Cara Olahraga yang Baik dan Benar untuk Mendapat Hasil yang Maksimal

Olahraga yang Baik dan Benar – Olahraga merupakan aktivitas yang penting untuk kita lakukan setidaknya seminggu sekali jika memang super sibuk. Kita bisa melakukannya pada akhir pekan bersama teman atau keluarga. Aktivitas olahraga bertujuan agar kesehatan dan daya tahan tubuh kita terjaga sehingga tidak mudah sakit.

olahraga permainan
sumber: saveup.com

Bagi anda yang senang berolahraga permainan seperti futsal, sepak bola, bola basket, voli, tenis, bulu tangkis, dll atau olahraga atletik seperti lari, lompat jauh, lompat tinggi, tolak peluru, anda perlu memperhatikan aspek-aspek lainnya agar manfaat yang didapatkan bisa maksimal.

 

Cara Olahraga yang Baik dan Benar

Olahraga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena bisa saja bukan kesehatan yang kita dapatkan tapi justru dampak buruk yang bisa terjadi pada tubuh kita. Ini dia aspek-aspek yang perlu anda perhatikan agar anda bisa mendapatkan kebugaran dan kesehatan tubuh serta hasil yang didapatkan bisa maksimal.

1. Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

pemanasan bagian dari olahraga yang baik
sumber: holabirdsports.com

Pasti dari anda yang sangat bersemangat ingin melakukan permainan olahraga melewatkan poin penting ini. Padahal pemanasan merupakan salah satu bagian dari olahraga itu sendiri.

Melakukan pemanasan sangatlah penting agar tidak terjadi kram atau cedera saat berolahraga. Selain itu, anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari pemanasan itu sendiri. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan peregangan ringan atau berlari-lari kecil sebagai pemanasan agar tubuh tidak kaget.

2. Jangan Lupa Untuk Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga

Ini bagian penting yang lebih sering disepelekan atau dilupakan setelah melakukan olahraga. Orang yang selesai olahraga karena sudah kelelahan biasanya mereka langsung beristirahat atau makan untuk mengisi perut mereka yang kosong.

Padahal pendinginan sangat penting untuk mengembalikan suhu tubuh kembali normal dan menurunkan tekanan darah. Dengan melakukan pendinginan, anda bisa menurunkan resiko cedera setelah olahraga.

3. Periksa Kelengkapan dan Kondisi Peralatan

Poin ini juga sangatlah penting khususnya untuk olahraga fitness. Jika anda ingin melakukan fitness, periksa dulu kondisi dan kelengkapan dari peralatan untuk meminimalisir terjadinya cedera jika ada peralatan yang rusak.

cek kelengkapan peralatan fitness
sumber: dietsadvice.com

Olahraga lain pun juga perlu memeriksa kelengkapan peralatan untuk meminimalisir terjadinya luka atau dampak akibat benturan yang terjadi. Seperti jika anda ingin bersepeda apalagi ingin melakukan atraksi-atraksi ekstrem, anda harus menggunakan helm, pelindung lutut, dll.

4. Pilih Waktu dan Tempat yang Tepat

Carilah tempat yang bersih, bebas polusi dan udara terbuka karena saat berolahraga kita membutuhkan banyak oksigen. Akan sangat tidak baik apabila tubuh kita membutuhkan oksigen yang lebih banyak daripada biasanya namun yang dihirup justru asap polusi yang ada di sekitar tempat berolahraga.

pilih waktu untuk olahraga yang baik dan benar
sumber: elsewhereconsulting.be

Selain itu, memperhatikan waktu juga sangat penting. Lakukanlah saat pagi atau sore hari selama minimal 30 menit.

5. Lakukan Secara Rutin

Langsung melakukan olahraga dalam porsi yang banyak merupakan tindakan yang kurang tepat. Justru tubuh akan kaget karena belum terbiasa. Lakukanlah secara bertahap secara bertahap sedikit demi sedikit secara rutin. Melakukan olahraga ringan setiap tiga hari sekali justru lebih baik daripada melakukan olahraga berat 2 minggu sekali.

6. Makan Cemilan

cemilan setelah olahraga
sumber: sehatenan.com

Setelah melakukan aktivitas yang menguras banyak tenaga, sebaiknya kita mengisi tubuh kita dengan makanan ringan. Biasanya orang takut mengonsumsi makanan ringan setelah olahraga. Padahal mengonsumsi makanan ringan diperlukan supaya otot-otot dan tenaga dapat kembali pulih. Makanan ringan yang disarankan oleh para ahli setelah olahraga adalah yogurt, kacang-kacangan dan buah berri.

 

Hal yang Sebaiknya Dihindari Setelah Berolahraga

Jika tadi kita telah membahas hal-hal yang perlu dilakukan sebelum, setelah dan saat olahraga yang baik dan benar, ada juga aspek-aspek yang perlu dihindari agar tidak terjadi dampak buruk pada tubuh. Ini adalah poin-poin penting yang perlu dihindari sebelum dan setelah olahraga.

1. Langsung Mandi

Mandi memang diperlukan untuk menghilangkan bau dan mencegah bakteri timbul akibat keringat setelah berolahraga. Namun tunggulah beberapa menit hingga tubuh dingin dan keringat sudah mengering. Jangan sampai kita langsung mandi saat tubuh masih dalam keadaan panas dan berkeringat karena dapat menimbulkan penyakit demam dan flu.

Selain itu, mandi langsung setelah olahraga dapat menyebabkan sakit kepala, serangan jantung, penyempitan pembuluh darah dan menurunnya fungsi kelenjar keringat.

2. Minum Minuman Bersoda

hindari konsumsi minuman bersoda
sumber: aktual.com

Minum sangat dibutuhkan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Apabila cairan yang hilang tidak diganti, maka akan terjadi dehidrasi. Lebih baik apabila anda meminum air putih daripada minum minuman bersoda atau yang mendandung pemanis. Minum air putih hangat lebih baik daripada minum air putih dingin.

3. Kurang Tidur

Saat melakukan aktivitas olahraga di sore hari, tidurlah dengan waktu yang cukup di malam harinya karena tubuh memerlukan pemulihan setelah banyak energi yang terkuras. Tidur merupakan waktu pemulihan terbaik, untuk itu jangan begadang sampai larut malam apabila tidak ada keperluan yang penting.

Hindari juga untuk melakukan olahraga apabila mengidap penyakit tekanan darah tinggi tidak terkontrol, kencing manis tidak terkontrol dan kelainan katup jantung. Berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah terbaik jika anda ingin berolahraga.

4. Berolahraga Saat Sakit

jangan olahraga saat sakit
sumber: mensfitness.com

Memang olahraga bertujuan agar tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Namun melakukannya saat sakit justru akan membuat kondisi tubuh semakin melemah.

Itulah tadi cara olahraga yang baik dan benar. Telah dibahas apa saja yang perlu dilakukan dan dihindari selama kita berolahraga. Mohon koreksinya apabila ada kesalahan dalam penulisan atau isi dari materi yang telah saya sampaikan karena artikel ini dibuat dengan mengambil informasi dari beberapa sumber.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment