11 Kuliner Khas Majalengka, Jawa Barat yang Bisa Anda Cicipi

Makanan Khas Majalengka – Kabupaten ini terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Bagian utara dari Kabupaten Majalengka merupakan dataran rendah, bagian tengahnya merupakan bukit-bukit dan bagian selatan merupakan wilayah pegunungan. Jika anda berkunjung ke Kabupaten ini, maka anda wajib untuk mencicipi makanan yang ada di sini jika anda adalah pencinta kuliner.

 

1. Surabi Oncom

makanan khas majalengka - surabi oncom
sumber: diaryofwawah.blogspot.com

Sebenarnya surabi dapat anda temukan di kota-kota atau kabupaten lainnya karena makanan ini sudah terkenal. Namun yang membedakan surabi yang terdapat di Kabupaten Majalengka ini adalah topingnya menggunakan oncom. Rasa oncom dengan tingkat kematangan yang pas menjadikan ciri khas oncom yang dimiliki Kabupaten Majalengka. Surabi oncom sangat nikmat disantap saat masih hangat bersama sambal.

 

2. Durian Majalengka

durian majalengka
sumber: ytimg.com

Siapa yang suka durian? Katanya kalo orang suka durian sudah pasti suka sekali dan yang tidak suka durian sudah pasti tidak suka sekali. Nah bagi anda yang suka dengan durian tidak ada salahnya mencoba durian khas Majalengka yang memiliki tekstur yang lembut dan daging durian yang melimpah dengan rasa yang manis.

 

3. Nasi Lengko

nasi lengko khas majalengka
sumber: ranselkecil.com

Jika anda berkunjung ke Majalengka, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Majalengka yang satu ini. Nasi lengko adalah nasi yang dihidangkan dengan tahu, tempat yang dipotong kecil-kecil, taburan daun seledri dan dibumbui dengan sambal kacang yang membuat makanan ini sangat cocok disantap saat perut benar-benar kosong.

 

4. Tutut

Tutut… Mungkin jika anda mendengar kata yang satu ini akan membayangkan bunyi dari kereta api. Kalo di Majalengka, tutut merupakan makanan yang dibuat dari hewan sejenis keong yang memiliki ukuran kecil yang diolah dengan beraneka macam rempah-rempah terbaik.

 

5. Pepes Jeroan

pepes jeroan makanan khas majalengka
sumber: resepmasakandapurindonesia.blogspot.com

Kalo biasanya anda menikmati pepes yang berisi ikan, maka di Majalengka anda akan menikmati pepes yang berisi jeroan. Makanan khas Majalengka ini dinamai dengan pepes jeroan. Sangat enak dinikmati dengan nasi putih hangat yang akan mengenyangkan perut anda.

 

6. Lumpia Basah

Makanan khas Semarang yang satu ini dapat anda jumpai juga di Majalengka. Isinya pun sama seperti di Semarang, yaitu rebung namun juga ada tambahan toge, telur orak arik dan sosis yang membuatnya menjadi semakin nikmat. Anda juga dapat menikmati lumpia basah yang terdapat di Majalengka ini dengan nasi jika ingin lebih kenyang.

 

7. Seblak Basah

Seblak yang sudah mulai diadaptasi di seluruh Indonesia pun Majalengka juga memiliki ciri khasnya. Terdiri dari olahan kerupuk yang diberi bumbu cabai, bawang merah, bawang putih, sosis dan telur orak-arik. Tersedia juga inovasi varian lainnya yang disaikan dengan kwetiau dan ceker yang sangat nikmat untuk disantap.

 

8. Buah Gincu

Di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Majalengka dikenal sebagai penghasil Mangga Gedong Gincu. Buah ini memiliki rasa yang manis dan tampilan yang memikat. Harganya pun cukup mahal sehingga masyarakat menjuluki buah ini dengan “Mangga Keraton” atau mangga selera keraton. Dengan begitu, buah gincu telah digambarkan sebagai mangga yang dikonsumsi oleh kalangan elit. Buah gincu memiliki warna kuning kemerah-merahan dengan bentuk yang kecil dan bulat.

 

9. Buah Duwet

Selain mangga Gedong Gincu atau buah Gincu, Kabupaten Majalengka juga memiliki buah duwet atau biasa dikenal dengan buah jamblang. Besarnya seperti anggur dan memiliki warna keunguan. Buah ini memiliki kelebihan untuk mencegah kolesterol dan diabetes.

10. Oncom Goreng atau Keripik Oncom

Jika anda biasanya menyantap oncom dalam keadaan basah, di Majalengka anda bisa mencicipi oncom yang diolah kering dengan cara digoreng. Oncom dipotong tipis-tipis dan dilumuri dengan tepung terigu kemudian digoreng. Sangat enak dinikmati sebagai pendamping bakso atau mie.

 

11. Kecap Majalengka

kecap majalengka
sumber: vidio.com

Majalengka merupakan tempat industri kecap tradisional. Pada tahun 1980an, Kecap Majalengka berada pada masa keemasannya. Apabila berkunjung ke Majalengka, anda dapat membeli Kecap Majalengka sebagai oleh-oleh.

Itulah 11 makanan khas Majalengka yang dapat anda coba saat berkunjung ke Kabupaten ini. Semoga bermanfaat

Leave a Comment