11 Makanan Khas Garut Selain Dodol yang Perlu Anda Ketahui

Makanan Khas Garut¬†–¬†Jika berbicara tentang makanan garut, pasti yang muncul di benak anda pertama kali adalah dodol. Ya, memang Garut ini terkenal akan dodolnya. Banyak varian dodol yang dapat anda temukan di garut. Selain dodol, Garut juga memiliki banyak makanan khas yang bisa anda cicipi dan jadikan oleh-oleh juga. Apa sajakah itu? Ini dia 11 makanan khas Garut selain dodol.

 

1. Keripik Khas Garut, Moring Garutan

moring garutan
sumber: indonetwork.co.id

Moring garutan merupakan keripik yang terbuat dari cimol. Moring sendiri merupakan singkatan dari cimol kering. Terdapat berbagai macam pilihan rasa seperti BBQ, keju, pedas dan masih banyak lagi.

 

2. Oleh-Oleh Khas Garut, Burayot

burayot makanan khas garut
sumber: tokopedia.com

Makanan ini terbuat dari beras merah, gula aren dan kacang merah. Biasanya burayot dibentuk bulat pipih. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh yang ada di Garut. Kue ini biasa disajikan saat lebaran oleh masyarakat Garut.

 

3. Makanan Khas Garut, Baso Aci

makanan khas garut - baso aci
sumber: gitacremonandra.wordpress.com

Merupakan bakso yang terbuat dari aci (tepung kanji). Baso aci disajikan dengan kuah dan bumbu. Biasanya baso aci ini diisi dengan daging. Rasa dari aci ini kurang lebih sama seperti cilok karena sama-sama terbuat dari tepung kanji. Anda bisa dengan mudah menemukan rumah makan bakso yang menjual baso aci saat berkunjung ke Garut.

 

4. Makanan Khas Garut, Dorokdok

dorokdok kerupuk khas garut
sumber: warungsiuldotcom.wordpress.com

Makanan yang satu ini terbuat dari kulit saspi yang diolah dengan menggunakan campuran bumbu rempah spesial. Yang membedakan dorokdok dengan kerupuk kulit pada umumnya adalah dari warnanya. Dorokdok memiliki warna yang lebih gelap. Rasanya yang gurih sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan.

 

5. Cemilan Khas Garut, Opak Bungbulang

makanan khas garut - opak bungbulang
sumber: jelajahgarut.com

Bahan dasar dari makanan ini adalah beras ketan. Cara pengolahan opak bungbulang adalah dengan dibakar di perapian. Dinamakan opak bungbulang karena makanan ini berasal dari daerah Bungbulang, Garut. Pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional menjadikannya aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet.

 

6. Makanan Khas Garut, Soto Garut

makanan khas garut - soto garut
sumber: pergidulu.com

Soto Garut secara tampilan sama seperti soto ayam pada umumnya. Berisi nasi, suwiran ayam, potongan telur, bawang goreng, kecambah dan kuah gurih. Jika anda sedang berkunjung ke Garut, anda bisa mampir ke salah satu warung soto yang sudah terkenal di Garut yaitu Soto Ahri.

 

7. Oleh-Oleh Khas Garut, Chocodot

chocodot khas garut
sumber: iteung.com

Cokelat dengan isi dodol ini tidak bisa lepas dari warisan kuliner Garut. Awal ditemukannya makanan ini adalah dari ketidaksengajaan menjatuhkan dodol ke dalam cokleat. Ketika dodol tersebut diambil dari cokelat dan dicicipi ternyata rasanya sangat enak. Jadilah produk chocodot yang merupakan singkatan dari chocolat dodol.

Chocodot merupakan oleh-oleh yang paling banyak dicari wisatawan saat datang ke Garut. Ada berbagai varian rasa yang tersedia yaitu milk chocolate, dark chocolate dan white chocolate.

 

8. Buah Khas Garut, Jeruk Garut

Di Garut, anda dapat menemukan banyak mobil pick-up yang menjual Jeruk Garut di pinggir jalan. Jeruk Garut sudah ditetapkan sebagai jeruk varietas unggul nasional. Bahkan Jeruk Garut ini sudah menjadi trademark dari Kabupaten Garut.

 

9. Oleh-Oleh Khas Garut, Ladu

ladu makanan khas garut
sumber: jelajahgarut.com

Ladu ini hampir mirip seperti dodol namun tidak sekenyal dodol dan teksturnya agak kasar. Terbuat dari tepung ketan putih, gula merah dan kelapa parut. Rasanya manis tapi tidak terlalu manis seperti dodol. Di Garut, ladu yang terkenal adalah dari Kota Malangbong. Anda dapat mendapatkan ladu ini di beberapa toko oleh-oleh di Garut. Dijual dalam bentuk batangan atau kiloan.

 

10. Makanan Khas Garut, Emplod

cemilan khas garut - emplod
sumber: jelajahgarut.com

Juga sering disebut dengan endog lewo yang berarti telur lewo. Bahan yang digunakan adalah singkong yang sudah digiling, diperas dan didiamkan selama 24 jam. Setelah didiamkan, singkong dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu-bumbu kemudian dibentuk bulat-bulat kecil. Setelah dibentuk bulat-bulat kecil, emplod digoreng hingga matang.

 

11. Oleh-Oleh Khas Garut, Angleng

angleng garut
sumber: dodolasgar.blogspot.com

Bahan yang digunakan dalam pembuatan angleng adalah beras ketan dan gula merah. Proses pembuatannya hampir sama dengan dodol hanya saja tidak dibuat seperti karamel. Angleng juga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat anda berkunjung ke Garut.

Leave a Comment