10+ Cara Ampuh Membasmi Kecoa di Rumah dan Pencegahannya

Cara Membasmi Kecoa di Rumah – Kecoa adalah hewan kecil yang menjijikkan dan sangat mengganggu apalagi jika kecoa ini berada di rumah kita karena akan sangat mengganggu kenyamanan apalagi kalau sudah terbang. Biasanya kecoa ini muncul tempat-tempat kotor. Salah satunya adalah dari kamar mandi. Biasanya kecoa ini muncul dari saluran pembuangan air.

Jika anda sudah tidak nyaman karena sudah seringnya kecoa yang muncul di rumah anda, di bawah ini adalah bahan-bahan yang bisa anda gunakan untuk membasmi kecoa.

 

Cara Membasmi Kecoa di Rumah Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Bahan-bahan ini sangatlah mudah didapatkan karena saya yakin sebagian besar sudah tersedia di rumah anda. Anda bisa memilih salah satu dari banyak pilihan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membasmi kecoa. Jika tidak berhasil dengan satu bahan yang anda pilih, anda bisa mencoba bahan lainnya.

Sabun

cara membasmi kecoa di rumah dengan sabun
Sabun (sumber: aarweb.org)

Barang ini sepertinya mustahil jika tidak ada di rumah anda karena sabun merupakan barang yang sangat dibutuhkan untuk mencuci tangan, mencuci kaki, mandi dan lain-lain.

Jika anda ingin mencoba untuk menggunakan sabun sebagai cara membasmi kecoa di rumah maka campurkan sabun dengan air lalu masukkan ke dalam alat penyemprot dan semprotkan cairan air sabun ini langsung ke arah kecoanya. Lihatlah reaksi yang akan terjadi pada kecoa. Jika tidak punya alat penyemprot, anda bisa langsung menyiramkan air sabun ini secukupnya saja.

Baking Soda

Biasanya baking soda digunakan untuk membuat kue. Tapi siapa sangka kalau baking soda juga bisa digunakan untuk membasmi kecoa. Caranya adalah campurkan baking soda dengan gula lalu letakkan di dekat tempat yang banyak kecoanya. Gula berfungsi sebagai umpan kecoa agar tertarik untuk memakan baking soda yang bisa mematikan kecoa.

Mentimun

Mentimun sebagai obat pembasmi kecoa
Mentimun (sumber: lintasnews.com)

Jika ada mentimun di rumah, tidak ada salahnya mencoba bahan ini untuk membasmi kecoa. Potong-potong mentimun kemudian masukkan ke dalam kaleng alumunium yang kosong. Mentimun yang dimasukkan ke dalam kaleng alumunium ini akan bereaksi menghasilkan bau yang akan membunuh kecoa. Letakkan kaleng di tempat yang banyak kecoa.

Amonia dan Air

Amonia merupakan senyawa awal yang stabil dan digunakan sebagai bahan awal untuk memproduksi banyak senyawa nitrogen yang penting secara komersial. Campuran amonia dan air dapat menjadi obat pembasmi kecoa yang ada rumah anda. Cakup campurkan dua cangkir amonia ke dalam ember yang sudah berisi air lalu bilas di wastafel dapur anda. Air amonia ini akan membantu menyingkirkan kecoa di rumah anda.

Daun Salam

Daun Salam
Daun Salam (sumber: anekatop10.com)

Daun salam biasanya digunakan untuk memasak. Tapi anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membasmi kecoa. Caranya adalah giling segenggam daun salam lalu taburkan di tempat yang banyak kecoanya. Namun cara ini tidak akan membunuh kecoa melainkan hanya mengusirnya karena kecoa tidak suka dengan bau dari daun salam.

Pasta Gigi

cara membunuh kecoa dengan pasta gigi
Pasta Gigi (sumber : dentistfairfieldca.com)

Benda yang biasa kita gunakan saat pagi dan malam untuk membersihkan gigi ini juga bisa digunakan untuk membasmi kecoa. Caranya adalah seperti yang dilakukan jika kita menggunakan sabun untuk membasmi kecoa. Yaitu dengan mencampurkan pasta gigi dengan air lalu masukkan ke dalam alat semprot. Semprotkan langsung ke arah kecoa.

Bawang Putih

Bawang Putih untuk menghilangkan kecoa di dapur
Bawang Putih (sumber: kompassehat.com)

Bawang putih termasuk salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk penyedap masakan sehingga sudah pasti tersedia di dapuru anda. Bawang putih yang ada dijadikan jus terlebih dahulu lalu campurkan dengan air dengan perbandingan 1 : 4. Masukkan ke dalam alat semprot dan semprotkan di tempat yang banyak kecoa.

Garam

cara mengusir kecoa dalam lemari dengan garam
Garam (sumber: infosahabat.com)

Bahan yang satu ini sangat mudah ditemukan di dapur. Garam biasanya digunakan sebagai penyedap rasa masakan. Bahan ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti untuk mengobati gigi yang sakit dan membasmi kecoa yang ada di rumah. Anda cukup menaburkan garam di tempat yang sering dilewati kecoa dan tunggu hingga bereaksi.

Lada

Lada Hitam pembasmi kecoa
Lada (sumber: wikipedia.org)

Lada ini selain bisa digunakan untuk mengusir kecoa, bisa juga digunakan untuk mengusir semut. Tumbuk lada sampai halus lalu tambahkan air hingga menjadi semacam pasta.

Oleskan pasta lada ini di tempat yang sering banyak kecoa dan semutnya menggunakan kuas.

Asam Borat dan Gula

Campurkan asam borat dan gula lalu buat menjadi adonan bola-bola kecil. Letakkan di tempat-tempat yang sering ditempati kecoa

 

Cara Membasmi Kecoa di Rumah Menggunakan Bahan Kimia

Selain menggunakan cara-cara alami di atas untuk membasmi kecoa, anda juga bisa menggunakan semprotan obat nyamuk. Langsung saja semprotkan obat nyamuk saat kecoa muncul di rumah anda. Cara ini terbukti sangat ampuh dan cepat dalam membasmi kecoa yang ada. Namun hati-hati dalam penggunaan semprotan obat nyamuk ini. Singkirkan makanan yang ada di sekitar tempat yang akan disemprot serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Untuk cara membasmi kecoa di rumah yang tersedia di banyak marketplace online Indonesia, anda juga bisa membeli alat pengusir hama yang menggunakan suara ultrasonic untuk mengusir kecoa, tikus dan nyamuk. Saya belum tahu apakah alat ini benar-benar efektif untuk membasmi hama. Jika anda mempunyai alat ini mungkin anda bisa memberitahu seberapa efektif alat ini.

Alat Pembasmi Hama dan kecoa
Alat Pembasmi Hama (sumber: elevenia.co.id)

 

Yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Membasmi Kecoa

Cara yang tidak boleh dilakukan ini justru paling banyak dilakukan oleh orang-orang dalam membasmi kecoa. Yaitu memukulnya sampai badannya hancur. Saya telah membaca dari beberapa sumber di internet bahwa di perut kecoa terdapat cacing halus yang berbahaya bagi manusia. Cacing halus ini akan keluar jika kita memukul kecoa sampai hancur. Cacing halus yang keluar itu akan masuk ke manusia melalui pori-pori.

Saya tidak tahu apakah ini benar atau hoax dan saya juga tidak mengetahui apa yang saja dampak yang bisa timbul akibat cacing halus yang masuk ke dalam tubuh manusi tersebut. Tetapi tidak ada salahnya jika kita menghindari hal tersebut dan menggunakan cara sudah jelas lebih aman.

 

Langkah Pencegahan Agar Kecoa Tidak Datang Kembali

Jika anda sudah berhasil membasmi kecoa yang ada di rumah anda maka anda harus melakukan tindakan pencegahan agar kecoa tidak datang lagi. Yang perlu anda lakukan adalah

  • Pastikan makanan dan tempat sampah selalu dalam keadaan tertutup. Makanan dan sampah merupakan objek yang disenangi oleh kecoa
  • Bersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh di meja makan dan lantai
  • Jagalah kebersihan rumah secara menyeluruh
  • Keringkan tempat-tempat yang basah karena kecoa menyukai tempah berair
Sapu Lantai untuk mencegah kecoa datang kembali
sumber: builddirect.com

 

Itulah dia berbagai cara membasmi kecoa di rumah yang dapat coba sekarang juga. Jangan ragu untuk mencoba cara-cara yang telah disebutkan di atas. Apabila tidak dengan berhasil dengan satu cara maka bisa menggunakan cara lainnya.

Leave a Comment