Makanan Khas Purwokerto yang Jangan Sampai Anda Lewatkan

Makanan Khas Purwokerto¬†–¬†Purwokerto merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas. Dikenal sebagai kota wisata, kota transit, kota kripik, kota pendidikan dan kota pensiunan. Bagi anda pencinta kuliner, pastinya tidak ingin melewatkan makanan khas dari suatu daerah. Salah satunya Purwokerto ini, yang memiliki sejumlah makanan khas. Ini dia 7 makanan khas Purwokerto yang jangan sampai dilewatkan

 

1. Soto Khas Purwokerto, Soto Sokaraja

makanan khas sokaraja - soto sokaraja
sumber: resephariini.com

Dapat kita ketahui bahwa banyak daerah yang memiliki soto khasnya masing-masing. Begitu pun di Purwokerto, terdapat soto khas yang bernama Soto Sokaraja. Sokaraja merupakan nama daerah yang ada di Purwokerto. Ciri khas dari soto khas Purwokerto yang satu ini adalah menggunakan ketupat, bumbu kacang serta kerupuk di atasnya. Jika anda ingin mencicipi Soto Sokaraja ini, bisa datang ke Sokaraja.

 

2. Soto Khas Purwokerto, Soto Sungeb

soto sungeb khas purwokerto
sumber: kuliner-purwokerto.tk

Selain Soto Sokaraja, Purwokerto juga memiliki soto khas lainnya. Namanya adalah Soto Sungeb. Soto Sungeb juga menggunakan ketupat seperti pada Soto Sokaraja. Isinya pun hampir sama dengan Soto Sokaraja. Soto ini sudah ada sejak tahun 1958. Berisi ketupat, daging ayam, bihun, krupuk mie kuning dan krupuk merah. Warung soto ini terletak di Jalan RA. Wiria Atmaja No 23 A, Purwokerto.

 

3. Makanan Khas Purwokerto, Mendoan

sumber: bisnisgorengan68.blogspot.com

Saya yakin pasti anda sudah mengetahui bahkan mengonsumsinya setiap hari makanan khas Purwokerto yang satu ini. Mendoan merupakan tempe yang dibuat tipis dan lebar. Tempe tersebut dibalut dengan adonan tepung kemudian digoreng.

Di Purwokerto anda bisa dengan mudah mendapatkan makanan yang satu ini. Tidak hanya di Purwokerto, saya yakin bahkan di daerah anda juga banyak penjual atau warung yang menyediakan tempe mendoan. Mendoan yang renyah dan gurih membuat siapa pun akan ketagihan. Lebih enak lagi dimakan bersama saus sambal.

 

4. Sate Khas Purwokerto, Sate Suhada

sate suhada makanan khas purwokerto
sumber: kuliner-purwokerto.tk

Di Sate Suhada, anda bisa menikmati sate kambing dan gulai kambing yang benar-benar mantap rasanya. Daging yang digunakan adalah daging kambing muda sehingga empuk. Daging kambing yang disajikan bersama dengan bumbu kacang menciptakan rasa yang sangat nikmat. Jika anda ingin berkunjung ke sini, tempatnya terletak di Jalan S Parman, Purwokerto.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Jepang

 

5. Cemilan Khas Purwokerto, Getuk Goreng

getuk goreng cemilan khas purwokerto
sumber: pesonanegeri.com

Getuk goreng merupakan makanan khas Purwokerto yang rasanya manis dan gurih. Bahan yang digunakan adalah singkong dan gula kelapa. Katanya getuk goreng ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang penjual nasi keliling. Saat itu getuk yang dijualnya tidak laku.

Iapun mencari cara agar getuk tersebut masih bisa dimakan. Getuk itupun digoreng dan dijual kembali. Ternyata getuk goreng tersebut disukai oleh para pembeli. Anda bisa mendapatkan menemukan getuk goreng di sepanjang jalan di Sokaraja. Getuk goreng yang dijual sekarang ini bukanlah getuk yang tidak laku namun memang sengaja digoreng saat pembuatannya.

 

6. Es Campur Khas Purwokerto, Es Jorok

es jorok
sumber: icipicipiniitu.wordpress.com

Apa yang membuat es ini jorok? Sebenarnya itu hanyalah nama saja. Es jorok ini merupakan es campur khas Purwokerto. Dinamakan es jorok karena tempat jualan es campur ini agak menjorok (masuk) ke dalam. Terletak di Jalan Riyanto, Sumampir yang berada di sebelah utara Universitas Jenderal Sudirman. Es campur ini berisi kelapa muda, alpukat, cincau hitam, kolang kaling, nanas dan mutiara.

 

7. Cemilan Khas Purwokerto, Lanting

makanan khas purwokerto - lanting
sumber: indonesiarayahandmade.wordpress.com

Lanting adalah cemilan khas Purwokerto yang berbentuk angka 8. Cemilan ini terbuat dari singkong dan tambahan bahan penyedap lainnya. Anda bisa mendapatkan makanan ringan yang satu ini di toko oleh-oleh yang ada di Purwokerto. Sangat cocok dinikmati saat santai bersama keluarga atau teman. Juga bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh.

 

Itulah 7 cemilan dan makanan khas Purwokerto yang dapat anda cicipi dan jadikan oleh-oleh saat pulang ke rumah. Jika anda tambahan, anda bisa menuliskannya melalui komentar. Terimakasih

Leave a Comment