Ide Peluang Usaha Makanan Ringan dan Minuman

Peluang Usaha Makanan Ringan – Membangun usaha kuliner memang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak? Semua orang membutuhkan makan dan minum setiap hari. Membuka usaha makanan dan minuman ringan sangat cocok bagi anda yang belum memiliki modal banyak.

Maka dari itu, saya akan memberitahu anda sedikit peluang usaha makanan dan minuman ringan yang bisa anda buka dengan modal kecil.

 

Kenapa Memilih Usaha Makanan Ringan dan Minuman?

Selain hanya membutuhkan modal yang kecil, proses pembuatan makanan dan minuman ringan jauh lebih mudah daripada membuat makanan berat.

Jika makanan berat, anda perlu menyiapkan bahan-bahan, memproses bahan-bahan lalu mengolahnya menjadi makanan siap saji yang mana dibutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak sedangkan untuk makanan dan minuman ringan berlaku sebaliknya.

Lalu apa saja usaha yang bisa anda buka untuk makanan dan minuman ringan? Ini dia beberapa daftarnya.

 

Peluang Usaha Makanan Ringan

Pilihan untuk membangun usaha makanan ringan memang sangat banyak. Ini saya tuliskan beberapa peluang usaha makanan ringan yang bisa anda jadikan referensi dan mungkin bisa anda kembangkan lagi nantinya.

1. Gorengan

Gorengan sebagai peluang usaha makanan ringan
Beraneka Macam Gorengan (sumber: majalahkesehatan.com)

Makanan yang satu ini adalah favorit cemilan orang Indonesia. Walaupun makanan ini dikenal sebagai makanan yang tidak sehat karena mengandung banyak minyak yang dapat menyebabkan panas dalam. Sebenarnya bukan dari minyaknya yang bermasalah, namun karena pemakaian yang sampai berkali-kali membuat kualitas dari minyak yang digunakan menurun.

Di warung, kantin maupun rumah makan seringkali menyediakan gorengan ini di wadah yang berbeda dan diletakkan paling depan atau terpisah agar mudah dijangkau langsung oleh pembeli. Ini juga sebagai penarik perhatian bagi pelanggan yang sudah lapar akut namun makanan yang dipesan belum datang. Akhirnya mereka mengambil gorengan yang sudah disediakan.

Harganya yang terjangkau membuat kita ingin makan gorengan lagi dan lagi hingga tidak terasa bahwa telah banyak gorengan yang kita makan.

2. Bubur Kacang Hijau

peluang usaha makanan ringan bubur kacang hijau
Bubur Kacang Hijau (sumber: cari-manfaat.com)

Biasanya bubur kacang hijau juga merupakan makanan yang dapat dijadikan peluang usaha makanan ringan. Makanan ini paling enak dimakan saat pagi hari sebelum memulai rutinitas selama sehari penuh. Orang yang ingin kenyang dan malas makan nasi juga biasanya memilih kacang hijau sebagai penggantinya. Warung kacang hijau pun sering didatangi sebagai tempat nongkrong para mahasiswa.

Selain mengenyangkan kacang hijau memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya seperti vitamin, karbohidrat, protein, mineral, dll. Maka dari itu kacang hijau termasuk makanan ringan yang menyehatkan.

Biasanya kacang hijau juga disajikan dengan ketan hitam yang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Harganya yang terjangkau membuat orang sering menjadikan kacang hijau sebagai makanan sehari-hari.

3. Roti Bakar

bisnis makanan ringan roti bakar
Roti Bakar (sumber: deliverycateringmalang.wordpress.com)

Roti bakar biasanya paling tepat dijual di malam hari. Berbagai macam pilihan rasa ditambah rasa gurih dari roti yang dibakar menggunakan mentega membuat makanan ini disukai banyak Bahan yang diperlukan untuk membuat roti bakar ini cukup mudah. Anda tinggal membeli roti dan isiannya seperti meses, keju, selai stroberi di pasar atau supermarket.

Untuk media memasaknya, anda dapat menggukan panci anti lengket dan kompor gas sebagai media memasaknya atau juga bisa menggunakan alat pemanggang roti bakar.

Roti bakar sangat disenangi banyak orang terutama di kalangan anak-anak muda karena harganya yang terjangkau dan rasanya enak juga mengenyangkan. Makanan ini sangat pas dijadikan sebagai makanan pendamping saat kumpul bersama.

4. Jajanan Pasar

Jajanan Pasar
Jajanan Pasar (sumber: indonesia-tourism.com)

Kue tradisional khas Indoneisa atau biasa disebut dengan jajanan pasar memiliki banyak sekali varian. Seperti kue serabi, kue lumpur, klepon, onde-onde, kue lapis, getuk, putu ayu dan masih banyak lagi.

Jajanan pasar disukai oleh banyak orang Indonesia khususnya kalangan anak-anak. Karena jenisnya yang banyak sekali dan tentunya memiliki cita rasa yang berbeda-beda membuat orang tidak bosan-bosannya menikmati makanan yang satu ini.

5. Aneka Keripik

Keripik
Keripik (sumber: keripik.co.id)

Keripik bisa terbuat dari bermacam-macam bahan makanan. Mulai dari kentang, tempe, singkong, pisang bahkan sampai apel dan nangka juga bisa dijadikan keripik. Rasanya yang gurih ditambah sensasi renyah yang didapatkan membuat orang ketagihan untuk makan keripik lagi dan lagi.

Keripik sangat cocok untuk anda jadikan peluah usaha makanan ringan karena makanan ini dapat bertahan lama tanpa bahan pengawet. Itu dikarenakan kadar air pada makanan sudah dihilangkan dengan proses penjemuran. Keripik sangat cocok dijadikan cemilan seperti saat santai atau menonton televisi.

6. Pop Corn

Pop Corn usaha makanan ringan yang menguntungkan
Pop Corn (sumber: pixabay.com)

Namanya pop corn berarti jagung yang melompat. Makanan ini paling pas dinikmati saat menonton bioskop. Tetapi bukan berarti saat tidak menonton bioskop kita tidak bisa menikmati pop corn ini. Apalagi pop corn sekarang sudah banyak varian rasanya tidak hanya asin tapi juga ada yang manis sehingga pop corn sangat cocok untuk dijadikan cemilan.

7. Agar-Agar

Agar-Agar
Agar-Agar (sumber: youtube.com)

Biasanya orang-orang suka jajan makanan yang kecil-kecil. Ini bisa kita akali dengan mengemas agar-agar di gelas plastik kecil. Dengan begitu, anda dapat menjual agar-agar dengan harga yang lebih murah namun dengan untung yang lebih besar.

Usaha agar-agar ini sangat cocok untuk anda karena untuk membuat agar-agar sangat mudah dan memasang harga murah dapat menarik minat untuk membeli dalam jumlah yang lebih banyak. Anda pun dapat membuat agar-agar menggunakan rice cooker.

8. Donat

Anda tahu donat? Makanan ini adalah roti goreng dengan lubang pada tengahnya. Namun sekarang banyak juga dijumpai donat tanpa lubang ditengahnya yang biasanya berisi coklat, stroberi, kacang dan masih banyak lagi.

Membuka usaha donat dapat menjadi pilihan anda karena makanan ini sangat disukai oleh anak-anak. Apalagi jika anda menambahkan topping berwarna-warni, maka akan menarik perhatian anak-anak.

 

Peluang Usaha Minuman

Tidak lengkap rasanya apabila kita makan tapi tidak minum. Membuka usaha minuman juga merupakan peluang yang menjanjikan. Ini dia sedikit referensi untuk anda yang juga ingin membuka usaha minuman.

1. Kedai Kopi

Kopi
sumber: sawadacoffee.com

Kopi menjadi minuman favorit sebagian besar orang Indonesia. Biasanya minuman ini dinikmati saat ngobrol atau sebagi obat penghilang ngantuk yang sangat ampuh. Saat ini banyak sekali jenis minuman kopi seperti kopi luwak, white coffee bahkan ada capcin yang berasal dari singkatan cappucino cincau.

Jika modal anda masih sedikit, anda bisa membuka angkringan untuk berjualan kopi. Paling cocok buka malam hari dibarengi dengan jualan gorengan.

Rekomendasi: Jual Biji Kopi Mentah

2. Minuman Dingin

Minuman Dingin Bubble sebagai peluang usaha minuman
sumber: jakartabubbledrink.com

Anda hanya perlu memerlukan minuman sachet yang sering dijumpai di pasar dan supermarket jika anda ingin membuka usaha minuman dingin.

Selain minuman sachet, anda juga memerlukan blender dan es batu. Anda bisa menambahkan bahan lain seperti cincau, jelly, agar-agar untuk menarik minat pembeli.

Minuman dingin paling cocok dijual saat siang hari di pinggir jalan. Biasanya orang-orang yang jalan-jalan di siang hari dan kehausan cenderung memilih minuman dingin sebagai pelepas dahaga.

3. Aneka Jus Buah

Bisnis minuman jus buah
Jus Buah (sumber: rsudaws.com)

Minuman sehat yang terbuat dari buah-buahan ini juga cocok untuk dijadikan usaha. Yang dibutuhkan adalah blender atau juicer untuk mengubah buah menjadi jus.

 

Itulah tadi 11 ide peluang usaha makanan ringan dan minuman yang dapat anda jadikan sebagai inspirasi. Semoga bermanfaat

3 thoughts on “Ide Peluang Usaha Makanan Ringan dan Minuman

Leave a Comment