Makanan Khas Kota Palembang Selain Pempek

Makanan Khas Palembang – Jika mendengar Kota Palembang, maka makanan yang menjadi ikonnya adalah Pempek. Dimana semua orang di Indonesia menjuluki Palembang sebagai kota pempek. Setiap daerah memang memiliki makanan khas dan juga makanan yang menjadi cirinya masing-masing. Apalagi Indonesia terdiri dari banyak sekali kota dan juga daerah, yang menjadikan kekayaan kuliner dan budayanya tidak tertandingi.

Sebenarnya di Kota Palembang sendiri, tidak hanya pempek yang bisa anda nikmati ketika berkunjung kesini. Masih banyak makanan lain yang bisa anda cicipi dan termasuk salah satu makanan khas dari kota Palembang makanan ini bisa anda cicipi di kawasan pasar tradisional Palembang dan juga tempat jajanan khas serta oleh-oleh. Apa saja makanannya, ini dia informasinya.

 

1. Makanan Khas Palembang, Kue Gandus

kue gandus makanan khas palembang
Sumber: dapur.website

Kue Gandus mungkin akan menarik perhatian anda pertama kalinya. Dengan bentuk mirip kue basah bernama Talem, kue gandus terbuat dari tepung berasa dan juga tepung kanji.

Rasanya sangat lembut dan juga legit, dengan bercita rasa asin kue ini sering kali ditambah hiasan dengan potoingan seledri, ebi, bawang merah goreg serta terakhir cabe merah dengan potongan yang disesuaikan.

Jika kue biasanya asin, maka Kue Gandus ini justru memberikan rasa gurih dan sedikit pedas dalam sekali gigitan.Kue ini sering dikonsumsi untuk sarapan pagi atau sekedar camilan asin masyarakat Palembang.

Baca juga: Makanan Khas Semarang yang Enak dan Terkenal

2. Pangsit Ikan Khas Palembang

pangsit ikan khas palembang
sumber: kokicafe.com

Selain kue ada juga makanan khas Palembang yang juga dibuat dengan berbahan dasar ikan. Mengingat di Palembang sangat mudah mendapatkan ikan, maka banyak makananya yang terbuat dari ikan. Pangsit ikan merupakan pangsit yang basah biasa yang umumnya diisi daging sapi ataupun ayam.

Namun di Palembang kulit pangsit ini diberi isian ikan dan disajikan bersama bakos, tekwan dan makanan kuah lainnya. Jika penyuka makanan pedas kuah bisa ditambahkan sambal dan dinikmati bareng pangsit ikan. Rasanya tentu tidak perlu ditanyakan kembali karena sangatlah nikmat dan benar-benar asli rasa ikannya.

3. Sambal Tempoyak Khas Palembang

makanan khas palembang sambal tempoyak
tastemade.com

Sambal tempoyak mungkin bukan makanan namun pelengkap makanan. Jika biasanya kita tahu bahwa sambal terbuat dari cabai, atau terasi dan sejenis bahan bumbu dapur lainnya.

Berbeda di Palembang anda bisa menemukan sambal tempoyak yang bahan bakunya adalah buah durian. Cara makan sambal ini disajikan bersama pindang palembang, namun anda juga bisa memadukan sambal ini bersama dengan nasi putih hangat dan juga lauk lainnya.

Rasanya bagaimana ? mungkin agak asing jika jarang mengonsumsi buah durian dengan cara lain, terutama anda yang tidak suka. Namun jika sudah terbiasa sambal tempoyak ini justru membuat anda ketagihan mengonsumsinya. Masyarakat Palembang sendiri lebih senang mengonsumsi sambal ini dibanding sambal pedas umumnya.

4. Duku Palembang

Duku Palembang merupakan buah khas populer yang termasuk kedalam deretan makanan khas Palembang. Kenapa menjadi ciri khas ? sudah banyak penelitian yang mengangkat judul buah duku ini dan kenapa duku Palembang memiliki rasa yang manis dan berbeda.

Faktanya, beberapa penelitian mengatakan bahwa iklim mikro atau iklim dengan ruang lingkup kecil di Palembang yang mempengaruhi tanaman duku sehingga bisa berbuah manis.

Duku Palembang memang seringkali dicampur dengan duku yang rasanya masam jika dijual diluar daerah Palembang, namun jika anda benar-benar membeli aseli duku Palembang rasanya sangat manis dan juga enak.

Baca juga: Makanan Khas Jepara yang Beraneka Ragam

5. Telok Ukan

sumber: blogdetik.com

Makanan khas selanjutnya bernama Telok Ukan, makanan ini tergolong unik dan juga berbeda. Umumnya telok ukan menggunakan telur ayam ataupun telur bebek sebagai bahan utamanya. Telok ukan jika diartikan yaitu bukan telur, karena sebenarnya makanan ini disajikan bukan berupa telur yang sudah dimasak saja.

Telok ukan dibuat dengan proses yang rumit, dimana telur mulai dilubangi dengan jarum agar bisa membuat lubang atau bolongan. Tentunya tanpa merusak telur atau memecahkannya. Setelah itu dimasukan santan dan bumbu yang sudah diracik melalui lubang yang sudah dibuat tadi kemudian dimasak.

Proses yang tidak mudah berbanding lurus dengan ketersediaannya di Palembang. Telur ini hanya ada saat kemerdekaan dan juga perayaan besar, selain itu penjual telok ukan sudah sangat sedikit karena sudah jarang yang memproduksinya. Telok ukan termasuk makanan yang difavoritkan banyak orang di Palembang bahkan banyak wisatawan yang sudah tahu akan telok ukan ini.

 

Itulah beberapa makanan khas Palembang selain dari pempek yang dapat anda coba ketika mampir ke Kota Palembang. Tapi, nyatanya pempek memang sudah menjadi makanan khas Palembang yang paling diminati oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia.

 

Pempek Palembang Online

Nah, kalau anda ingin memesan pempek tapi sedang tidak di Kota Palembang, sekarang ada toko online yang menjual pempek palembang secara online.

Anda tinggal pesan lewat smartphone atau laptop, maka pempeknya yang akan datang ke rumah anda dengan diantar oleh petugas JNE. Tinggal anda goreng, hidangkan, dan santap bersama keluarga tercinta.

 

Leave a Comment