9 Makanan Khas Bengkulu yang Menggoyang Lidah

Makanan Khas Bengkulu – Bengkulu merupakan sebuah Provinsi di Indonesia yang ibu kotanya adalah Kota Bengkulu. Dikenal sebagai tempat tumbuhnya Bunga Raflessia Arnoldy. Provinsi Bengkulu terletak di bagian barat daya pada Pulau Sumatera. Bagi anda pencinta kuliner sejati, jangan sampai melewatkan 9 makanan khas Bengkulu yang menggoyang lidah berikut ini.

 

1. Makanan Khas Bengkulu, Gulai Kemba’ang

Makanan khas yang satu ini oleh masyarakat Bengkulu sering dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Gulai kemba’ang terbuat dari iga sapi dan bumbu-bumbu dengan cita rasa gurih. Jika anda ingin mencicipi makanan ini, bisa berkunjung ke daerah Medan Jaya Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu.

 

2. Kue Khas Bengkulu, Kue Tat

kue khas bengkulu - kue tat
sumber: travelingyuk.com

Kue ini merupakan kue khas Bengkulu yang hampir mirip seperti seperti bolu. Kue ini sering dijumpai saat Idul Fitri. Rasanya manis dengan tekstur yang lembut dan empuk. Kue ini katanya merupakan kue para raja-raja pada zaman dahulu. Dalam perkembangannya, kue tat ini mengalami banyak modifikasi bentuk seperti bentuk kotak, dll. Kue ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh apabila anda sedang berkunjung ke Bengkulu

 

3. Kue Khas Bengkulu, Lepek Binti

lepek binti kue khas bengkulu
sumber: resepmasakanterbaru95.blogspot.co.id

Selain gulai kemba’ang, lepek binti juga sering dijadika sebagai menu berbuka puasa oleh masyarakat Bengkulu. Bahan untuk membuat lepek binti adalah tepung ketan, santan, garam, daun salam dan lengkuas. Proses pembuatan kue ini adalah dibungkus dalam daun pisang kemudian dihangatkan.

 

4. Makanan Khas Bengkulu, Rebung Asam Undak Liling

Rebung Asam Undak Liling khas gorontalo
sumber: kulinerkus.blogspot.com

Rebung asam undak liling merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah batang bambu muda yang sering disebut dengan rebung. Rebung yang kita kenal ini di Bengkulu diolah dengan cara yang khas dan berbeda. Proses pengolahannya cukup lama. Rebung harus direndam selama berhari-hari terlebih dahulu. Tujuan perendaman selama berhari-hari tersebut adalah untuk mendapatkan rasa asam alami pada makanan ini. Lalu, rebung yang sudah direndam digulai dan dicampur dengna liling yang merupakan keong sawah berwarna hitam.

 

5. Makanan Khas Bengkulu, Lema

lema makanan khas bengkulu
sumber: id.wikipedia.org

Makanan khas dari Bengkulu ini diolah dengan proses fermentasi. Lema dibuat dari adonan campuran rebung dan ikan air tawar. Adonan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibiarkan selama beberapa hari. Walaupun baunya menyengat, namun rasanya tidak perlu diragukan lagi. Jika anda ingin mencoba kuliner yang satu ini, bisa berkunjung ke Kabupaten Rejang Provinsi Bengkulu.

 

6. Makanan Khas Bengkulu, Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak Ikan Patin khas gorontalo
sumber: resepgw.blogspot.com

Tempoyak yang sering dijumpai di daerah Sumatera ini ternyata bisa untuk campuran yang digunakan untuk memasak ikan patin. Tempoyak merupakan hasil fermentasi buah durian. Jadi bagi anda penggemar durian, kuliner yang satu ini wajib untuk anda coba. Tempoyak ikan patin ini menjadi salah satu makan favorit masyarakat Bengkulu.

 

7. Makanan Khas Bengkulu, Pendap

makanan khas bengkulu - pendap
sumber: tokomesin.com

Makanan ini terbuat dari ikan yang diberi bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabai giling, kencur dan kelapa muda. Setelah itu dibungkus menggunakan duan talas dan dimasak. Penggunaan daun talas ini bertujuan supaya aromanya menjadi lebih sedap.

 

8. Makanan Khas Bengkulu, Bagar Hiu

Apakah anda pernah mencoba makan hiu? Di Bengkulu, anda dapat menjumpai kuliner khas yang terbuat dari daging ikan hiu. Namanya adalah bagar hiu. Hiu yang digunakan adalah hiue jenis punai yang dagingnya tidak terlalu amis sehingga cocok dimasak menggunakan kuah santan yang mana masakan dengan kuah santan merupakan ciri khas dari masakan Bengkulu. Bagar hiu ini menjadi salah satu makanan favorit Presiden Soekarno saat menjalani pengasingan di Kota Bengkulu.

9. Kue Khas Bengkulu, Kue Perut Punai

kue perut punai
sumber: klikbengkulu.com

Jika mendengar namanya mungkin anda berpikir bahwa kue khas Bengkulu ini dibuat menggunakan isi perut punai. Namun kenyataannya tidaklah demikian. Dinamakan kue perut punai karena bentuknya yang mirip dengan isi perut burung punai. Bahan yang digunakan adalah tepung beras, gula aren, gula pasir dan sedikit garam. Ada dua pilihan rasa yaitu rasa original dan manis. Sangat cocok untuk anda jadikan sebagai oleh-oleh dan dinikmati saat kumpul bersama keluarga atau teman.

Leave a Comment