13 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera

Makanan Khas Pemalang – Kabupaten Pemalang adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Purbalingga di sebelah selatan, Kabupaten Tegal di sebelah barat dan Kabupaten Pekalongan di sebelah timur. Jika anda sedang berkunjung ke Kabupaten ini, anda dapat menemukan banyak makanan khas mulai dari makanan berat sampai dengan makanan ringan. Apa saja makanan khas Pemalang? Ini dia daftarnya

 

1. Makanan Khas Pemalang, Lontong Dekem

makanan khas pemalang - lontong dekem
sumber: twitter.com

Lontong dekem sangat nikmat disantap saat sore atau malam hari karena makanan ini diolah menggunakan berbagai macam rempah-rempah yang dapat memberikan efek hangat pada tubuh. Anda bisa lontong dekem dijual di warung-warung tenda.

Pada makanan ini terdapat irisan lontong, kuah santan berwarna kuning, serundang kelapa, kerupuk dan bawang goreng. Biasanya juga disajikan dengan sate. Pengguanaan sereh pada kuah lontong dekem menghasilkan cita rasa sedikit pedas yang nikmat. Anda dapat menikmati makanan ini di Pemalang salah satunya di Jalan RE Martadinata.

Baca Juga Makanan Khas Semarang yang Enak dan Terkenal

 

2. Olahan Daging Khas Pemalang, Sate Loso

makanan khas pemalang - sate loso
sumber: perutgendut.com

Sate yang mudah ditemui di Pemalang ini sangat cocok untuk anda yang takut akan kolesterol. Sate loso menggunakan daging kerbau yang disebut-sebut rendah akan kolesterol. Nama sate loso diambil dari nama pencetusnya sendiri  yaitu Mbah Loso. Disajikan dengan 2 macam bumbu yaitu bumbu kacang dan bumbu sate.

Soto ini memiliki ciri khas bumbu kacang yang berwarna merah karena dicampur dengan bumbu-bumbu dan cabe merah. Jika anda ingin mencicipi makanan khas Pemalang ini, anda bisa mampir ke Jalan Ahmad Yani atau dekat komplek kantor pemerintahan Kabupaten Pemalang.

 

3. Makanan Khas Pemalang, Bakso Balungan

makanan khas pemalang - bakso balungan
sumber: infomakan.com

Jika anda merupakan pencinta makanan bakso dan ingin mencoba hidangan bakso yang sedikit berbeda, anda bisa mencoba bakso balungan. Bakso ini hampir sama dengan bakso pada umumnya. Yang membedakan adalah terdapat tambahan potongan tulang sapi yang biasa disebut dengan balung. Karena itulah bakso ini disebut dengan bakso balungan. Salah satu warung bakso balungan yang dapat anda kunjungi di Pemalang berada di Jalan Ahmad Yani.

 

4. Sirlo Steak

sirlo steak makanan khas pemalang
sumber: tummyticklish.blogspot.com

Jika anda sedang berkunjung ke Pemalang dan ingin mencoba steak yang enak di Pemalang ini, anda bisa datang ke Jalan Urip Sumoharjo No. 133 Pemalang. Ada berbagai pilihan menu yang dapat anda pilih di antaranya adalah steak sapi, steak ayam, original steak, dll.

 

5. Gulai Kepala Kakap Mas Har

Jika anda ingin makan gulai di Pemalang, anda bisa datang ke kedai gulai kepala kakap Mas Har yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No 69B. Yang membedakan antara gulai yang berada di Kota Pemalang ini dengan kota-kota lainnya adalah cita rasa khas rempah-rempah yang bisa anda dapatkan karena menggunakan bahan-bahan seperti kencur dan jahe.

 

6. Olahan Mie Khas Pemalang, Mie Ayam Jamur Moga Sedap

Mungkin di kota anda juga sudah banyak yang rumah makan yang menjual mie ayam. Namun yang membedakan mie ayam di Kota Pemalang ini adalah disajikan dengan jamur. Bagi anda yang suka berwisata kuliner, tempat ini sangat direkomendasikan sebagai salah satu tempat tujuan anda saat berkunjung ke Pemalang. Anda dapat menemukan Mie Ayam Jamur Moga Sedap di Jalan Kartini No 54 Petarukan, Pemalang.

 

7. Makanan Khas Pemalang, Tahu Pletok

tahu pletok
sumber: indonesiana.co.id

Tahu ini disebut dengan tahu pletok karena saat proses penggorengan, tahu ini sering mengeluarkan bunyi pletok pletok. Rasa yang didapat dari tahu ini adalah gurih dengan isian tepung sagu yang dibuat dengan bumbu yang pas. Tahu pletok sangat nikmat dimakan saat hangat. Apalagi dinikmati bersama kecap pedas, maka akan didapatkan rasa manis bercampur gurih yang sangat nikmat.

 

8. Makanan Khas Pemalang, Pecak Belut

pecak belut makanan khas pemalang
sumber: id.openrice.com

Pecak belut merupakan makanan dengan bahan dasar belut yang disajikan dalam cobek yang dilapisi dengan daun pisang yang membuat aromanya menjadi semakin nikmat. Walaupun belut memiliki bentuk seperti ular, namun makanan ini termasuk dalam golongan makanan hala dan layak untuk dikonsumsi.

 

9. Makanan Khas Pemalang, Nasi Grombyang

nasi grombyang khas pemalang
sumber: umiresep.com

Makanan ini jika diamati secara sepintas mirip dengan nasi rawon, namun yang membedakan adalah kuahnya lebih gurih dan memiliki aroma kelapa sangrai. Nasi grombyang menjadi semakin nikmat saat disantap bersama sate kerbau. Nasi grombang yang terkenal di Pemalang adalah Nasi Gromyang H. Warso yang terletak di Jalan RE Martadinata.

 

10. Pendamping Makanan Khas Pemalang, Krupuk Usek

krupuk usek makanan khas pemalang
sumber: umkmsolowangi.blogspot.com

Mungkin kerupuk ini juga bisa anda temukan dengan mudah anda temukan di kota anda. Namun, pusat dari produksi krupuk usek ini adalah Kota Pemalang. Krupuk usek dapat dinikmati secara langsung sebagai cemilan atau sebagai pelengkap makan besar.

 

11. Cemilan Khas Pemalang, Kue Kamir

kue kamir khas pemalang
sumber: pejambonjakarta.blogspot.com

Kue kamir merupakan jajanan yang dibuat dari adonan tepung terigu, mentega dan telur. Terkadang juga dicampur dengan bahan lainnya seperti pisang ambon atau tape. Ada dua jenis kamir yang bisa anda temukan yaitu kamir terigu dan kamir beras. Di Pemalang sendiri anda akan lebih banyak menemukan kamir terigu daripada kamir beras karena lebih tahan lama.

 

12. Cemilan Khas Pemalang, Ogel-Ogel

cemilan khas pemalang - ogel ogel
sumber: oscpos.com

Ogel-ogel merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung besar ketan yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti gula, garam dan keju. Bentuk dari makanan ringan yang satu ini adalah seperti ulat yang menggeliat. Karena bentuk itulah warga sekitar menyebutnya ogel-ogel. Ogel-ogel memiliki rasa yang gurih, renyah dan lezat yang membuat anda ingin menikmatinya lagi dan lagi. Cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh jika anda berkunjung ke Pemalang.

 

13. Cemilan Khas Pemalang, Apem Comal

apem comal cemilan khas pemalang
sumber: birohumas.jatengprov.go.id

Apem Comal merupakan makanan ringan sejenis roti yang memiliki rasa yang manis dan gurih. Pembuatan makanan yang masih menggunakan cara tradisional membuatnya tetap terjaga ciri khasnya. Bahan dasar pembuatan apem comal adalah tepung beras dan gula merah.

Anda bisa mendapatkan makanan khas Pemalang ini dengan harga sekitar Rp1.000,- sampai Rp2.000,- per kuenya di sekitar Pasar Comal atau toko-toko kue yang ada di Kota Pemalang.

Leave a Comment