Sinopsis dan Resensi Novel Hujan Karya Tere Liye

Tere Liye merupakan nama pena dari Darwis seorang penulis novel yang sangat berbakat di Indonesia. Tere Liye diambil dari bahasa India yang artinya untukmu. Tere Liye merupakan salah satu penulis di Indonesia yang telah sering mengeluarkan karya-karya best seller yang salah satunya adalah novel Hujan ini.

sinopsis novel hujan
sumber: kribos.blogspot.com

Maka dari itu saya akan sedikit sinopsis dan resensi untuk anda yang tertarik membeli buku ini supaya ada gambaran sedikit.

 

Identitas Buku

Judul Buku : Hujan
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Januari 2016
Harga : Rp68,000
Tebal : 320 halaman
Ukuran : 13.5 x 20 cm
Cover : Softcover
ISBN : 978-602-03-2478-4

Sinopsis Novel Hujan

Sinopsis dari Novel Hujan ini menurut saya sangat-sangat singkat dan tidak seperti novel-novel namun dari situlah yang membuat orang penasaran untuk membaca novel ini. Inilah sinopsis Novel Hujan karya Tere Liye

  • Tentang Hujan
  • Tentang Cinta
  • Tentang Melupakan
  • Tentang Perpisahan
  • Tentang Hujan

Bagaimana? Anda terkejut dengan isi dari sinopsis yang ada di novel ini? Memang begitulah kenyataannya. Mungkin anda dapat membaca resensi singkat di bawah ini untuk mendapatkan gambaran lebih tentang isi dari novel ini.

 

Resensi Novel Hujan

Novel ini secara mengejutkan menceritakan latar dunia pada tahun 2050-an. Terdapat seorang gadis bernama Lail yang hidup pada masa itu dengan segala kemajuan tekonologinya dan gentingnya isu-isu mengenai lingkungan. Lail berusaha untuk menghapus seluruh kenangannya yang menyakitkan dengan sebuah alat canggih yang ada di zaman tersebut. Syarat agar alat tersebut bisa bekerja adalah dengan menceritakan kenangan-kenganan selama hidupnya tanpa ada satu pun yang ditutup-tutupi.

rel kereta api - resensi novel hujan
sumber: 6iee.com

Lail kemudian bercerita dimulai dari masa kecilnya. Saat itu Lail terburu-buru saat hari pertama masuk sekolah. Bersama ibutnya, ia tidak henti-hentinya menyuruh untuk bergegas supaya tidak ketinggalan kereta. Namun saat perjalanan di kereta, gempa bumi dahsyat terjadi dan mengguncang kota mereka. Semuanya hancur berantakan dan banyak korban berjatuhan termasuk Ibunya Lail. Beruntung Lail selamat karena ditolong oleh seorang anak laki-laki yang memegang tangannya saat akan jatuh ke lorong kereta. Anak laki-laki tersebut bernama Esok.

Tidak hanya sampai disitu. Lail merasa makin menderita setelah mendengar kabar bahwa pulau tempat ayahnya bekerja hancur diterjang tsunami. Lail pun menjadi seorang anak yatim piatu. Setelah kejadian bencana tersebut, Lail tinggal di tempat pengungsian yang dibuat oleh pemerintah kota. Di tempat pengungsian ini, Lail selalu bersama dengan Esok hingga muncul persahabatan di antara mereka dan kelak akan berubah menjadi sebuah cinta.

Setelah situasi kota sudah kembali normal, Lail ditampung di panti asuhan. Di sini Lail memiliki teman yang bernama Mariyam yang kelak akan menjadi relawan yang membanggakan bersama-sama. Esok sendiri diasuh oleh walikota. Karena kecerdasannya, Esok mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri dan berhasil menciptakan teknologi yang mampu menyelematkan bumi dari kepunahan.

prestasi - resensi hujan
sumber: steamcommunity.com

Dengan prestasi mereka masing-masing, muncul perasaan suka sama lain antara Lail dan Esok. Namun Lail merasa rendah diri karena kabarnya anak walikota yang cantik jelita juga menyukai Esok. Pertemuan antara gadis itu dengan Esok pun juga lebih sering karena berada dalam satu rumah walikota daripada pertemuan Lail dengan Esok yang hanya sempat bertemu sekali dalam setahun.

Bumi semakin berubah dan menuju ambang kehancuran. Esok bersama dengan orang-orang jenius lainnya di luar negeri menciptakan pesawat ulang-alik agar penduduk bumi bisa hidup di luar angkasa. Namun sayangnya sebesar apapun pesawat ulang-alik tersebut tidak akan dapat menampung semua penduduk bumi sehingga diadakan pengundian untuk menentukan siapa saja yang bisa naik pesawat tersebut. Esok mendapat satu tiket karena merupakan salah satu pencipta pesawat tersebut.

Saat pengundian dilakukan ternyata Esok mendapatkan satu tiket lagi. Lalu apakah Esok akan memberikan tiket tersebut kepada Lail atau kepada anak walikota yang cantik itu?

 

Review Singkat

Ya, novel ini amat sangat direkomendasikan untuk. Di buku ini Tere Liye begitu menjelaskan perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam menata hati.

Novel Hujan sangat layak untuk dibaca. Novel ini mengajarkan kita bagaimana harus berjuang. Bagaimana seharusnya manusia bersikap untuk terus melangkah, menghargai persahabatan, menghargai cinta, dan yang paling penting adalah bagaimana manusia seharusnya bisa memiliki sebuah keikhlasan.

Nah sekarang malah makin penasaran dengan cerita selanjutnya kan? Silahkan beli bukunya di toko buku Gramedia atau toko-toko buku besar lainnya di kota anda.

Sekian sinopsis dan resensi singkat Novel Hujan dari saya. Tulisan ini bukanlah asli tulisan saya dan saya ambil dari beberapa sumber. Maka dari itu apabila ada kesalahan dalam sinopsis, resensi atau isi dari artikel ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih telah berkunjung

1 thought on “Sinopsis dan Resensi Novel Hujan Karya Tere Liye

Leave a Comment