Pengalaman Lomba Rubik

rubiks-cube
Rubik (sumber: pixabay.com)

Kali ini saya ingin share pengalaman mengikuti lomba rubik. Sebenarnya kalo dibilang jago sih gak juga. Cuma bisa aja. Itu pun saya hanya bisa menyelesaikan rubik 3x3x3 dan 2x2x2. Alasannya sih simpel. Karena cuma punya rubik 3x3x3 dan 2x2x2 itu.

Dan kalo anda tanya ke saya berapa rekor saya yang paling cepat dalam menyelesaikan rubik ini, saya memiliki rekor pribadi atau biasanya disebut dengan PB (Personal Best) yaitu 12 detik untuk rubik 3x3x3 dan 2 detik untuk rubik 2x2x2.

Ikut Lomba Rubik Khusus Pemula di Salatiga

Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti lomba rubik. Lombanya diselenggarakan di Kota Salatiga kalo gak salah. Lomba ini khusus untuk cuber (pemain rubik) pemula yang waktu dalam menyelesaikan rubiknya tidak boleh kurang dari 25 detik. Memang terdengar agak aneh karena cuber sub 25 detik tidak boleh mengikuti lomba ini.

Timer yang Digunakan

Sebelum lomba dimulai, para peserta diberitahu peraturan dan cara menggunakan timer yang digunakan untuk menghitung kecepatan dalam menyelesaikan rubik. Timer yang digunakan adalah stackmat.

stackmat
Stackmat (sumber: cutcorner.com.ua)

Jadi saat mulai kedua tangan menyentuh stackmat dan ditahan beberapa saat. Kemudian lepaskan tangan dari stackmat untuk memulai waktu di timer. Letakkan kembali kedua tangan di stackmat untuk menghentikan waktu.

Banyak Cuber Sub 25 Detik Yang Ikutan

Justru karena lomba ini diperuntukkan untuk cuber pemula malah banyak juga cuber yang sudah jago yang waktu menyelesaikan rubiknya kurang dari 25 detik juga ikutan.

Aturan ini justru dijadikan celah untuk cuber-cuber pro memenangkan perlombaan. Jadi pada perlombaan, mereka cuber-cuber yang sudah jago menurunkan kecepatannya sehingga mereka menyelesaikan rubik di waktu pas 25 detik.

Masuk 10 Besar

Gak disangka-sangka saya mendapatkan sms pemberitahuan dari panitia lomba bahwa saya masuk 10 besar. Alhasil saya harus kembali lagi ke Salatiga untuk mengikuti babak semi final. Yah walaupun tidak ada harapan untuk menang dan saya yakin bahwa saya masuk 10 besar pun berada di urutan paling akhir tapi saya tetap kembali ke Salatiga.

Waktu itu kalo gak salah rata-rata waktu dalam menyelesaikan rubik yang saya dapatkan adalah sekitar 40 detik. Walaupun tidak menjadi pemenang setidaknya saya mendapat pengalaman dan teman di sana.

 

Mengikuti Kompetisi yang Lebih Besar di Semarang

Saya lupa waktu itu mendapatkan info dari mana lomba rubik yang diselenggarakan di Semarang ini. Karena lomba ini diadakan di kota tempat saya tinggal jadi tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke luar kota.

semarang-fun-cube
Logo Semarang Fun Cube 2011 (sumber: semarangfuncube.weebly.com)

Hasil dari lomba ini datanya dimasukkan ke website worldcubeassociation.org yang mana World Cube Association ini adalah badan asosiasi rubik internasional. Nama dari lomba rubik di Semarang ini adalah Semarang Fun Cube 2011. Dan pastinya dalam lomba ini tidak ada aturan yang waktu penyelesaian rubiknya di bawah 25 detik tidak boleh ikut.

Lokasi Semarang Fun Cube 2011 Diadakan

Semarang Fun Cube 2011 diadakan di Balai Latihan Kerja Indutri (BLKI) Semarang, Jawa Tengah. Alamat BLKI Semarang yaitu Jl. Brigjend Sudiarto (Jl. Majapahit), Semarang, Jawa Tengah.
blki-semarang
BLKI Semarang (sumber: listrikblkisemarang.wordpress.com)

Jenis Lomba yang Saya Ikuti

Dari banyak jenis lomba yang ada saya hanya mengikuti 3 jenis lomba yaitu rubik 3x3x3, rubik 2x2x2 dan rubik 3x3x3 blindfolded. Maksud dari blindfolded ini adalah menyelesaikan rubik dengan mata tertutup.

blinfolded-rubik
Blindfolded 3x3x3 (sumber: memory-sports.com)

Pasti diantara kalian ada yang bertanya bagaimana bisa menyelesaikan rubik dengan mata tertutup. Memang bisa dan ini bukanlah sulap maupun sihir. Jadi memang ada rumus khusus untuk menyelesaikan rubik dengan mata tertutup ini. Jadi pertama-tama kita hafalkan alur dari rubik yang akan diselesaikan lalu kita eksekusi rubiknya dengan mata tertutup.

Sayangnya saat perlombaan ini, semua rubik yang saya selesaikan tidak jadi semuanya atau kalo dalam istilah bahasa inggrisnya adalah did not finished yang sering disingkat dengan DNF. Mungkin karena saya kurang berlatih teknik mata tertutup ini jadinya dari 3 kesempatan menyelesaikan rubik dengan mata tertutup ini tidak ada yang jadi sama sekali.

Jenis Lomba yang Ada

Sebenarnya ada 13 jenis perlombaan rubik di Semarang Fun Cube 2011 ini. Lomba-lomba tersebut adalah

  • Rubik 3x3x3
  • Rubik 2x2x2
  • Rubik 4x4x4
  • Rubik 5x5x5
  • Rubik 3x3x3 blindfolded
  • Rubik 3x3x3 multi-blindfolded
  • Rubik 3x3x3 one handed (satu tangan)
  • Pyraminx
  • Rubik clock
  • Rubik magic
  • Rubik master magic

Saya hanya mengikuti 3 jenis lomba karena memang hanya itu yang saya bisa dan hanya rubik 3x3x3 dan rubik 2x2x2 yang saya punya.
Kalo jenis lomba rubik magic dan master magic sepertinya sekarang sudah dihapus oleh World Cube Association.

Saya tidak tau sejak kapan jenis lomba ini dihapuskan dan apa sebabnya karena saya sudah jarang mengikuti berita tentang rubik lagi. Apalagi saya tidak pernah mengikuti komunitas rubik.

Waktu yang Saya Peroleh

Walaupun waktu yang saya peroleh lebih cepat daripada waktu saya lomba di Salatiga, akan tetapi tetap tidak membawa saya ke babak kedua.

Hal ini dikarenakan lomba ini tidak hanya diperuntukkan untuk cuber pemula akan tetapi diperuntukkan untuk semua cuber. Yang datangpun banyak cuber-cuber dari luar kota. Alhasil saya hanya mendapatkan peringkat 45.
Inilah waktu yang saya peroleh dalam menyelesaikan rubik di Semarang Fun Cube 2011:

hasil-semarang-fun-cube

Keterangan:

  • Best : Waktu tercepet dari 5 kali penyelesaian rubik
  • Average : Waktu tercepat dan terlama dibuang kemudian dirata-rata

Pemenang Semarang Fun Cube 2011

pemenang-semarang-fun-cube
Daftar Pemenang Semarang Fun Cube 2011

Leave a Comment