12 Makanan Khas Madura yang Enak dan Terkenal

Makanan Khas Madura – Pulau ini terletak di sebelah timur dari laut Jawa Timur. Pulau ini memiliki penduduk hampir 4 juta jiwa. Madura memiliki banyak kuliner khas. Salah satu yang paling terkenal adalah sate madura. Selain sate Madura, ternyata masih banyak lagi makanan yang yang dimiliki oleh pulau satu ini. Apa sajakah itu? Ini dia daftarnya

 

1. Makanan Khas Madura, Sate Madura

makanan khas madura - sate madura
sumber: cookpad.com

Sate memang merupakan makanan khas Madura yang sangat terkenal dan sudah tidak dapat diragukan lagi jika ditanya soal rasanya. Di Madura sendiri, sate dijual sangat lengkap mulai dari pilihan jenis sate sampai jenis bumbu satenya. Sate Madura bisa terbuat dari ayam, kambing atau sapi.

2. Makanan Khas Madura, Bebek Songkem

bebek songkem makanan khas madura
sumber: amethystaiko.com

Bebek Songkem adalah makanan dari bebek yang diberi bumbu-bumbu rempah dan dibalut dengan daun pisang. Setelah itu, bebek diolah dengan cara dibalut daun pisang dan kemudian dikukus selama sekitar 4 jam. Rasa dari bebek songkem ini tidak kalah dengan bebek goreng dan bebek bakar. Dagingnya empuk dan bumbunya sangat terasa.

 

3. Makanan Khas Madura, Soto Madura

makanan khas madura - soto madura
sumber: klikhotel.com

Jika kita amati, banyak sekali daerah yang memiliki soto ciri khasnya sendiri. Salah satunya adalah Madura. Walaupun soto Madura tidak seterkenal soto dari daerah lainnya, namun memiliki ciri khas tersendiri. Jika dibandingkan dengan soto khas daerah lainnya, soto Madura memiliki isi yang terbilang banyak dan kuahnya dibuat dari santan. Soto Madura berisi berbagai macam jeroan sapi seperti paru-paru, usus dan babat. Rasanya gurih seperti soto-soto pada umumnya.

 

4. Makanan Khas Madura, Lorjuk

lorjuk khas madura
sumber: cookpad.com

Lorjuk merupakan sejenis kerang yang tinggal di dalam pasir bawah laut. Lorjuk biasanya diburu saat air laut surut. Bisa dimasak biasa atau dibuat keripik

 

5. Cemilan Khas Madura, Otok

kacang otok madura
sumber: bukalapak.com

Otok merupakan kacang khas Madura. Makanan ini dibuat dari kacang tolo yang diolah menggunakan bumbu khas Madura yang membuatnya menjadi renyah, gurih, manis dan pedas. Kacang otok cocok dinikmati sebagai pelengkap minum kopi dan teh.

 

6. Makanan Khas Madura, Topak Ladeh

topak ladeh makanan khas madura
sumber: iswartirasjid.wordpress.com

Makanan ini biasanya disajikan saat hari raya atau hari besar. Terbuat dari daging sapi yang diberi kuah campuran antara santan dan rempah-rempah. Topak Ladeh sangat cocok dinikmati secara beramai-ramai dalam sebuah acara.

 

7. Bubur Khas Madura, Tajin Sobih

bubur tajin sobih madura
sumber: mazecho.com

Tajin sobih merupakan makanan khas Kabupaten Bangkalan, Madura. Diberi nama tajin sobih karena makanan ini berasal dari Desa Sobih. Tajin sendiri berarti bubur. Isinya adalahi paduan bubur mutiara, bubur sumsum dan olahan tepung kanji. Biasanya tajin sobih disajikan menggunakan daun pisang. Makanan ini sangat pas dinikmati saat pagi hari.

 

8. Makanan Khas Madura, Nasi Serpang

nasi serpang khas madura
sumber: kuliner.panduanwisata.id

Masih dari Bangkalan, kita dapat menjumpai makanan khas Madura yaitu nasi serpang. Nasi ini diolah menggunakan bumbu rempah-rempah khas Madura. Biasanya disajikan degnan tambahan ikan dan pelengkap lainnya.

 

9. Makanan Khas Madura, Kaldu Kokot

makanan khas madura - kaldu kokot
sumber: an.tv

Kaldu kokot merupakan makanan tradisional khas Madura yang berbahan dasar kacang ijo dan dipadukan dengan lauk dari jeroan sapi seperti baba, usus atau paru sapi. Dimasak menggunakan bumbu rempah-rempah. Semakin nikmat apabila dikonsumsi dengan korket atau singkong yang telah direbus dan ditumbuk hingga halus.

 

10. Bubur Khas Madura, Tajin Rujak

Tajin rujak biasa disajikan saat bulan Ramadhan sebagai menu berbuka puasa. Tajin rujak adalah bubur rujak. Buburnya menggunakan bubur lemak yang rasanya gurih. Bubur lemak terbuat dari beras yang ditambahkan kaldu daging sapi saat pembuatannya. Di atas bubur lemak diberi mie kuning, rujak khas Madura dan taburan acar mentimun yang memiliki rasa asam yang pas di mulut. Isi dari rujak khas Madura sendiri adalah potongan tahu goreng, irisan mentimun, kecambah putih dan sayur kangkung.

 

11. Bubur Khas Madura, Tajin Mie

Sama seperti tajin rujak, tajin mie biasanya ditemukan saat bulan Ramadhan sebagai menu buka puasa. Isinya pun sama persis seperti tajin rujak. Hanya saja, tajin mie ini tidak menggunakan rujak, hanya bubur yang diberi taburan mie kuning dan acar mentimun.

12. Kue Khas Madura, Kue Olet

Kue ini merupakan makanan khas Kabupaten Sumenep, Madura. Kue olet terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dipadatkan. Setelah itu, diberi taburan ketan hitam di atasnya. Kue ini dipotong atau diiris sesuai selera dan disajikan di atas piring. Setelah itu kue ini disiram dengan tangguli secukupnya. Tangguli sendiri adalah kuah yang terbuat dari gula merah. Kue lopak rasanya manis dan gurih. Anda bisa mendapatkan makanan ini dengan harga yang terjangkau.

Rekomendasi: Rumput Sintetis

Leave a Comment