20 Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks

Makanan yang mengandung vitamin b
sumber: well-beingsecrets.com

Vitamin B merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B adalah vitamin yang larut dalam air dan memiliki peran yang penting dalam metabolisme sel. Akan tetapi tubuh kita tidak memproduksi vitamin B.

Maka dari itu, kita harus mencukupi kebutuhan vitamin B melalui makanan-makan yang mengandung vitamin B. Apabila kita mengonsumsi vitamin B secara berlebihan, maka kelebihan itu akan dibuang melalui urine.

 

Jenis-Jenis dan Manfaat Vitamin B bagi Tubuh

Vitamin B terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Tiap-tiap jenis dari vitamin B tersebut memiliki manfaatnya masing-masing. Ini dia jenis-jenis vitamin B beserta manfaatnya.

B1 (Tiamin)

Vitamin B1 atau bisa disebut tiamin memiliki manfaat untuk membantu mengubah glukosa menjadi energi dan berkontribusi dalam fungsi syaraf.

B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 atau bisa disebut riboflavin memiliki manfaat untuk membantu proses metabolisme energi yang baik untuk kesehatan kulit dan pengelihatan.

B3 (Niasin)

Vitamin B3 atau bisa disebut niasin memiliki manfaat untuk mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi, menunjang kesehatan kulit, syaraf dan sistem pencernaan.

B5 (Pantothenic Acid)

Vitamin B5 atau bisa disebut pantothenic acid memiliki manfaat untuk membantu proses metabolisme karbohidrat, lemak dan lemak serta memproduksi hormon steroid dan sel darah merah.

B6 (Piridoksin)

Vitamin B6 atau bisa disebut piridoksin memiliki manfaat untuk membantu proses metabolisme karbohidrat dan protein serta pembentukan sel darah merah dan beberapa zat kimia penting di otak.

B7 (Biotin)

Vitamin B7 atau bisa disebut biotin memiliki manfaat untuk membantu metabolisme energi, asam amino, sintesa lemak dan glikogen dalam tubuh. Walaupun memiliki manfaat yang banyak, mengonsumsi vitamin B7 atau biotin secara berlebihan dapat menaikkan kolesterol dalam darah.

B9 (Asam Folat)

Vitamin B9 atau bisa disebut asam folat memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan syaraf janin, pembentukan sel darah merah, mengembangkan sistem syaraf dan perkembangan sel pada bayi dalam kandungan.

B12 (Kobalamin)

Vitamin B12 atau bisa disebut kobalamin memiliki manfaat untuk memproduksi serta menunjang sel mielin, pembentukan sel darah merah, pemecah asam lemak dan amino untuk menghasilkan energi.

 

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks

Setelah mengetahui jenis-jenis vitamin B serta manfaanya, kita menjadi semakin tahu bahwa vitamin B sangat diperlukan bagi tubuh. Untuk memenuhi keperluan vitamin B tersebut, maka kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B.

Di bawah ini adalah daftar makanan-makanan yang memiliki vitamin B kompleks. Jadi makanan-makanan ini tidak hanya mengandung satu jenis vitamin B saja namun mengandung banyak jenis vitamin B.

Telur

Telur
Telur (sumber: cooking.my.panasonic.com)

Telur merupakan salah satu makanan yang wajib ada di dapur kita. Telur dapat dibuat menjadi beberapa macam masakan dan kue. Telur biasanya juga dijadikan sebagai menu sarapan yang sangat mudah untuk dibuat menjadi telur mata sapi atau telur dadar.

Kacang Mete

Kacang mete ini sangat rasanya sangat enak dan gurih apabila digoreng. Selain memiliki vitamin B kompleks yang tinggi, kacang mete juga mengandung kalsium dan magnesium yang memiliki manfaat untuk memperkuat tulang.

Daging Merah

Daging merah bisa didapatkan dari kambing, sapi, kelinci dan domba. Daging merah sangat enak jika dijadikan sate atau steak. Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat pada daging merah cukup lengkap.

Ikan Salmon

Ikan Salmon
Ikan Salmon (sumber: gizmodo.com)

Di Jepang, ikan ini biasanya diolah setengah matang untuk dijadikan sushi. Selain mengandung vitamin B, ikan salmon juga mengandung omega 3 yang bagus untuk otak.

Pisang

Pisang
Pisang (sumber: commoditychainsthatbind.wordpress.com)

Pisang yang dikenal sebagai buah tinggi kalori ini juga memilki vitamin B yang tinggi. Buah ini biasanya dikonsumsi oleh orang yang ingin menaikkan berat badan.

Apel

Selain pisang, apel juga memiliki vitamin B kompleks. Kandungan serat yang terdapat pada apel juga baik untuk pencernaan.

Asparagus

Asparagus
Asparagus (sumber: allrecipes.com)

Asparagus adalah sayuran yang lebih familiar di negara barat. Asparagus merupakan salah satu sayuran musim semi. Anda dapat mencari asparagus di berbagai swalayan modern. Selain mengandung vitamin B kompleks, asparagus juga mengandung serat dan protein tinggi yang baik untuk pencernaan.

Kentang

Kentang adalah makanan yang dikenal memiliki karbohidrat kompleks yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Selain memiliki karbohidrat kompleks, ternyata kentang juga mengandung vitamin B kompleks tinggi. Vitamin paling tinggi yang terdapat pada kentang adalah vitamin B6.

Kentang dapat dijadikan menjadi berbagai makanan enak seperti kentang goreng, kentang panggang, potato gratin, mashed potato, kroket kentang, perkedel kentang dan masih banyak lagi.

Bayam

Bayam
Bayam (sumber: honeyizza.wordpress.com)

Bayam merupakan sayuran yang sangat populer di Indonesia. Bayam biasanya diolah menjadi sayur bening atau sebagai bagian dari sup. Selain memiliki vitamin B kompleks, bayam juga mengandung zat besi tinggi yang berfungsi untuk membantu metabolisme protein.

Alpukat

Buah yang juga dikenal memiliki kalori tinggi selain pisang ini juga merupakan makanan mengandung vitamin B kompleks. Alpukat biasanya diolah menjadi minuman jus.

Blueberry

Blueberry
Blueberry (sumber: sciencedaily.com)

Tanaman blueberry berasal dari Amerika bagian Utara. Buah ini termasuk buah yang sulit ditemukan di toko-toko buah di Indonesia. Selain mengandung vitamin B kompleks, buah ini juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Wortel

Wortel sangat dikenal sebagai sayuran kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain kaya akan vitamin A, ternyata wortel juga mengandung vitamin B kompleks.

Penelitian dari Harvard University menunjukkan kandungan vitamin B dari wortel yang dikonsumsi 5 kali seminggu mampu mencegah stroke hingga 68%.

Biji Bunga Matahari

Kwaci merupakan salah satu makanan yang diolah dari biji bunga matahari. Biji bunga matahari yang pernah kita nikmati setelah dijadikan kwaci itu ternyata mengandung vitamin B tinggi. Selain vitamin B, kwaci juga memiliki vitamin E.

Klabet

Klabet
Klabet (sumber: beritaseputarkesehatan1.blogspot.com)

Anda tahu klabet? Daun klabet biasanya digunakan untuk dijadikan obat herbal dan bijinya digunakan untuk rempah-rempah. Klabet memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah mampu meningkatkan produksi ASI hingga 900%.

Jamur

Jenis jamur ada berbagai macam. Jenis jamur yang dapat dimakan diantaranya adalah jamur tiram, jamur kancing, jamur merang, jamur shiitake dan jamur kuping. Di Indonesia ada olahan jamur enak yang biasa dijual yaitu jamur crispy.

Kacang Almond

Kacang Almond
Kacang Almond (sumber: grapplergourmet.com)

Kacang almond merupakan kacang yang memiliki harga cukup tinggi. Namun dari harga yang tinggi itu, kacang almond memiliki banyak manfaat. Kacang almond memiliki vitamin B kompleks, vitamin E dan asam lemak omega 3.

Kacang Pecan

Mungkin anda baru kali ini mendengar nama kacang pecan. Kacang ini sangat terkenal di Amerika Serikat. Kacang yang memiliki vitamin B kompleks ini biasa digunakan untuk isian kue pie atau campuran kue kering.

Kacang Lentil

Masih seputar kacang-kacangan, selain kacang almond dan kacang pecan, ada juga kacang yang mengandung vitamin B kompleks yang bernama kacang lentil. Kacang lentil dapat diolah menjadi sup.

Brokoli

Brokoli
Brokoli (sumber: penabiru.com)

Brokoli mengandung vitamin B6 dan asam folat yang bermanfaat untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Terong

Terong tidak hanya mengandung vitamin B kompleks namun juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan kolesterol baik. Sayuran ini sangat enak diolah menjadi terong balado.

Itu dia makanan-makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Ternyata vitamin B kompleks bisa didapatkan dari banyak sekali jenis makanan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment