8 Kuliner Khas Sukabumi yang Perlu Anda Coba

Makanan Khas Sukabumi – Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang makanan khas Pontianak. Nah, pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang makanan khas Sukabumi. Sukabumi adalah sebuah kota yang terletak dan termasuk kota terkecil di Provinsi Jawa Barat.

Jika suatu saat anda mampir ke kota ini, tidak ada salahnya anda mencicipi makanan khasnya. Walaupun Sukabumi adalah kota terkecil di Jawa Barat, bukan berarti kota ini tidak memiliki makanan khas.

Beberapa dari makanan khas Sukabumi dapat anda jadikan oleh-oleh untuk anda bawa pulang ke rumah. Ini dia makanan khas yang bisa anda coba saat berkunjung ke Sukabumi.

 

1. Bubur Ayam, Makanan Khas Sukabumi yang Sangat Terkenal

bubur ayam makanan khas sukabumi
sumber: tipsresepmasak.top

Siapa sih yang tidak tahu makanan ini? Saya yakin semua dari pembaca di sini mengetahui makanan yang satu ini karena saya yakin di kota anda juga banyak penjual bubur ayam. Berisi bubur dengan campuran ayam yang telah dipotong kecil-kecil, kacang goreng, bawang goreng, kerupuk, telur ayam dan tidak lupa yang paling penting adalah kuah dari bubur ayam itu sendiri.

Biasanya bubur ayam sangat pas apabila dijadikan sebagai menu sarapan. Rasa lembut dari bubur dan gurih dari berbagai macam bahan pelengkap yang didapatkan benar-benar menggugah selera.

 

2. Mie Sukabumi, Olahan Mie Khas Sukabumi

kuliner khas sukabumi
sumber: kennyiskandar.blogspot.com

Mie merupakan makanan yang sangat umum bagi orang Indonesia. Bahkan di supermarket, minimarket dan warung-warung tersedia mie instan yang saya yakin hampir semua orang di Indonesia pernah merasakannya walau sekali. Memang banyak juga daerah selain Sukabumi yang memiliki makanan khas dengan bahan dasar mie.

Nah, Sukabumi juga memiliki makanan khas yang diberi nama Mie Sukabumi. Mie ini hanya bisa bertahan selama satu hari. Jadi kamu tidak bisa mencoba mie ini di tempat lain. Apabila berminat mencoba mie khas Sukabumi ini, anda bisa mendatangi kedai-kedai mie yang ada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Sukabumi.

 

3. Kue Jahe, Cemilan Khas Sukabumi

kue jahe
sumber: gudeg.net

Kali ini kita bicara tentang makanan ringan. Biasanya makanan ringan digunakan sebagai makanan penutup atau dijadikan sebagai hidangan saat ngobrol bareng dan bersantai. Selain makanan berat, Sukabumi juga memiliki cemilan khas yaitu kue jahe.

Makanan ini terbuat dari jahe yang diparut dan dicampur gula. Rasa manis dan hangat dari kue ini sudah dikenal dari jaman Belanda. Sangat nikmat dikonsumsi saat kumpul bersama keluarga atau teman. Lebih nikmat lagi apabila dinikmati bersama segelas teh panas atau sirup dingin.

Di toko-toko makanan, kue jahe dijual dengan banyak pilihan varian. Ada yang berbentuk lonjong, bulat hingga berbentuk boneka.

 

4. Gurihnya Sagon Bakar Saat Bersantai

sagon bakar
sumber: cookpad.com

Kalo kue jahe terbuat dari jahe yang diparut maka sagon bakar terbuat dari kelapa yang diparut. Kue ini biasanya berbentuk kotak atau persegi panjang. Rasa dari makanan ini sangat gurih. Sama seperti kue jahe, makanan ini sangat cocok dinikmati saat santai atau saat berkumpul bersama keluarga.

Jika anda ingin mencoba atau menjadikan sagon bakar ini sebagai oleh-oleh, anda dapat menemukannya di banyak toko oleh-oleh atau jajanan yang ada di kota Sukabumi.

 

5. Mochi Lampion, Mochi Paling Terkenal di Sukabumi

mochi kaswari lampion
sumber: jamuju.com

Mochi adalah kue yang berasal dari Jepang yang dibuat dari beras ketan. Beras ketan tersebut ditumbuk hingga lembut dan lengket lalu dibentuk menjadi bulat-bulat. Di Jepang sendiri, kue ini sering disajikan saat perayaan tahun baru Jepang atau perayaan tradisional mochitsuki. Memiliki ciri khas rasa yang lembut dan lama kelamaan terasa lengket saat dimakan.

Di Indonesia, kue mochi biasanya diisi dengan adonan kacang. Saat dimakan, kita akan merasakan rasa manis dan lembut dari mochi lalu setelah menggigitnya sampai ke bagian tengah, kita akan merasakan rasa gurih dari adonan kacang. Sehingga akan tercipta perpaduan rasa yang membuat ketagihan dan tidak bisa melupakannya.

Kalo bicara soal mochi yang paling terkenal, maka mochi asal Sukabumi yang paling terkenal dan di antara banyaknya penjual mochi di Sukabumi, mochi lampion yang paling banyak populer bahkan sudah sampai mancanegara. Mochi ini juga dikenal dengan nama Mochi Kaswari. Terdapat banyak sekali pilihan rasa seperti original, durian, kacang wijen, blueberry, kacang hijau, strawberry, kacang keju, kombinasi dan cokelat.

 

6. Bandros Atta, Kuliner Khas Sukabumi di Waktu Malam

bandros ata sukabumi
sumber: twidharyoko.wordpress.com

Apa itu Bandros Atta? Bandros adalah kue yang dibuat dengan campuran tepung beras, santan dan kelapa parut. Sedangkan Atta adalah nama dari penjual pada saat itu yaitu Mbah Atta. Makanan ini sudah melegenda dan menjadi buruan para pencinta kuliner khas Sukabumi.

Lokasi Bandros Atta terdapat di Jalan Gudang No 4. Cita rasa dari kue ini didapatkan dari resep yang telah diwariskan secara turun temurun sejak tahun 1973 saat pertama kali bandros ini dijual.

Sekarang, penjual Bandros Atta adalah generasi ketiga dari Mbah Atta. Tempat ini selalu ramai oleh pembeli setiap harinya. Mereka rela mengantri lama untuk bisa menikmati kue bandros warisan Mbah Atta ini.

Banyak pilihan menu bandros yang dapat anda pilih. Seperti rasa cokelat, strawberi, vanilla dan keju. Selain itu, di tempat ini juga menjual berbagai jenis minuman seperti teh, susu, kopi, air jeruk dan stmj. Tempat ini buka dari pukul 20.30 sampai 06.00. Kuliner khas Sukabumi yang satu ini perlu anda coba terutama bagi yang suka keluar malam hari.

 

7. Menikmati Dinginnya Malam dengan Sekoteng Singapore

sekoteng singapore
sumber: id.openrice.com

Minuman hangat asli nusantara ini sangat enak dinikmati malam hari saat udara sedang dingin-dinginnya. Minuman ini memiliki khasiat untuk menambah daya tahan tubuh. Sekoteng biasanya berisi kacang hijau, agar-agar, pacar cina, kacang tanah dan potongan roti. Nah kalo Sukabumi sendiri punya sekoteng khas yaitu Sekoteng Singapore.

Sekoteng Singapore ini katanya adalah lapak sekoteng yang paling lama berdiri di Sukabumi yaitu sejak tahun 2002 dan tidak membuka cabang sama sekali. Buka dari pukul 16.30 sampai 24.00 WIB. Isi dari Sekoteng Singapore ini tidak jauh berbeda dari sekoteng biasanya. Hanya saja di Sekoteng Singapore ini ada tambahan biskuit dan buah lengkeng.

 

8. Pisang Cakra, Makanan Khas Sukabumi yang Menggugah Selera

pisang cakra sukabumi
sumber: abowlofclover.com

Kuliner yang satu ini dibuat dari pisang dan coklat yang dibungkus oleh kulit lumpian. Bentuknya cenderung pipih berbeda seperti pisang yang dibungkus oleh kulit lumpia pada umumnya. Saat memakan pisang cakra, anda akan merasakan gurihnya kulit lumpia dan manis dari ledakan cokelat di mulut. Hati-hati dengan coklat yang lumer saat menikmati makanan ini.

 

Itu dia makanan khas Sukabumi yang dapat anda coba. Ternyata banyak didominasi oleh makanan ringan yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Semoga bermanfaat

5 thoughts on “8 Kuliner Khas Sukabumi yang Perlu Anda Coba

  1. Wooow…cemilan lagii…gak ada habisnya ya makanan nusantara…bubur ayam, mie, kue jahe, sagon bakar, mochi, bandros, skoteng, pisang…enak enaaak…semua…

Leave a Comment