Makanan Khas Manado yang Halal dan Lezat

Makanan Khas Manado РTernyata ada banyak sekali makanan, cemilan dan oleh-oleh yang dapat anda jumpai saat mengunjungi Kota Manado. Apa sajakah itu? Ini dia 17 daftar makanan yang dapat anda cicipi

 

1. Kue Khas Manado, Klappertaart

kue khas manado - klappertaart
sumber: radiopostki.com

Klappertaart merupakan kue khas Belanda yang dipadukan dengan sentuhan budaya Indonesia. Arti dari klappertaart sendiri adalah tart atau kue kelapa. Makanan ini terbuat dari bahan dasar kelapa muda, tepung, susu, margarin, gula dan air kelapa. Biasanya kue ini disajikan dalam keadaan dingin. Rasa yang bisa anda dapatkan saat menikmati kue yang satu ini adalah manis dan tekstur yang lembut.

 

2. Makanan Khas Manado, Bubur Tinutuan

makanan khas manado - bubur tinutuan
sumber: sedapkuliner.com

Bubur ini berisi sayur-sayuran seperti kangkung, jagung, bayam serta bumbu-bumbu seperti daun salam, jahe, garam dan serai. Bubur tinutuan sangat pas disantap dengan sambal khas Manado dan ikan asin goreng.

 

3. Cemilan Khas Manado, Halua Kenari

Halua kenari merupakan cemilan yang dibuat dengan kacang kenari dan dilapisi dengan gula merah yang telah dilelehkan. Cemilan ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Halua kenari sangat nikmat dikonsumsi dengan teh atau kopi. Jika anda berminat untuk mencicipi atau menjadikan halua kenari sebagai oleh-oleh, anda bisa menemukannya di toko oleh-oleh yang ada di Manado.

 

4. Makanan Khas Manado, Cakalang Fufu

makanan khas manado - cakalang fufu
sumber: travellingaddict.com

Bagi anda pencinta makanan pedas, jangan sampai tidak mencoba cakalang fufu saat berkunjung ke Manado. Cakalang fufu adalah ikan cakalang yang diolah dengan proses pengasapan selama 4 jam. Sebelum proses pengasapan, ikan dibersihkan dan dibuang sisiknya terlebih dahulu lalu dibelah menjadi dua dan diberi bumbu.

 

5. Makanan Khas Manado, Ikan Woku Belanga

ikan woku belanga makanan khas manado
sumber: resepdanmasakan.com

Ikan woku belanga sebenarnya dimasak menggunakan wadah tanah liat. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan kerapu, ikan nila, ikan mas, udang dan kepiting. Penggunaan wadah tanah liat dapat menghasilkan aroma dan rasa yang berbeda.

Bahan-bahan yang digunakan adalah daun pandan, daun jeruk, kemangi, daun kunyit dan serai yang menghasilkan aroma harus yang menggugah selera. Rasa yang dihasilkan dari masakan ini adalah pedas dan segar.

 

6. Kue Khas Manado, Panada

Anda tau panada? Panada bukanlah binatang yang berwarna hitam putih ini. Panada ini adalah kue yang bentuknya mirip seperti pastel. Yang membedakan adalah isinya yang menggunakan ikan cakalang yang diberi bumbu panpis.

 

7. Manisan Khas Manado, Pala Manis

Untuk makanan khas Manado ini sudah terkenal hingga negara tetangga. Pala manis merupakan manisan buah pala. Teksturnya mengkilap dan bersih karena manisan ini terbuat dari buah pala yang dicampur dengan cairan gula. Sedangkan jika di daerah lainnya, biasanya manisan menggunakan gula pasir dalam pembuatannya.

 

8. Cemilan Khas Manado, Kacang Goyang

cemilan manado kacang goyang
sumber: indonesiakaya.com

Biasanya cemilan yang satu ini ada di acara hajatan yang diadakan oleh masyarakat Manado. Kacang goyang merupakan kacang atom yang dibalut oleh tepung terigu dan dilumuri gula pada lapisan luarnya. Dinamakan kacang goyang karena saat proses pembuatannya kacang ini digoyang-goyang. Salah satu daerah yang terkenal sebagai pembuat kacang ini adalah Kotamobagu.

 

9. Oleh-Oleh Khas Manado, Dodol Amurang

Apakah anda suka dodol? Jika anda merupakan pencinta dodol, jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini saat berkunjung ke Manado. Dodol amurang terbuat dari beras ketan yang dihaluskan, gula aren, kacang, santan dari minyak kelapa murni dan kayu manis. Ciri khas dari dodol ini adalah dibungkus menggunakan daun kelapa.

 

10. Makanan Khas Manado, Nasi Jaha

makanan khas manado - nasi jaha
sumber: sayangi.com

Nasi jaha adalah makanan yang terbuat dari bahan utama beras ketan, santan dan jahe. Yang unik dari makanan ini adalah dimasak menggunakan bambu yang sebelumnya sudah dilapisi dengan daun pisang. Setelah itu bambu tersebut dibakar sampai nasi menjadi matang. Anda dapat dengan mudah menemukan nasi jaha di rumah-rumah makan yang terdapat di Manado.

 

11. Sambal Khas Manado, Sambal Roa

Sambal khas manusia ini sudah terkenal di seluruh Indonesia. Sambal ini terbuat dari ikan roa yang diasap. Setelah diasap, ikan ini dihancurkan hingga halus lalu dimasak dengan bumbu dan minyak. Sangat nikmat dijadikan sebagai pendamping nasi. Jika di Manado, biasanya sambal roa disajikan dengan bubur Manado. Ketahanannya mencapai 6 bulan apabila disimpan dalam suhu ruangan dan 1 tahun apabila disimpan dalam kulkas.

 

12. Makanan Khas Manado, Perkedel Jagung

Saya yakin anda pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Biasanya perkedel jagung dikonsumsi sebagai cemilan atau pendamping menu makanan besar. Cara membuat perkedel jagung termasuk mudah. Bahan utama dalam membuat perkedel jagung adalah jagung manis yang sudah diserut, telur, tepung beras dan tepung terigu.

 

13. Sambal Khas Manado, Dabu-Dabu Lilang

Dabu-dabu adalah sambal khas yang dimiliki Manado. Bahan yang digunakan sama seperti sambal pada umumnya. Yang membuat khas dari sambal ini adalah terletak di proses pembuatannya. Jika sambal pada umumnya diulek, ditumbuk atau diblender, maka dabu-dabu lilang dibuat dengan cara diiris kecil-kecil.

Aroma yang dihasilkan dari dabu-dabu lilang ini dapat menambah nafsu makan. Biasanya sambal ini dimakan bersama dengan ikan bakar Manado atau cakalang fufu. Anda dapat menjumpai sambal ini di banyak rumah makan yang terdapat di Manado.

 

14. Makanan Khas Manado, Perkedel Nike

perkedel nike makanan khas manado
sumber: littlefeetroundtheworld.blogspot.co.id

Perkedel nike adalah perkedel yang dibuat menggunakan ikan nike. Ikan nike merupakan ikan sejenis teri dengan rasa yang berbeda. Perkedel ini dapat anda temukan di rumah-rumah makan di Manado.

 

15. Makanan Khas Manado, Nasi Kuning Manado

Manado juga memiliki makanan khas yang biasa dijadikan sebagai nasi tumpeng ini. Sebenarnya nasi kuning bukanlah makanan khas Manado. Namun nasi kuning Manado berbeda dengan nasi kuning pada umumnya. Jika biasanya nasi kuning menggunakan pelengkap seperti ayam, gudeg telur, perkedel dan oseng-oseng tempe, maka nasi kuning Manado menggunakan pelengkap irisan ikan cakalang dan olahan daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Yang juga menjadikan nasi kuning khas Manado berbeda dengan nasi kuning lainnya adalah dibungkus menggunakan daun woka.

 

16. Makanan Khas Manado, Ikan Tude

ikan tude makanan khas manado
sumber: loveindonesia.com

Ikan ini sejenis dengan ikan kembung namun rasanya lebih gurih. Ikan ini sangat digemari oleh masyarakat Manado. Biasanya ikan ini diolah dengan cara digoreng atau dibakar.

 

17. Asinan Khas Manado, Gohu

Gohu ini adalah asinan yang menggunakan buah pepaya mangkal. Pepaya diiris lalu ditambahkan dengan campuran cuka, cabai, air dan gula aren, bakasang dan jahe. Saat mengonsumsi makanan ini, anda akan merasakan asam, manis dan pedas. Makanan ini sangat cocok disantap saat santai bersama keluarga atau teman.

3 thoughts on “Makanan Khas Manado yang Halal dan Lezat

  1. saya izin copy tulisan (materi) artikel nya & izin save foto-foto sama izin edit copyan nya kalau saya perlu ngedit

Leave a Comment