: perutgendut.com

Makanan ini merupakan makanan khas Batak yang paling sering digunakan untuk acara adat. Bahan dasarnya menggunakan ikan seperti ikan nila, ikan mas dan ikan mujahir. Biasanya ikan-ikan tersebut ditangkap langsung dari Danau Toba. Dalam proses memasaknya, ditambahkannya andaliman yaitu sejenis rempah yang menjadikan makanan ini memiliki rasa pedas dan aroma yang khas. Arsik bisa disajikan berkuah atau sedikit kering.

 

2. Makanan Khas Batak, Naniura

naniura makanan khas bataknaniura makanan khas batak
sumber: danijuntak.blogdetik.com

Bisa dikatakan bahwa naniura merupakan sushinya Orang Batak. Dulu, makanan ini dikhususkan untuk para raja. Sama seperti arsik, bahan dasar makanan ini adalah ikan nila, ikan mas atau ikan mujahir. Ikan tersebut disajikan dengan bumbu lengkap dan tidak dimasak. Naniura sendiri memiliki arti tidak dimasak. Bumbu-bumbu itulah yang memasak ikan tersebut. Rasa dari naniura ini biasanya sedikit asam karena proses pematangannya menggunakan asam.

 

3. Makanan Khas Batak, Natinombur

makanan khas batak - natinombur
sumber: borukaro.com

Natinombur merupakan ikan bakar khas Batak. Ikan yang digunakan biasanya menggunakan ikan mujahir, ikan lele atau ikan nila. Disajikan dengan siraman bumbu di atasnya. Bumbu yang digunakan hampir sama dengan yang digunakan pada arsik. Yang membedakan adalah natinombur menggunakan bumbu bakar.

 

4. Sambal Khas Batak, Sambal Tuktuk

sambal tuktuk khas batak
sumber: masakandapurku.com

Sambal asal Tapanuli ini merupakan sambal tradisional khas Batak Toba. Bahan dan cara pembuatannya tidak beda dengan sambal-sambal pada umumnya. Namun yang membedakan adalah sambal tuktuk menggunakan andaliman. Di daerah asalnya, sambal ini dicampur dengan ikan aso-aso. Ikan aso-aso adalah sejenis ikan kembung yang dikeringkan. Jika tidak ada ikan aso-aso bisa diganti dengan ikan teri tawar.

 

5. Sayur Khas Batak, Daun Ubi Tumbuk

daun ubi tumbuk makanan khas batak
sumber: sambal tuktuk khas batak

Sayur ini dapat dengan mudah ditemukan di rumah-rumah makan yang ada di Batak. Proses pembuatannya tidak terlalu sulit. Daun ubi ditumbuk lalu dicampur dengan cabe, bawang putih, bawang merah sereta buah rimbang. Buah rimbang ini yang menjadikan ciri khas sayur daun ubi di Batak. Bahan-bahan tadi ditumbuk secara bersamaan lalu direbus. Ditambahkan santan saat hampir matang.

 

6. Makanan Khas Batak, Mie Gomak

makanan khas batak - mie gomak
sumber: masakanpraktisrumahan.com

Mie ini terkenal sebagai makanan khas daerah tanah Batak Toba. Mie gomak juga sering disebut dengan spageti Batak karena bentuknya yang mirip. Mie gomak bisa dibuat mie goreng dan mie rebus. Rasanya akan semakin mantap apabila ditambah dengan bumbu andaliman. Proses pembuatan mie ini kebanyakan masih menggunakan tungku tradisional. Dengan begitu, bumbu akan lebih meresap ke mie dan cita rasanya tetap terjaga.

 

7. Sayur Khas Batak, Daun Ubi Jantung Pisang

sumber: indonesian-medan-food.blogspot.com

Sayur ini berisi daun ubi, kelapa parut dan potongan jantung pisang yang sudah diiris kecil-kecil. Bumbu yang digunakan akan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit, bunga kincung dan batang sereh bagian dalam. Cara pembuatan sayur daun ubi jantung pisang adalah ditumis.

 

8. Makanan Ringan Khas Batak, Dali Ni Horbo

dali ni horbo makanan ringan khas batak
sumber: bonanipasogit.wordpress.com

Jika anda biasa mengonsumsi susu dalam bentuk cair, maka anda bisa mengonsumsi susu dalam bentuk padat di daerah Batak. Namanya adalah dali ni horbo yang merupakan olahan susu kerbau. Pembuatannya tanpa menggunakan bahan kimia.

 

9. Kue Khas Batak, Lapet

kue lapet khas batak
sumber: jagomasakenak.blogspot.co.id

Lapet adalah jajanan tradisional khas Batak yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut yang tidak terlalu tua dan gula merah. Kue ini dibungkus menggunakan daun pisang dan diolah dengan cara dikukus.

 

10. Kue Khas Batak, Itak Gurgur

kue khas batak - itak gurgur
sumber: resepkueterbaru.com

Kue tradisional khas Batak ini biasanya digunakan pada acara adat tertentu. Bahan yang digunakan sama seperti bahan yang digunakan pada kue lapet. Yang membedakan adalah proses pembuatannya. Semua bahan dicampur, dicetak dan tidak dikukus. Namun itak gurgur juga dapat dikukus setelah dicetak.

 

11. Cemilan Khas Batak, Kacang Sihobuk

Kacang ini merupakan makanan ringan yang berasal dari Desa Sihobuk. Nama sihobuk sendiri sudah terlihat jelas jika diambil dari nama desa kacang ini berasal. Kacang ini dimasak menggunakan kuali besar yang diisi dengan pasir. Sangat cocok sebagai pendamping kopi atau teh. Bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh saat anda berkunjung ke sini.

 

Itulah 11 makanan khas Batak yang halal dan dapat anda cicipi saat berkunjung ke daerah Batak. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment