20 Makanan Khas Riau yang Perlu untuk Anda Cicipi

Makanan Khas Riau –┬áRiau merupakan provinsi di Indonesia yang letaknya berada di tengah Pulau Sumatera. Jika anda sedang berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas, cemilan dan oleh-olehnya yang sangat beragam. Apa sajakah itu? Ini dia daftarnya

 

1. Makanan Khas Riau, Gulai Ikan Patin

makanan khas riau - gulai ikan patin
sumber: djamu.xyz

Makanan ini merupakan salah satu ikon kuliner Riau yang cukup terkenal. Di Pekanbaru Riau banyak terdapat ikan patin yang masih segar. Ciri khas gulai ikan patin adalah kuahnya berwarna kuning dan terdapat potongan-potongan ikan patin yang besar. Rasanya sangat gurih terlebih lagi apabila bumbunya meresap ke dalam daging ikan patin.

 

2. Makanan Khas Riau, Ikan Selais Asap

makanan khas riau - ikan selais asap
sumber: wisataa.net

Selain ikan patin, Riau khususnya daerah Pekanbaru juga memiliki ikon kuliner olahan ikan yang terkenal yaitu ikan selais. Ikan ini memiliki bentuk pipih memanjang dan tidak memiliki sisik. Ikan selais biasanya diolah dengan cara diasap selama kurang lebih 8 jam. Anda bisa mendapatkan rasa yang khas dan renyah dari makanan olahan ikan ini. Biasanya ikan selais asap disajikan dengan sambal merah.

 

3. Makanan Khas Riau, Asam Pedas Baung

asam pedas baung makanan khas riau
sumber: bayuwinata.wordpress.com

Baung merupakan ikan air tawar yang memiliki protein tinggi dan rendah lemak. Ikan baung hidup di sungai besar atau muara sungai. Makanan ini diolah menggunakan bumbu rempah-rempah seperti jahe, kemiri, sereh, lengkuas, daun kunyi, cabai merah, dll.

Kuahnya berwarna merah dan daging ikannya lembut. Jika anda ingin mencicipi kuliner khas Riau yang satu ini bisa mengunjungi Pondok Asam Pedas Baung yang terletak di seberang Rumah Sakit Awal Bross.

 

4. Makanan Khas Riau, Roti Canai

Roti ini berbentuk pipih. Cukup banyak ditemukan di Negara Singapura, Malaysia dan Indonesia salah satunya di wilayah Riau. Diolah dengan cara diputar hingga tipis lalu dilipat dan dipanggang dengan minyak. Roti canai rasanya gurih dan empuk. Roti ini sangat enak apabila disantap bersama kari daging kambing. Cara makannya adalah dengan menyobek roti lalu dicocolkan ke dalam kari daging kambing. Bisa anda bayangkan sendiri kenikmatan yang didapatkan dari sajian ini.

 

5. Olahan Mie Khas Riau, Mie Tarempa

makanan khas riau - mie tarempa
sumber: ceritaperut.com

Mie tarempa merupakan mie kuning dengan tambahan kecambah dan potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabai. Anda dapat menemukan kuliner ini di Kabupaten Anambas atau Tanjung Pinang yang sudah terkenal sebagai tempat yang terdapat Mie Tarempa.

 

6. Oleh-Oleh Khas Riau, Lempok Durian

Makanan khas Riau yang satu ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan durian. Lempok merupakan makanan seperti dodol yang terbuat dari durian Siantan yang memiliki rasa nikmat. Pembuatannya dilakukan secara turun temurun dengan cara sederhana. Anda dapat menemukan lempok durian ini di toko-toko makanan yang terdapat di Kota Tarempa atau Letung

 

7. Makanan Khas Riau, Sop Ikan Batam

sop ikan makanan khas riau
sumber: batam-dine.com

Batam yang terletak di Provinsi Riau punya sop ikan yang terdiri dari ikan tenggiri, kuah bening serta tambahan sedikit perasan jeruk nipis dan kecap asin. Jika anda menyukai rasa pedas, anda bisa menambahkan cabai rawit.

 

8. Makanan Khas Riau, Sop Tunjang

Selain sop ikan Batam, ada juga sop Tunjang yang berbahan dasar tulang sapi yang masih dibalut daging tebal. Dengan pengolahan yang benar akan didapatkan daging yang lembut dan mudah dilepas dari tulangnya.

Bagi anda pencinta makanan olahan daging ternak sangat direkomendasikan untuk mencoba makanan khas Riau yang satu ini. Bumbu dan rempah yang digunakan untuk membuat sop Tunjang ini sangat terasa saat kuahnya melewati kerongkongan.

Bagi anda yang tidak ingin bersusah payah melepaskan daging dari tulangnya tersedia juga sup daging. Tempat makan yang bisa anda kunjungi untuk menikmati kuliner yang satu ini adalah Sup Tunjang Pertama yang terletak di Jalan Pinang Pekanbaru tepatnya di seberang Hotel Pangeran.

 

9. Olahan Mie Khas Riau, Lakse

Lakse merupakan makanan mie yang dimasak dengan racikan bumbu khas Melayu dan Tionghoa. Bentuk mienya bulat dan agak tebal. Nama lakse didapat dari bahasa Sansekerta yang berarti “banyak”. Itu dikarenakan mie ini dimasak dengan banyak bumbu.

 

10. Cemilan Khas Riau, Kerupuk Atom

kerupuk atom khas riau
sumber: cookpad.com

Pernah mencoba kerupuk yang satu ini? Kerupuk ini terbuat dari ikan tongkol yang apabila anda memakannya maka akan terasa sekali rasa ikannya. Sangat pas dinikmati sebagai cemilan atau pendamping makan besar. Biasanya kerupuk ini diproduksi oleh industri rumahan dalam jumlah terbatas.

 

11. Kue Khas Riau, Bolu Kemojo

Bolu ini dipopulerkan oleh Ibu Dinawati pada tahun 1998. Bolu Kemojo merupakan kue khas Pekanbaru, Riau. Diberi nama kemojo karena kue ini memiliki bentuk seperti bunga kamboja. Bahan dasar dari kue ini adalah tepung terigu, telur, gula pasir dan mentega, santan dan labu kuning. Kue ini berwarna hijau dan terdapat taburan wijen di atasnya.

 

12. Makanan Khas Riau, Roti Jala

roti jala makanan ringan khas riau
sumber: ytimg.com

Roti ini berasal dari merupakan makanan yang berasal dari Tanjungpinang, Riau. Sebenarnya kue ini asalnya mulanya dari India. Biasanya disuguhkan dengan kuah kari Melayu. Di Deli, makanan ini disajikan dengan kari kambing dan acar nanas. Anda dapat menemukan roti jala di restoran-restoran yang ada. Bentuknya yang mirip jala menjadikan makanan ini diberi nama roti jala.

 

13. Kue Khas Riau, Lopek Bugi

Lagi-lagi masih dari Pekanbaru. Oleh-oleh khas Pekanbaru yang satu ini merupakan lepat ketan yang dibungkus menggunakan daun pisang. Rasa dari makanan ini adalah manis dan gurih. Anda bisa menemukan lopek bugi di sepanjang jalan Lintas Pekanbaru Bangkinang yang terletak di dekat Jembatan Danau Bingkuang.

 

14. Kue Khas Riau, Asidah

Asidah merupakan makanan khas Melayu yang sudah hampir punah. Yang unik dari kue ini adalah disajikan dengan bawang goreng. Kue ini terinspirasi dari kudapan Arab yang dikreasikan dengan cita rasa khas Melayu. Bentuk dari kue ini biasanya sesuai dari kreasi si pembuat. Rasanya manis gurih dan memiliki tekstur yang lembut.

 

15. Kue Khas Riau, Kue Bangkit

Kue ini diberi nama kue bangkit karena ukurannya menjadi dua kali lipat lebih besar setelah dikeluarkan dari oven. Warnanya putih kekuningan dan terkadang diberi titik warna merah di atasnya seperti kue bakpao. Teksturnya halus dan gampang remuk. Saat dimakan, kue bangkit akan lumer di dalam mulut. Rasanya yang manis sangat disenangi oleh anak-anak.

16. Olahan Mie Khas Riau, Mie Sagu

mie sagu goreng khas riau
sumber: tantebercerita.wordpress.com

Jika biasanya mie terbuat dari tepung terigu, maka mie ini dibuat dari tepung sagu. Biasanya mie ini diolah dengan digoreng. Ciri khas dari makanan khas Riau ini adalah terdapat tambahan ikan bilis, tauge dan potongan daun kucai.

 

17. Oleh-Oleh Khas Riau, Dodol Kedondong

Buah yang sering dijadikan sebagai rujak ini dijadikan sebagai bahan untuk membuat dodol. Anda dapat menemukan dodol kedondong ini di Pekanbaru. Warna dodol kedondong ini cenderung lebih cerah dibanding dengan dodol pada umumnya.

 

18. Oleh-Oleh Khas Riau, Kacang Pukul Bagan Siapi-Api

Kacang pukul bagansiapiapi memiliki tekstur dan rasa yang hampir mirip dengan kacang ting-ting. Makanan khas Riau ini sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh. Rasanya sangat enak dan dapat membuat anda ketagihan.

 

19. Kue Khas Riau, Viz Cake

Kue yang satu ini juga cocok untuk anda jadikan sebagai oleh-oleh. Viz Cake merupakan nama brand bolu berbentuk roll. Yang membedakan bolu ini dengan bolu lainnya adalah rasa dan motif unikyang dimilikinya. Banyak varian yang dapat anda pilih di antaranya adalah rasa nanas, durian, dll. Ada juga kue lapis Riau, kek pisang pandan, banana bread dan masih banyak lagi.

 

20. Oleh-Oleh Khas Riau, Keripik Nanas

keripik nanas oleh-oleh khas riau
sumber: fruitdearane.wordpress.com

Jika biasanya nanas dinikmati dengan menjadikannya sebagai rujak, maka di Pekanbaru, Riau, anda dapat menemukan nanas yang diolah menjadi keripik. Keripik ini menjadi oleh-oleh yang populer di Pekanbaru.

 

Itulah dia 20 makanan khas riau yang meliputi makanan berat, cemilan dan oleh-oleh. Sebenarnya masih banyak makanan khas dari Riau yang dapat anda temukan. Namun mungkin baru 20 makanan dahulu yang bisa saya paparkan di sini.

Leave a Comment