Merasakan Masakan Buatan Ibu

Walaupun bukan koki profesional tapi masakan ibu saya itu rasanya enak dan varian masakan yang ibu saya bisa buat ada berbagai macam. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, cemilan, minuman, kue basah sampai kue kering untuk lebaran.

Biasanya ibu saya mendapatkan berbagai macam resep masakan dari internet, buku dan sesekali juga ikut kelas memasak. Biasanya dari resep-resep yang didapat ada beberapa yang dimodikasi sendiri oleh ibu saya.

Ibu saya juga pernah mengikuti lomba masak tingkat Kota Semarang dan mendapatkan juara 3.

Penasaran masakan apa aja yang pernah dibuat oleh ibu saya? Ini dia

 

1. Roti Manis

Roti Manis
Roti Manis (sumber: octavianinurhasanah.net)

Dulu ibu saya sering membuat roti manis dan dititipkan ke warnet-warnet. Pertama kali membuat roti, ibu saya mengikuti instruksi persis seperti yang ada di buku dan hasilnya roti yang dibuat masih terasa kasar teksturnya.

Kemudian ibu saya beberapa kali mencoba melakukan modifikasi dan akhirnya menemukan ramuan untuk membuat roti manis yang empuk.

Saya juga ingat ibu saya pernah memberikan pemanis di roti yang dibuatnya dan ternyata terlalu banyak takarannya. Hasilnya rotinya terlalu wangi.

 

2. Nasi Gurih

Nasih Gurih
Nasih Gurih (sumber: resepmasakandapurindonesia.blogspot.com)

 

Nasi gurih ini rasanya mirip dengan nasi uduk. Ibu saya pernah jualan nasi gurih ini di kantin Kampus Undip. Biasanya ibu saya menambahkan dengan telor dan lauk pauk lainnya.

 

3. Selendang Mayang

Selendang mayang adalah makanan khas Jakarta. Tapi ibu saya mencampur selendang mayang ini dengan campuran lain seperti nangka, nata de coco, cincau dan jadilah minuman yang orang tua saya beri nama es lebay. Dinamakan es lebay karena isinya dilebih-lebihkan dengan campuran lainnya.

Dulu ibu saya biasanya menjual selendang mayang di event-event bazar. Tapi sekarang es lebay sudah tidak diisi dengan selendang mayang melainkan menggunakan dawet merah bit.

 

4. Es Dawet Merah Bit

Dawet Merah Bit
Dawet Merah Bit

Ini adalah pengganti dari selendang mayang sebagai isian utama es lebay. Disebut dawet merah bit karena dawet ini menggunakan buah bit sebagai pewarna merah alaminya.

 

5. Wingko Babat

Wingko Babat
Wingko Babat (sumber: sashylittlekitchen.com)

Wingko babat adalah makanan yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Biasanya makanan ini dibawakan sebagai oleh-oleh.

Sesekali ibu saya juga suka membuat kue ini dalam ukuran besar-besar. Terkadang ibu saya juga membuat wingko babat ini di loyang yang jika ingin menikmatinya tinggal dipotong saja sesuai ukuran yang diinginkan.

Rasa wingko babat buatan ibu saya rasanya tidak kalah dari wingko yang dijual di toko oleh-oleh.

 

6. Mochi

Mochi
Mochi Buatan Ibu

Kue asal Jepang ini adalah salah satu kue yang saya sukai. Jika mochi yang biasa diisi dengan kacang, ibu saya juga mengisi mochi ini dengan coklat.

 

7. Jus Oreo

Apa yang terlintas di pikiran anda jika saya menyebutkan kata jus? Pasti yang muncul di pikiran anda adalah jus alpukat, just mangga, jus semangka dan minuman-minuman lainnya yang terbuat dari buah. Lalu apa yang terlintas di pikiran anda jika saya menyebutkan kata jus oreo?

Pasti ada yang berpikir jus buah yang diberi Oreo atau jus yang dinikmati bersama Oreo. Tapi jus Oreo yang dibuat oleh ibu saya ini tidak ada buahnya sama sekali. Ini adalah minuman susu atau kopi yang diblender bersama dengan Oreo. Kalau tanya soal rasa pastinya enak banget deh.

 

8. Ayam Geprek

ayam-geprak-rawit-ijo
Ayam Geprek yang Belum Digeprek

Kalau anda makan ayam goreng lebih enak menggunakan tangan atau sendok? Pasti anda akan menjawab menggunakan tangan. Tapi akan lebih nikmat makan menggunakan sendok jika anda menikmati ayam geprek buatan ibu saya ini.

Ini dikarenakan ayam gorengnya sudah digeprek hingga hancur sehingga lebih nikmat jika dimakan menggunakan sendok. Ibu saya biasa menjual ayam geprek ini di Car Free Day. Anda bisa baca artikel saya yang berjudul Pengalaman Jualan di Car Free Day Semarang.

 

9. Kue Kering

Kue Kering
Kue Kering Buatan Ibu

Biasanya ibu saya membuat kue kering saat Idul Fitri. Selain saat Idul Fitri, ibu saya jarang sekali membuat kue kering. Kue kering yang biasa dibuat ibu saya adalah nastar, kue kacang, kastengel, kue putri salju, biskuit coklat, dll.

 

10. Makanan Lainnya

Sebenarnya bukan hanya itu saja makanan yang ibu saya bisa buat. Masih ada makanan lainnya seperti brownies, pisang bolen, pizza, kering tempe coklat, dan masih banyak lagi.

Ini dia foto-foto masakan ibu saya lainnya

Sekian artikel dari saya tentang masakan-masakan buatan ibu saya.

2 thoughts on “Merasakan Masakan Buatan Ibu

Leave a Comment