5 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat yang Bisa Anda Cicipi

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat – Nusa Tenggara Barat merupakan sebuah provinsi yang berada dalam gugusan Sunda Kecil. Kota dan kabupaten yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Barat antara lain Kota Mataram, Kota Bima, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu. Jika anda berkunjung ke salah satu kota atau kabupaten tadi, tidak ada salahnya untuk menikmati makanan khas Nusa Tenggara Barat ini.

 

1. Ayam Taliwang

makanan khas nusa tenggara barat - ayam taliwang
sumber: tokomesin.com

Makanan khas Nusa Tenggara Barat yang pertama adalah ayam taliwang. Ayam taliwang merupakan ayam bakar yang dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, terasi goreng, cabai merang kering, tomat, gula merah, kencur dan garam.

 

2. Sate Bulayak

sate bulayak makanan khas ntb
sumber: bello.id

Sate bulayak merupakan sate sapi yang dibuat dengan bumbu khas Lombok yang disajikan dengan bulayak (lontong) dan disiram dengan bumbu sate yang terbuat dari kacang tanah sangrai yang ditumbuk dan direbus dengan santan serta beberapa bumbu lain.

 

3. Plecing Kangkung

plecing kangkung khas nusa tenggara barat
sumber: foodsweety.com

Bagi anda pencinta sayuran atau seorang vegetarian, anda harus mencoba makanan yang satu ini saat berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kangkung direbus kemudian disajikan saat sudah dingin dan diberi sambal tomat yang dibuat menggunakan cabai rawit, terasi, garam dan tomat.

Biasanya plecing kangkung disajikan dengan sayuran lainnya juga seperti tauge, kacang tanah goreng, kacang panjang dan urap. Kangkung yang digunakan pun tidak sama dengan kangkung pada umumnya. Kangkung yang digunakan adalah kangkung air yang didapatkan dari sungai yang mengalir.

 

4. Jaje Tunjak Lapis Poteng

Makanan khas NTB selanjutnya adalah Jaje Tunjak Lapis Poteng atau sering juga disebut dengan Poteng Jaje Tujak. Poteng Jaje Tujak biasanya disediakan satu minggu setelah lebaran. Makanan ini merupakan ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan dikukus dengan campuran sedikit garam. Sedangkan poteng adalah beras ketan yang diberi ragi untuk diolah menjadi tape.

 

5. Sate Pusut

sate pusut makanan khas nusa tenggara barat
sumber: harindabama.com

Sate pusut merupakan makanan khas Lombok yang populer. Sebenarnya sate ini sama dengan sate-sate pada umumnya yang menggunakan daging sapi, kambing atau ayam dan disiram dengan bumbu kacang. Namun yang membedakan adalah jika sate biasanya menusukkan tusukan pada daging yang telah dipotong kecil-kecil sedangkan pada sate pusut, daging ayam, sapi ataupun kambing disajikan dengan cara dililitkan pada tusuk sate.

 

Itulah tadi 5 makanan khas Nusa Tenggara Barat yang bisa anda cicipi saat mengunjungi kota atau kabupaten yang ada di provinsi ini. Jika anda tambahan, anda bisa memberi masukan lewat kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat

Leave a Comment