Manfaat dan Cara Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Peregangan
sumber: holabirdsports.com

Tubuh kita butuh olahraga. Dengan berolahraga secara rutin, daya tahan tubuh kita menjadi meningkat dan kita menjadi lebih tidak mudah sakit. Selain itu, bagi anda yang sedang menjalani program diet, olahraga adalah unsur paling penting untuk mencapai berat badan yang diinginkan selain mengatur jumlah kalori pada makanan yang kita konsumsi.

Dalam olahraga juga ada unsur penting yang tidak boleh dilewatkan yaitu pemanasan. Pemanasan bertujuan agar tubuh menjadi lebih siap saat melakukan gerakan yang lebih berat saat olahraga. Selain itu pemanasan sebelum olahraga juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh kita.

 

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Tidak hanya olahraga yang memiliki banyak manfaat tapi dari pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga itu sendiri juga memiliki sejumlah manfaat. Diantaranya adalah

1. Mencegah Cidera Saat Olahraga

Saya rasa ini adalah tujuan paling utama dalam melakukan pemanasan sebelum olahraga. Orang yang tidak ingin cidera saat melakukan olahraga biasanya akan melakukan pemanasan sebelumnya dengan sungguh-sungguh.

2. Melebarkan Pembuluh Darah

Pembuluh Darah
Pembuluh Darah (sumber: youtube.com)

Dengan melebarnya pembuluh darah, maka beban jantung menjadi lebih rendah dan hambatan aliran darah menjadi berkurang sehingga kita tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas olahraga.

3. Mencegah Terjadinya Jantung Koroner

Ini masih ada kaitannya dengan manfaat melebarnya pembuluh darah. Saat kita melakukan olahraga pasti akan terjadi aliran darah ke jantung yang membuat jantung lebih berat. Nah dengan pemanasan ini, jantung menjadi lebih siap untuk melakukan kerja yang lebih berat.

4. Mengurangi Asam Laktat

Pemanasan sebelum olahraga dapat membantu untuk mengurangi asam laktat dalam darah.

Bagi yang belum mengetahui, asam laktat adalah produk hasil metabolisme karbohidrat tanpa menggunakan oksigen. Asam laktat ini diproduksi di sel otot saat suplai oksigen tidak mencukupi untuk menunjang produksi energi.

5. Meningkatkan Performa

Otot Bisep
sumber: muscleandfitness.com

Manfaat lain dari pemanasan adalah untuk meningkatkan performa. Saat melakukan olahraga, tentu kita membutuhkan performa yang besar. Dengan melakukan pemanasan, performa kita akan lebih terpacu dan olahraga akan menjadi lebih maksimal.

 

Cara Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Di bawah ini adalah beberapa gerakan yang bisa anda lakukan untuk melakukan pemanasan

Berjalan Kaki

Sebelum melakukan aktivitas olahraga, setidaknya anda melakukan pemanasan minimal jalan kaki. Jalan kaki membantu dalam proses persiapan tubuh anda untuk melakukan gerakan fisik secara intens.

Jalan Kaki
sumber: saga.co.uk

Pemanasan menggunakan jalan kaki sangat cocok apabila tempat olahraga agak jauh dari tempat anda tinggal. Daripada menuju tempat tersebut menggunakan kendaraan, lebih baik anda jalan kaki sekalian hitung-hitung untuk pemanasan.

Peregangan

Peregangan merupakan jenis pemanasan yang paling sering dilakukan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Di sekolah-sekolah biasanya melakukan peregangan sebagai pemanasan.

Untuk olahraga permainan juga diperlukan pemanasan dengan peregangan untuk mengurangi resiko cedera saat melakukan permainan. Mulailah peregangan dari tangan ke kaki atau sebaliknya.

Lari Kecil di Tempat

Treadmill
sumber: holabirdsports.com

Anda bisa melakukan pemanasan dengan lari kecil di tempat selama beberapa menit. Lari kecil di tempat membuat jantung terpompa sehingga tubuh akan lebih siap dalam melakukan kegiatan olahraga yang berat.

Melompat

Alat Lompat Tali
Alat Lompat Tali (sumber: prodirectsoccer.com)

Pemanasan dengan gerakan melompat dapat mempercepat anda mendapatkan keringat. Selain itu, melompat dapat membuat suhu tubuh menjadi cepat naik dan menyehatkan jantung. Anda bisa menggunakan gerakanĀ jumping jack atau lompat tali untuk pemanasan dengan melompat ini.

 

Bahaya Tidak Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Setelah anda mengetahui manfaat dan cara melakukan pemanasan, anda juga harus mengetahui apa saja bahaya apabila tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Meningkatkan Resiko Mengalami Cidera

Cedera
sumber: thestar.com

Pemanasan memiliki manfaat untuk mencegah resiko cidera saat berolahraga. Jadi apabila anda tidak melakukan pemanasan sudah pasti resiko untuk mengalami cidera menjadi lebih besar.

Meningkatkan Resiko Mengalami Kram Otot

Selain cidera, resiko untuk mengalami kram otot juga akan menimpa apabila tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga. Apalagi jika anda jarang berolahraga. Kram otot ini akan sangat terasa apabila anda tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga renang.

Cepat Lelah

Tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga juga dapat membuat tubuh kita menjadi cepat lelah. Ini dikarenakan kondisi tubuh yang tidak siap melakukan aktivitas olahraga secara tiba-tiba sehingga tubuh tidak dapat menyesuaikan diri.

Muncul Rasa Pusing Saat Olahraga

Rasa pusing saat olahraga dapat muncul apabila tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga. Itu dikarenakan asupan oksigen yang berkurang karena tubuh belum panas sehingga otak tidak memperoleh oksigen yang cukup.

Tendinitis

Tendinitis merupakan peradangan yang terjadi pada tendon. Tendinitis bisa terjadi pada tendon mana saja. Tendon yang paling sering mengalami tendinitis adalah siku, bahu, lutut, panggul, bahu, jari, pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

Ternyata cukup banyak manfaat dari melakukan pemanasan sebelum olahraga. Saya harapkan setelah membaca ini, anda menjadi lebih rajin lagi melakukan pemanasan sebelum olahraga karena juga ada bahaya yang dapat ditimbulkan apabila tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Sekian informasi dari saya, apabila ada kesalahan atau kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Leave a Comment