Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau – Kacang ini merupakan sejenis palawija yang dikenal pada daerah tropika. Tumbuhan ini termasuk suku polong-polngan yang memiliki banyak manfaat sebagai makanan sumber protein nabati tinggi. Kacang hijau diolah dengan cara direbut sampai lunak lalu dijadikan bubur atau dimakan langsung. Selain itu, kacang hijau yang sudah matang juga sering dijadikan sebagai isi dari bakpau, onde-onde atau gandas turi.

Kandungan protein pada kacang hijau cukup tinggi dan memiliki sumber mineral penting seperti fosfor dan kalsium. Jika pada posting sebelumnya sudah dibahas tentang manfaat kacang mete, maka pada posting kali ini kita akan membahas tentang manfaat kacang hijau. Ini dia manfaat-manfaatnya

 

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

manfaat kacang hijau bagi kesehatan
sumber: zwitsal.co.id

Bubur kacang hijau yang sering digunakan sebagai makanan saat santai bersama ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun juga perlu diperhatikan kandungan dari gula dan bahan-bahan lainnya yang digunakan untuk membuat bubur kacang hijau ini.

1. Rendah Kalori

Hanya terdapat 31 kalori dalam secangkir atau 100 gram kacang hijau. Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, kacang hijau sangat cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan kalori anda. Selain itu, kacang hijau juga 1,89 gram protein dalam satu cangkirnya dan juga rendah akan gula sehingga cukup baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

2. Kaya akan Serat

Serat sangat baik sebagai pencahar dan membantu melindungi selaput lendir yang terdapat pada usus besar. Selain itu, dengan terpenuhinya jumlah yang cukup sudah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kandungan serat yang terdapat pada kacang hijau adalah sekitar 9% per 100 gram RDA.

3. Mengandung Vitamin A dan B6

Kacang hijau mengandung vitamin A yang berperan mempromosikan antioksidan sehat seperti flavonoid, lutein, polifenol, beta karoten dan zeaxanthin. Senyawa-senyawa tersebut berfungsi untuk melindungi tuuh kita dari serangan radikal oksigen yang diturunkan bebas serta spesies oksigen reaktif yang memiliki peran dalam penuaan dini.

Baca Juga 20 Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks

4. Mengandung Mineral Essensial

Mineral essensial pada kacang hijau seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium dan mangan sangat penting bagi metabolisme tubuh. Kalium merupakan zat yang terdapat pada pisang serta merupakan komponen yang penting dari sel dan cairan tubuh yang berperan membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

5. Mengandung Zat Karotenoid

Kandungan ini merupakan bahan yang penting pada kacang. Zat karotenoid berfungsi untuk menyaring sinar UV pada mata. Dengan begitu, kacang hijau dapat mencegah penyakit makula yang biasa terjadi pada orang tua.

 

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

manfaat kacang hijau untuk ibu hamil
sumber: ibu-hamil.web.id

Selain baik untuk kesehatan orang umum, kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil serta calon bayi yang sedang dikandungnya. Dengan begitu, kacang hijau sangat cocok menjadi cemilan bagi ibu hamil.

1. Baik untuk Sistem Syaraf Bayi

Pada kacang hijau terdapat senyawa asam folat yang penting untuk ibu hamil. Senyawa ini dapat mengembangkan sistem syaraf calon bayi. Selain itu, asam folat juga dapat menjaga kerusakan pada otak calon bayi. Dengan begitu, mengonsumsi kacang hijau sangat dianjurkan bagi ibu hamil sampai menyusui untuk meningkatkan asam folat.

2. Mengandung Protein Tinggi dan Karbohidrat Komplek

Sumber protein yang tinggi pada kacang hijau sangat dibutuhkan untuk mencegah resiko bayi lahir cacat. Selain itu, karbohidrat komplek yang terdapat pada kacang hijau sangat dibutuhkan agar ibu hamil menjadi tidak mudah lelah.

3. Mengandung Fosfor, Kalsium, Vitamin B1 dan B2

Kandungan fosor dan kalsium yang terdapat pada kacang hijau sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan kepadatan tulang calon bayi dan ibu hamil. Sedangkan, vitamin B1 dan B2 dapat mengoptimalkan penyerapan protein yang berguna untuk mencegah terjadinya cacat saraf dan pertumbuhan janin.

 

Kesimpulan Manfaat Kacang Hijau

manfaat bubur kacang hijau
sumber: samishare.com

Dari manfaat-manfaat kacang hijau yang sudah disebutkan di atas, kita dapat menyimpulkan secara umum bahwa kacang hijau memiliki manfaat menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung, mencegah wasir, mencegah polip, menurunkan kolesterol, mengatur kadar gula, sebagai sumber energi dan mencegah kanker dari kandungan serat yang dimilikinya.

Dari kandungan vitamin A kacang hijau, kita bisa mendapatkan manfaat mencegah penuaan dini, sebagai antioksidan dan baik untuk mata. Kandungan asam folatnya dapat membantu kecerdasan janin, mencegah cacat janin dan baik untuk ibu hamil. Kalsiumnya baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

 

Itulah tadi manfaat dari kacang hijau yang bisa kita dapatkan. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk anda.

1 thought on “Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Leave a Comment