Ini Dia Berbagai Manfaat Bekam untuk Kesehatan

Manfaat Bekam untuk Kesehatan – Bekam adalah pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor yang telah terkontaminasi oleh racun melalui permukaan kulit. Bekam merupakan salah satu pengobatan yang dianjurkan dalam Islam.

gambar manfaat bekam untuk kesehatan
Alat Bekam (sumber: forum.liputan6.com)

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berbekam pada tanggal 17, 19 dan 21, maka itu akan menyembuhkan semua penyakit” (HR. Abu Dawud, (3861), hasan). Hadis tersebut menyebutkan waktu yang baik untuk berbekam adalah pada tanggal 17, 19 dan 21.

Bekam dibagi menjadi 2 jenis yaitu bekam kering dan bekam basah. Bekam kering hanya menyedot kulit tanpa mengeluarkan darah yang mana sangat cocok untuk pasien yang takut dengan jarum suntik sedangkan bekam basah mengeluarkan darah.

Pengobatan bekam memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat bekam?

 

Bekam dapat Meringankan Tubuh

Ini efek yang bisa anda rasakan seusai berbekam. Pengeluaran racun melalui bekam memberikan efek tubuh menjadi lebih ringan. Efek meringankan tubuh ini dapat memberikan kita semangat lebih dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jika sebelumnya anda merasakan berat pada kepala yang sering pusing, badan terasa selalu lemas dan berat, maka setelah berbekam ini anda akan merasakan efek badan yang segar selang beberapa hari walaupun setelah di bekam tubuh anda menjadi lemas tapi itu hanya berlangsung beberapa hari saja.

 

Manfaat Bekam untuk Kesehatan Mata

manfaat bekam untuk kesehatan mata
sumber: andasehat.com

Mata merupakan organ yang sangat penting yang terdapat pada wajah. Dengan mata, kita dapat melihat indahnya dunia ini. Namun apabila ada gangguan pada mata kita seperti rabun, maka pengelihatan kita menjadi terbatas dan harus menggunakan alat bantu seperti kaca mata atau soft lens. Dengan melakukan pembekaman secara rutin setiap bulan pada titik AL-Kahil (tengkuk) dan  AL-Katifain (bahu kiri dan kanan) Insya Allah akan membuat pengelihatan menjadi jelas.

 

Mengobati Migrain

Migrain ditandai dengan sakit kepala sedang hingga parah yang biasanya hanya dirasakan di sebelah sisi kepala saja. Pada kondisi tertentu dapat menimbulkan rasa mual dan muntah.

Pembekaman pada titik Ummul Mughits yang berada di ubun-ubun kepala mampu membantu mengobati penyakit migrain.

 

Menyembuhkan Vertigo

manfaat bekam untuk vertigo
Vertigo (sumber: stfsportsmed.com)

Selain migrain, vertigo juga mampu disembuhkan dengan pembekaman pada titik Ummul Mughits.

Vertigo ditandai dengan apa yang ada di sekeliling kita terasa berputar yang bisa membuat penderita kesulitan untuk berdiri atau berjalan, mual, muntah, berkeringat dan sakit kepala.

 

Menyembuhkan Stroke

Stroke bisa terjadi apabila pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga sel-sel di sebagian area otak menjadi mati. Penyakit stroke bisa diatasi dengan melakukan pembekaman pada titik yafukh yang lokasinya tepat di atas kepala di pertemuan 2 ujung telinga.

 

Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi juga salah satu penyebab dari terjadinya stroke. Bahkan termasuk penyebab terbesar penyakit stroke. Darah tinggi terjadi karena tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Pencegahan darah tinggi bisa dilakukan dengan menurunkan berat badan, makan makanan rendah lemak, olahraga teratur dan mengurangi konsumsi kafein. Bekam juga bisa digunakan untuk mengobati darah tinggi. Dengan bekam, toksin yang ada dalam darah akan dikeluarkan dan pembuluh darah yang menyempit akan menjadi longgar.

 

Menyembuhkan Parkinson

Parkinson
Parkinson (sumber: sp.beritasatu.com)

Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap yang terjadi pada otak bagian tengah yang berfungsi untuk mengatur pergerakan tubuh.

Diperkirakan ada 6 juta lebih orang di dunia yang menderita parkinson. Kebanyakan adalah mereka yang memiliki usia di atas 50 tahun dan 5% dialami oleh yang memiliki usia di bawah 40 tahun.

 

Mengobati Jerawat

Jerawat memang penyakit yang sepele. Tapi jika jerawat ini sudah timbul maka akan menurunkan kepercayaan diri. Apalagi apabila jerawat yang timbul sudah banyak. Dengan bekam wajah, masalah jerawat bisa teratasi.

 

Mengobati Gangguan Sihir

Gangguan sihir biasanya ditandai dengan penyakit yang tidak bisa dideteksi secara medis. Selain dengan ruqyah, bekam juga mampu mengobati gangguan sihir.

Gangguan sihir bisa diatasi dengan membekam pada titik Yafukh yang lokasinya tepat di atas kepala di pertemuan 2 ujung telinga.

 

Mengobati Sakit Gigi

Gigi
Gigi (sumber: abandonedmemories.com)

Sakit gigi membuat penderitanya susah untuk makan dan berbicara. Apalagi jika sakit gigi sudah parah, aktivitas sehari-hari lainnya yang tidak ada hubungannya dengan kerja mulut pun bisa terbengkalai karena sudah tidak bisa lagi menahan sakit gigi yang diderita.

Pembekaman pada titik Al-Akhda’in yang terletak pada dua urat di samping kanan dan kiri leher dapat membantu mengurangi keluhan pada sakit gigi yang diakibatkan oleh rusaknya jaringan darah.

 

Manfaat Bekam untuk Kesehatan Hidung dan Telinga

Telinga
Telinga (sumber: lintasnews.com)

Selain untuk mengurangi keluhan pada sakit gigi, pembekaman pada titik Al-Akhdain juga mampu mengobati masalah hidung dan telinga yang diakibatkan oleh kelebihan darah.

 

Mengobati Asma, Paru-Paru dan Bronkitis

paru paru
Paru-Paru (sumber: dedaunan.com)

Pembekaman pada titik punggung yang berada di sebelah punggung kanan dan kiri dapat mengobati penyakit asma, paru-paru dan bronkitis.

Itulah manfaat bekam untuk kesehatan. Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Artikel ini diambil dari beberapa sumber dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan pada artikel ini.

Ada baiknya jika ingin berbekam datanglah pada ahlinya. Jangan melakukan terapi bekam sendiri. Artikel ini hanyalah untuk pengetahuan agar anda mau melakukan bekam di tempat yang tepat. Terimakasih

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bekam dan berbagai sumber lainnya

Leave a Comment